Dijamin Laris Manis! 10 Tips Jualan Online Terjitu Buat Pebisnis Pemula - Smartertech

Dijamin Laris Manis! 10 Tips Jualan Online Terjitu Buat Pebisnis Pemula

Tips Jualan Online

Sebagai pebisnis online, tips jualan online sederhana wajib kamu kuasai untuk meningkatkan penjualan. Berjualan online kini semakin marak dilakukan baik oleh perusahaan besar maupun perseorangan seperti ibu rumah tangga atau pelajar. 

Bisnis online menjanjikan keuntungan yang besar bahkan dengan modal yang minim. Tak harus menyewa toko dan dapat dilakukan di manapun dan kapanpun membuat para pelaku bisnis semakin tertarik untuk menjalankan jualan online.

BACA JUGA : 5 Ide Peluang Bisnis 2022 yang Kini Trend & Minim Pesaing

Tips Jualan Online Untuk Pemula

Tips Jualan Online

Nah, untuk membantumu mengembangkan toko online yang kamu jalankan, simaklah sepuluh tips jualan online paling jitu di bawah ini:

1. Tips Jualan Online Siapkan Foto Produk Terbaik

Di dunia digital saat ini, konsumen pertama kali akan melihat produk berdasarkan fotonya. Jadi pastikan kamu memiliki foto produk dengan kualitas yang bagus dan tajam. Bila perlu tambahkan video cinematic agar konsumen semakin tertarik.

2. Tips Jualan OnlineBuat Akun Media Sosial dan Website Khusus Bisnis

Pastikan kamu memiliki akun media sosial dan website khusus untuk bisnis yang kamu jalankan. Akun media sosial dan website yang kamu miliki sebaiknya harus mengandung informasi mengenai produk, alamat bisnis, dan kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen.

3. Tips Jualan Online Rajin Unggah Konten di Media Sosial

Jika telah memiliki akun media sosial, pastikan kamu aktif mengunggah konten mengenai bisnis. Tak harus membuat konten produk yang kamu jual, kamu dapat mengunggah mengenai informasi lain yang berhubungan dengan produk atau menyapa followers. Dengan begitu kamu bisa membangun hubungan baik dengan para calon konsumen dan pelanggan toko online milikmu. Hal ini menjadi nilai plus bagi tokomu.

4. Buat Toko di Marketplace

Konsumen jauh lebih percaya dengan penjual online yang memiliki toko di marketplace dibandingkan dengan penjual online tanpa toko di marketplace. Sebab dana yang ditransfer melalui marketplace lebih terjamin dibandingkan langsung masuk ke rekening penjual.

5. Tips Jualan Online Adakan Giveaway

Giveaway menjadi salah satu hal yang paling disukai dan ditunggu oleh konsumen. Sebab secara acak, konsumen dapat beruntung mendapatkan produk yang disuka secara gratis. Kamu dapat mengadakan giveaway seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali dengan memberi syarat mengunggah foto atau video yang menandai akun bisnismu kepada followers.

6. Optimasi Akun di Media Sosial

Optimasi akun media sosial bisnismu, sehingga dapat menjangkau konsumen semakin luas. Seperti halnya media sosial Instagram, kamu dapat mengoptimasi akunmu dengan memasukkan kata kunci pada display name, username, dan bio Instagram. Manfaatkan juga hashtag di setiap konten yang kamu unggah.

7. Selalu Membuat Inovasi Produk 

Sebagai pebisnis, kamu harus selalu merilis produk baru sesuai dengan kebutuhan konsumen dan up to date dengan tren yang sedang berkembang. Sehingga produk yang kamu pasarkan tak ketinggalan zaman dan selalu diincar karena disukai konsumen. 

8. Perluas Jaringan Pemasaran

Tips jualan online selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan. Jaringan pemasaran bisnis dapat semakin luas dengan memanfaatkan sistem dropship dan reseller. Produk pun semakin dikenal oleh masyarakat dan tentunya volume penjualan semakin meningkat.

9. Ramah dengan Konsumen

Hal yang tak boleh dilewatkan dalam berjualan online adalah harus selalu ramah dengan konsumen. Seperti halnya membalas pesan konsumen atau berkomentar  di akun media sosial. Kecepatan dalam membalas pesan juga harus diperhatikan agar konsumen semakin puas dengan pelayanan toko online-mu.

10. Update Informasi dan Promo ke Konsumen

Lakukan update berupa informasi dan promo ke konsumen secara rutin melalui email blast maupun WhatsApp blast. Sehingga hubungan antara pebisnis dengan konsumen semakin dekat dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk yang kamu jual.

Itulah 10 tips jualan online terjitu yang bisa diterapkan para pemula. Pastikan kamu menerapkan sepuluh tips jualan online di atas agar bisnis semakin berkembang dan mendatangkan pundi-pundi rupiah ke kantongmu.

Leave a Reply