Gak Kangen Sama 7 Jajanan Jadul Ala Anak 90-An Berikut Ini? - Smartertech

Gak Kangen Sama 7 Jajanan Jadul Ala Anak 90-An Berikut Ini?

Jajanan Jadul

Saat ini, generasi 90-an sudah memasuki masa dewasa yang bahkan mungkin sebagian dari mereka sudah berkeluarga. Jika kamu juga termasuk generasi 90-an, masih ingatkah dengan jajanan jadul pada saat itu?

Pada zaman itu, anak-anak 90-an yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) atau Sekolah Dasar (SD) dianggap sebagai generasi yang menyenangkan. Selain jauh dari pengaruh gadget, banyak hal yang dirindukan. Salah satunya adalah jajanan jadul pada masa itu.

BACA JUGA : Adaptasi! Penerapan F&B Service Modern bisa Bantu Bisnis Restoran Kamu Cuan Maksimal

Jajanan Jadul yang Dirindukan

Berbeda dengan masa sekarang, saat itu dengan uang Rp 500 saja kita sudah bisa membeli jajanan dengan jumlah yang banyak. Untuk mengenang kembali seperti apa jajanan jadul ala anak 90-an, simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Jajanan Jadul Mie Lidi

Jajanan jadul pertama yang pastinya hampir semua orang ingat adalah mie lidi. Bahkan, mie lidi termasuk jajanan yang sering dibeli pada saat itu karena rasanya yang sangat enak. Cemilan ini biasanya dimakan satu persatu atau terkadang dimakan dengan cara dihisap agar pedasnya lebih terasa.  

Pada saat itu, harga mie lidi ini diberi harga Rp 200 hingga Rp 500 per bungkus. Saat ini pun mie lidi masih ada namun dijual dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp 2.000 per bungkus. Dari sisi rasa juga saat ini memiliki berbagai varian, yakni dari rasa keju, barbeque, jagung bakar dan masih banyak lagi.

2. Choki Choki

Sampai sekarang, Choki Choki masih sering kita temukan di warung-warung hingga swalayan terdekat. Bisa dikatakan, jajanan jadul ini sangat legendaris dan terus bertahan dari dulu hingga sekarang.

Dari sisi rasanya pun tidak ada yang berubah, hanya saja harganya memang tidak semurah dulu. Choki Choki pada saat itu dijual dengan harga Rp 250 per bungkus. Sedangkan saat ini harganya dijual sekitar 1.000 per bungkus. Cara memakan pasta coklat ini bisa beragam. Mulai dari diemut atau bisa dioleskan pada roti.

3. Jajanan Jadul Arum Manis

Arum manis juga termasuk jajanan jadul anak 90-an yang cukup banyak saat itu. Memang saat ini penjual arum manis tidak sebanyak dulu dan lebih sering ditemukan pada tempat-tempat tertentu saja. Meskipun begitu, tetap saja jajanan satu ini sangat membekas saat kita masih kecil dulu.

Pada saat ini, nama arum manis lebih dikenal dengan cotton candy atau permen kapas. Harga yang ditawarkan jajanan ini pada saat itu adalah sekitar Rp 500 per bungkus. Sekarang, harganya tentu sudah berbeda, yakni mulai dari Rp 5.000 hingga Rp Rp 15.000 per bungkus.

4. Permen Kacamata

Apa kamu pernah membeli jajanan permen satu ini? Jajanan jadul dari permen cokelat ini memakai kemasan yang mirip dengan angka 8 atau kacamata. Zaman 90-an, jajanan satu hampir selalu ada di setiap warung. Bahkan, saat kamu ke warung pasti sering menemukan permen kacamata ini karena kemasannya sangat mencolok.

Saat ini sebenarnya masih ada yang menjual permen ini, namun tidak seramai dulu. Harga untuk permen kacamata ini ada di kisaran Rp 500 per bungkus. Sedangkan untuk sekarang harganya ada di kisaran Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per bungkus meskipun memang jarang ditemukan.

5. Mie Anak Mas

Nah, anak-anak tahun 90-an pasti tahu makanan ringan bernama Anak Mas ini. Memang jajanan jadul satu ini menjadi idola untuk anak-anak 90-an. Rasanya sendiri sangat enak antara gurih dan asin sehingga banyak konsumen yang ketagihan.

Di zaman sekarang, kita sangat kesulitan menemukan mie Anak Mas di warung-warung sekitar rumah. Kalaupun ingin membelinya, kita harus pesan melalui toko online. Harga untuk mie Anak Mas ini dulu ada di kisaran Rp 150 sampai Rp 300 per bungkus. Sedangkan sekarang, harganya dijual sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per bungkus.

6. Jajanan Jadul Krip Krip

Tidak jauh berbeda dengan mie Anak Mas, Krip Krip juga adalah jajanan jadul anak 90-an yang sangat laris pada saat itu. Makanan ini adalah berbentuk mie kering yang jumlahnya sangat sedikit. Hal itu membuat kita sangat tanggung saat memakannya. Selain anak-anak, remaja dan dewasa pun sangat menyukai makanan ringan satu ini karena rasanya gurih dan harganya murah.

Pada Saat itu, kamu bisa menemukan Krip Krip dengan mudah di warung-warung. Seiring dengan berjalannya waktu, Krip-Krip sangat jarang kita temukan di berbagai warung terdekat. Kalaupun ingin membelinya, hanya bisa dilakukan melalui toko online. Harga Krip Krip pada saat itu sekitar Rp 50 per bungkus. Untuk saat ini Krip Krip dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.300 per bungkus.

7. Gulali

Jajanan jadul terakhir yang pastinya pernah dirasakan anak 90-an adalah gulali. Makanan yang terbuat dari lelehan gula ini dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga kita bisa langsung mengetahuinya.

Dulu, harga permen ini hanya sekitar Rp 100 hingga Rp 200 untuk satu gulali. Sedangkan saat ini, kita sangat sulit menemukan penjual gulali dan hanya bisa ditemukan pada tempat-tempat wisata atau tertentu saja.

Demikian 7 jajanan jadul ala anak 90-an yang sangat berkesan dan dirindukan. Bagaimana, apa kamu masih ingat dengan jajanan tersebut? Atau kamu juga kangen dan ingin segera mencarinya di pasar atau di toko online

 

Leave a Reply