Contoh Purchase Order & Bedanya Dengan Invoice - Smartertech

Contoh Purchase Order & Bedanya Dengan Invoice

Contoh Purchase Order

Purchase Order kini sudah sangat mudah untuk Anda temukan, bila Anda masih tergolong asing dengan istilah purchase order atau pun disingkat PO ini tidak perlu khawatir. Secara sederhana, Purchase order adalah dokumen resmi yang dibuat oleh pembeli yang berisi rangkuman barang atau jasa yang mereka beli dari penjual atau pemasok. Dokumen ini juga berperan sebagai kontrak yang membentuk kesepakatan mengenai barang atau jasa yang ingin dibeli oleh pembeli. Purchase order ini memiliki peranan penting sebagai salah satu dokumen hukum yang bisa mencegah terjadinya pelanggaran hukum di kemudian hari.

Fungsi dari Purchase order ini pun berguna sekali untuk mengamankan stok produk atau pun dokumen sesuai dengan harga yang telah diinginkan dan juga bisa meningkatkan jaminan keamanan dari segala macam tindak pelanggaran hukum seperti halnya penipuan.

BACA JUGA : Apa Perbedaan Mesin Kasir & Point Of Sale

Contoh dari penggunaan Purchase Order adalah ketika perusahaan Anda sedang membutuhkan stok dan ingin memesan kepada pemasok. Misalkan Anda memiliki coffeeshop, kebutuhan dari gelas untuk take away Anda sudah menipis, Anda bisa menghubungi pemasok dengan memberikan list produk yang Anda butuhkan beserta kuantitas maupun harga, seperti gambar berikut.

Contoh Purchase Ordersumber : hashmicro

Mengenal Perbedaan antara Purchase Order Dengan Invoice

Perbedaan antara Purchase Order Dengan Invoicesumber : freepik

Sebelum mengenal apa perbedaan dari purchase order dengan Invoice, lebih baik mengetahui dulu apa itu invoice. Mungkin Anda lebih mengenal tentang invoice dibandingkan purchase order, Invoice atau faktur merupakan sebuah dokumen wajib yang dimiliki oleh setiap badan usaha kena pajak, dan digunakan sebagai bukti dari transaksi pembelian yang berisi item dan jumlah pembayaran yang harus dibayar. Baik perusahaan kecil maupun besar wajib memiliki dokumen ini. Selain sebagai bukti penagihan, invoice juga digunakan sebagai bukti bahwa badan usaha tersebut telah memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak.

Setelah mengenal pengertian dari purchase order maupun invoice, mari ketahui perbedaan antar kedua dokumen tersebut, antara lain :

  • Pertama, purchase order ini dikeluarkan oleh pihak pembeli kepada para penjual. Sementara untuk invoice ini dibuat oleh pihak penjual yang langsung diberikan kepada para konsumennya.
  • Kedua, PO ini suatu dokumen yang berisikan detail dari pemesanan produk yang akan dibeli ataupun jasa yang bakal dipergunakan. Sedangkan untuk invoice ini adalah sebuah informasi tentang penagihan dari barang maupun jasa.
  • Purchase order ini merupakan sebuah dokumen yang akan dikirimkan saat pembeli sudah memesan barang. Sedangkan untuk invoice ini bisa dikirimkan sesudah barang selesai dikirim serta dilengkapi dengan tanggal jatuh temponya.

Mengenal dan mengetahui fungsi maupun peran dari kedua dokumen tersebut sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis. Kebutuhan software ataupun aplikasi yang dapat mempermudah bisnis Anda sangat diperlukan, pada perkembangan zaman ini, sudah banyak aplikasi yang dapat mempermudah pembuatan purchase order. Tentunya sebagai pelaku bisnis, Anda harus bijak dalam memilih perusahaan penyedia, beberapa pertimbangan patut dipikirkan matang-malang mulai dari harga jasa layanan, fitur yang diberikan, kemudahan penggunaan, dan lain sebagainya. Pertimbangan-pertimbangan ini tentunya menyesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan.

ESB bisa Anda jadikan salah satu daftar rekomendasi perusahaan penyedia software yang mendukung fitur purchase order dalam bisnismu. ESB POS merupakan serangkaian Software Kasir Online. Tidak hanya sebagai aplikasi kasir, tapi ESB memiliki fitur untuk membuat purchase order untuk kebutuhan pembelian stok bisnis Anda. Hingga saat ini, ESB POS telah banyak digunakan oleh brand besar ternama di Indonesia dan terpasang pada ribuan outlet, salah satunya BOGA Group. Jadi, tidak perlu khawatir lagi mencari penyedia software yang mempermudah bisnis Anda. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi ESB.

Leave a Reply