Dukung Pertumbuhan UMKM di Indonesia, ESB Perkenalkan Sistem Kasir Online, POS Hingga ke Labuan Bajo - Smartertech

Dukung Pertumbuhan UMKM di Indonesia, ESB Perkenalkan Sistem Kasir Online, POS Hingga ke Labuan Bajo

Sistem Kasir Online

UMKM memegang peranan yang penting dalam perekonomian suatu negara, dan Sistem Kasir Online memegang peranan yang penting untuk perkonomian suatu Usaha.

Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Indonesia, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mendominasi keseluruhan jumlah usaha dengan 64,2 juta unit, dibandingkan jumlah pelaku usaha besar yang hanya sekitar 5.000 unit.

Oleh karena itu, keberhasilan UMKM di Indonesia tentu akan berperan besar dalam mendongkrak ekonomi bangsa, baik melalui kontribusi terhadap PDB maupun penyerapan tenaga kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu ada dukungan agar UMKM bisa terus berkembang dalam situasi New Normal.

ESB memahami hal di atas dengan baik, dan senantiasa berkomitmen untuk membantu memajukan industri UMKM di Indonesia, terkhusus industri F&B dengan ekosistem teknologinya.

Dengan semangat inilah ESB berkolaborasi dengan Perumda Bidadari dan Bank BNI dalam penyelenggaraan bazar UMKM yang mengiringi Konferensi Polisi Wanita Sedunia (International Association of Women Police) ke-58 pada hari Selasa, 9 November 2021 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Sistem Kasir Online

Konferensi Pelatihan International Association of Women Police atau IAWP adalah konferensi tahunan yang diadakan antara 26 organisasi kepolisian wanita internasional yang mewakili lebih dari 70 negara.

Penyelenggaraan konferensi ini di antaranya ditunjang dengan pelaksanaan bazar UMKM, yang diselenggarakan di Kawasan Wisata Goa Batu Cermin, sejauh 20 menit perjalanan dari pusat kota Labuan Bajo.

Penetapan Goa Batu Cermin sebagai lokasi penyelenggaraan bazar UMKM ini sejalan dengan rencana pembentukan pusat komunitas muda-mudi se-Labuan Bajo yang diusung oleh pemerintah setempat.

Sejalan dengan rencana tersebut, penyelenggaraan bazar UMKM ini diikuti oleh 40 tenant UMKM lokal (baik handicraft maupun F&B).

Keempat puluh tenant tersebut adalah tenant yang sudah lolos seleksi dan sudah mampu membangun reputasi bisnis secara lokal.

ESB hadir sebagai partner yang menyediakan sistem kasir online POS kepada para tenants UMKM lokal untuk men-support pelaksanaan bazar UMKM tersebut.

Para tenant akan diperkenankan untuk merasakan ekosistem teknologi milik ESB ini, POS LITE by ESB.

ESB berharap hal ini dapat membuat pelaku UMKM merasakan secara langsung kemudahan menggunakan sistem kasir online POS, khususnya POS LITE by ESB.

1 Comment
Leave a Reply