Digital Supply Chain: Sebagai Langkah Memudahkan & Modernisasi Bisnis Restoran - Smartertech

Digital Supply Chain: Sebagai Langkah Memudahkan & Modernisasi Bisnis Restoran

digital supply chain

Pesatnya era globalisasi menjadikan persaingan bisnis semakin ketat. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkembangan dunia bisnis melalui perubahan yang semakin terbuka, kompleks dan kompetitif, baik dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Perubahan-perubahan seperti ini bisa menjadi sebuah tantangan untuk tumbuh, namun di saat bersamaan juga akan melahirkan hambatan jika pelaku bisnis tidak kompeten dalam menghadapinya. Tentunya hal ini menuntut setiap perusahaan supaya mampu menyusun strategi bisnis yang baik agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

BACA JUGA : 5 Strategi Supply Chain Untuk Optimasi Distribusi Restoran

Bisnis restoran merupakan salah satu contoh bisnis yang tidak pernah surut dengan pasarnya masing-masing. Sebagai bisnis penyedia kebutuhan primer masyarakat, yakni makanan dan minuman, bisnis ini selalu memiliki ruang tersendiri di hati konsumen maupun pelaku bisnis. Hanya saja, perkembangan tren dan gaya hidup masyarakat yang semakin dinamis membuat bisnis ini harus tetap adaptif dalam perkembangannya. Kondisi pandemi seperti sekarang membuat situasi tidak lagi sama. Berbagai perubahan, dari yang kecil hingga drastis, membuat para pelaku bisnis harus memutar otak agar bisnisnya tetap bertahan. Dalam bisnis restoran, banyak hal yang perlu diperhatikan agar penerapan proses produksi hingga distribusi makanan kepada konsumen bisa berjalan efektif dan efisien. Melalui supply chain management, jalannya bisnis dapat dikontrol sesuai kebutuhan dan permintaan pasar agar efisiensi biaya, stok, tenaga, dan waktu dapat terwujud.

Supply chain management merupakan suatu bentuk sistem organisasi yang bertujuan untuk menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen. Dalam siklus atau rantai ini ada beberapa  organisasi yang bekerja dalam lingkup yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama yaitu memproduksi barang dan mendistribusikannya kepada tangan konsumen akhir secara efektif dan efisien. Dengan kerja sama tersebut, produk yang telah diproduksi tersebut akan memiliki nilai tambah. Supply chain juga dianggap sebagai logistic network yang mampu menghubungkan mata rantai yang saling terkait antara manufacturer, suppliers, retail outlets, distribution, dan customers. Dalam bisnis restoran hal ini berkaitan dengan hubungan antara proses produksi, penyedia bahan, stok dapur/gudang, hingga permintaan atau kebutuhan konsumen.

digital supply chainSumber : Unsplash

Tujuan dari supply chain management adalah mengirimkan produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas perusahaan dalam rantai supply melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Supply chain management sangat penting dilakukan untuk memperlancar proses produksi dan proses pemasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Supaya pengendalian supply chain bisa efektif, diperlukan adanya arus informasi yang lancar dan rasa saling percaya antar bagian, baik itu pemasok, perusahaan maupun konsumen. Dengan adanya supply chain management, perusahaan dapat mengelola pergerakan barang atau produk dalam rantai supply dengan memanfaatkan jaringan kegiatan produksi dan distribusi supaya dapat bersama-sama memenuhi tuntutan konsumen.

Informasi terkait supply chain management yang tepat dan akurat menjadi kunci manajemen berjalan dengan baik. Informasi tersebut dapat berisi data dan menganalisis fasilitas, inventory, transportasi dan customer yang terkait dengan supply chain.

Solusi Supply Chain Digital Anda

ESB sebagai perusahaan penyedia teknologi yang berdiri tahun 2015 memiliki fitur ESB Goods sebagai solusi untuk supply chain management pada bisnis restoran Anda. ESB Goods merupakan Marketplace B2B dengan dukungan sistem Supply Chain Digital yang terhubung dengan ESB Core. Dengan memanfaatkan adanya ESB Goods, Anda dapat mewujudkan proses pembelian secara transparan dan efisien. Tidak hanya itu, sebagai pelaku bisnis, Anda juga bisa memonitor transaksi pembelian restoran dengan cepat, praktis, dan akurat tentunya. Layanan ini juga dapat meminimalkan risiko terjadinya fraud secara signifikan, dan tentunya dapat menghindari kerugian akibat pembelian yang tidak terkontrol dengan baik.

Melalui ESB Goods, sebagai pebisnis Anda akan terbantu dalam menemukan penawaran yang lebih baik dari supplier terpercaya. Anda juga dapat menentukan dan menyepakati bersama syarat ketentuan yang lebih baik hanya dalam hitungan detik, secara digital. ESB melalui fitur ESB Core juga menyediakan sistem quotation digital dan permintaan sampel. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan ESB, anda diharapkan dapat mewujudkan efisiensi food cost untuk pengembangan bisnis Anda kedepannya.

Supply chain management tentu tidak bisa dilepaskan dari data keuangan bisnis. ESB Goods, yang terhubung dengan banking API di dalam ESB Core, menjadi solusi bagi bisnis restoran Anda untuk menciptakan proses pembayaran yang lebih cepat dan mudah. Anda dapat terhubung secara otomatis dengan layanan keuangan bisnis Anda, sehingga monitor evaluasi dan analisis keputusan dapat disusun dengan cepat dan tepat pula. ESB dengan seluruh teknologinya patut Anda pertimbangkan sebagai partner bisnis restoran Anda pada persaingan era globalisasi seperti sekarang.

Leave a Reply