F&B Service Yang Wajib Dimiliki Oleh Pebisnis Kuliner - Smartertech

F&B Service Yang Wajib Dimiliki Oleh Pebisnis Kuliner

F&B Service

Dewasa ini, persaingan antar restoran semakin ketat. Berbagai restoran berlomba-lomba menawarkan pelayanan terbaik mereka untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda sebagai pebisnis F&B tentu menginginkan hal yang sama untuk restoran Anda, supaya bisa terus berkembang dan memperluas bisnis. 

Salah satu cara yang dapat Anda tempuh untuk membuat restoran Anda lebih unggul adalah dengan menghadirkan teknologi F&B service pada restoran Anda. Dengan teknologi, proses pemesanan dan pelayanan dapat berlangsung dengan lebih mudah dan praktis, sehingga restoran Anda akan bisa melayani lebih banyak pelanggan dengan hasil yang maksimal.

BACA JUGA : 5 Tips Penting Manajemen Dapur Restoran Bagi Pemula

Berikut F&B Service yang Wajib dimiliki Oleh Restoran Anda di Tahun 2022

1. Sistem pemesanan dan layanan pesan antar online

Dua tahun sejak awal pandemi COVID-19, restoran masih menghadapi risiko terkait pembatasan jumlah pelanggan atau bahkan penutupan. Dengan demikian, sistem pemesanan online dan layanan pesan antar masih akan terus menjadi sistem yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi layanan pesan antar pihak ketiga seperti Gojek, Grab, atau Shopee Food untuk mengantarkan makanan Anda. Meskipun demikian, Anda dapat memperoleh keuntungan ekstra dengan aplikasi layanan pesan antar milik sendiri!

Bagaimana cara membuat aplikasi sendiri? Jangan khawatir, karena kini sudah ada aplikasi pemesanan online seperti ESB Order yang dapat Anda pakai untuk restoran Anda. Sebagai contoh, ESB Order adalah aplikasi bersifat white-label, yang artinya Anda dapat menggunakan merek restoran Anda di aplikasi tersebut dan mengkustomisasi aplikasi sesuai keinginan Anda. Selain itu, ESB Order juga melayani berbagai mode pelayanan, termasuk layanan pesan antar atau delivery, yang tentu sangat memudahkan bisnis Anda dalam mengakses pelanggan yang jauh.

2. Pembayaran tanpa kontak/contactless payment

Anda tentu memperhatikan bahwa semakin banyak restoran memasang QR code di meja kasir. Hal ini menjadi salah satu pertanda bahwa teknologi pembayaran tanpa kontak atau contactless payment semakin marak digunakan. Pelanggan kini tak lagi perlu membawa lembaran uang tunai atau kartu debit untuk membayar makanan yang sudah dipesan, karena kini pembayaran cukup dilakukan dengan memindai kode QR melalui aplikasi pembayaran yang dimiliki. 

Pembayaran tanpa kontak menjadi mode pembayaran yang semakin disukai pelanggan, terlebih dengan adanya kecenderungan untuk meminimalkan kontak fisik di tengah pandemi COVID-19. Di samping itu, tiadanya uang fisik membuat pelanggan dan staff Anda lebih nyaman dan praktis dalam bertransaksi, tanpa adanya keharusan mempertukarkan uang kertas dan uang logam dalam bentuk fisik.

3. Sistem reservasi meja online

Saat ini, orang terbiasa menelepon restoran untuk melakukan reservasi meja untuk mengamankan tempat ketika berkunjung ke restoran. Anda dapat memudahkan pelanggan Anda untuk melakukan reservasi atas meja restoran Anda dengan sistem reservasi meja online. 

Dengan sistem ini, pelanggan dapat memantau jumlah meja yang tersisa dan dapat menentukan pilihan atas meja yang hendak ia duduki tanpa perlu menyita waktu staff Anda melalui panggilan telepon. Di sisi lain, restoran Anda dapat mengelola penempatan duduk, waiting list, dan preferensi makanan supaya operasional restoran tetap berjalan lancar. Sistem reservasi juga memudahkan restoran Anda dalam mengumpulkan data pelanggan, yang kemudian akan dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan promosi ataupun membangun hubungan dengan pelanggan Anda.

4. Program loyalitas pelanggan

Kunci utama kesuksesan suatu restoran tidak hanya ditentukan oleh banyaknya pengunjung, tetapi juga oleh banyaknya pengunjung yang datang kembali ke restoran Anda (repeat customers). Oleh karena itu, restoran berlomba-lomba menggaet pengunjung supaya merasa nyaman dan menikmati waktunya di restoran, dengan harapan mereka akan datang kembali di lain hari. Selain menjaga kestabilan pendapatan, pelanggan setia restoran akan membantu memudahkan restoran Anda dalam menerima pengunjung baru!

Program loyalitas menjadi strategi yang banyak diambil restoran untuk mempertahankan pelanggannya. Melalui program loyalitas seperti ini, pelanggan akan memperoleh keistimewaan dibandingkan pengunjung biasa yang datang dan pergi. Keistimewaan ini dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti diskon, kemudahan dalam reservasi, atau ekstra makanan gratis, sesuai dengan pilihan Anda. 

Nah, di atas kami telah menyajikan F&B service yang wajib Anda hadirkan pada restoran Anda. Sudahkah Anda menerapkan salah satu di antaranya di bisnis Anda? Kalau belum, segera terapkan, ya!

Leave a Reply