Ide Jualan Makanan Online Di Bulan Ramadhan - Smartertech

Ide Jualan Makanan Online Di Bulan Ramadhan

Ide Jualan Makanan Online

Saat Bulan Ramadhan tiba, salah satu hal yang dirindukan setiap orang adalah suasananya. Salah satu kerinduan yang hanya terjadi di Bulan Ramadhan adalah menyantap jajanan saat buka puasa tiba. Bagi sebagian orang, Bulan Ramadhan juga adalah momen terbaik untuk mencari ide jualan makanan online.

Apalagi di Bulan Ramadhan banyak sekali kuliner khas yang hanya ada di momen tersebut. Maka dari itu, para pengusaha kuliner bisa memanfaatkan bisnis ini se-efektif mungkin. Berikut beberapa rekomendasi ide jualan makanan online di Bulan Ramadhan yang sangat menguntungkan.

BACA JUGA : 5 Cara Praktis Manajemen Stok Barang Untuk Bisnis Kamu

1.     Kolak

Ide jualan makanan online pertama yang bisa kamu coba adalah kolak. Ya, makanan satu ini hanya bisa kamu temukan di Bulan Ramadhan saja. Ditambah lagi, kolak juga termasuk makanan yang populer saat bulan puasa itu tiba.

Jenis kolak bisa bermacam-macam, ada kolak pisang, kolak ubi, kolak candil, dan lain-lain. Cara pembuatannya yang juga sangat mudah membuat usaha kolak sangat laris pada bulan Ramadhan. Dengan sistem penjualan makanan online, kini bisa lebih mudah untuk dipromosikan pada pelanggan.

2.     Gorengan

Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan. Hal itu juga bisa kamu jadikan salah satu ide jualan makanan online di Bulan Ramadhan. Apalagi permintaan di bulan puasa itu semakin tinggi sehingga bisa mendatangkan keuntungan besar.

Contoh gorengan yang laris di pasaran antara lain bakwan, tempe mendoan, tahu isi, pisang goreng, cireng, combro, dan masih banyak lagi.  Pembuatannya sangat mudah dan bahan-bahannya bisa kamu dapatkan di berbagai pasar tradisional. Di Bulan Ramadhan, gorengan sering digunakan sebagai lauk pauk pendamping nasi.

3.     Martabak

Makanan selanjutnya yang laris pada Bulan Ramadhan adalah martabak. Memang sudah lama makanan satu ini menjadi jajanan yang banyak dicari masyarakat pada malam hari. Ketika memasuki bulan puasa, martabak juga sering dijadikan takjil berbuka puasa.

Kamu bisa usaha jualan martabak manis, telur, maupun keduanya karena sama-sama disukai konsumen. Agar tidak membosankan, kamu bisa inovasi dari segi isinya. Dengan begitu bisa memberikan pilihan rasa sesuai keinginan pelanggan.

4.     Dimsum

Bisa dikatakan Dimsum adalah salah satu makanan populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu dikarenakan dimsum bisa disimpan dalam lemari pendingin dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, makanan satu ini juga termasuk jenis frozen food yang ngetren saat itu.

Pada saat memasuki bulan puasa, tentunya keberadaan dimsum sangat pas sebagai hidangan berbuka. Kamu bisa jadikan dimsum sebagai ide jualan makanan online baik yang sudah jadi maupun dalam bentuk frozen food.

5.     Kue Basah

Jajanan tradisional termasuk salah satu makanan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Salah satunya adalah kue basah yang sering laku ketika bulan puasa tiba. Jenis-jenis kue basah seperti pukis, bolu, lemper, lumpia, dan lain-lain sangat populer di setiap daerah. Bahkan kue basah ini juga banyak sekali versinya tergantung daerah di Indonesia.

Di sinilah kamu bisa memanfaatkan kue basah sebagai ide jualan makanan online. Bahan pembuatannya juga mudah ditemukan sehingga secara modal tidak terlalu banyak.

6.     Sop Buah

Salah satu makanan khas yang ada di Bulan Ramadhan adalah sop buah. Hidangan ini adalah sebuah minuman yang berisi berbagai macam buah dan ditambah dengan kuah susu maupun sirup. Rasanya yang sangat segar sangat diburu oleh konsumen menjelang berbuka puasa.

Untuk jenis buahnya, kamu bisa sesuaikan dengan anggaran sehingga bisa lebih murah dari sisi modal. Jangan lupa juga untuk memastikan buah yang dipakai masih segar. Sebab, buah yang tidak segar akan terasa tidak enak saat dimakan.

7.     Roti Bakar

Selain martabak, roti bakar juga termasuk pilihan makanan saat malam hari tiba. Ketika bulan Ramadhan tiba, roti bakar bisa kamu manfaatkan untuk jualan makanan online di bulan puasa. Khususnya menjelang buka puasa, roti bakar juga bisa menjadi takjil yang sangat nikmat.

Untuk menjual makanan roti bakar ini, kamu bisa berinovasi dengan menambah rasa baru. Bisnis satu ini juga sangat banyak peminatnya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan gagal.

8.     Bubur Kampiun

Bubur Kampiun merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Barat. Bahan pembuatannya terdiri dari campuran candil, ketan hitam, kacang hijau, bubur sumsum, dan juga santan. Hampir mirip dengan kolak, bubur kampiun sering dijadikan takjil berbuka puasa.

Dengan bahan pembuatan yang relatif mudah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika merasa kerepotan jika membuatnya dari awal, kamu bisa juga menjadi reseller makanan tersebut.

9.     Bakso

Bakso adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Bahkan setiap daerah memiliki jenis baksonya masing-masing sehingga ada ciri khas tersendiri. Ketika memasuki bulan Ramadhan, bakso juga termasuk makanan yang dicari menjelang berbuka puasa. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk ide jualan makanan online di bulan puasa.

10.   Salad Buah

Ide makanan online di Bulan Ramadhan yang bisa kamu coba adalah salad buah. Pada dasarnya makanan ini hampir mirip dengan sop buah sebelumnya, hanya saja tidak menggunakan kuah. Salad buah ini memakai campuran yoghurt, mayonaise, atau bahkan perasan jeruk nipis sebagai sausnya.

Makanan satu ini juga cocok untuk takjil berbuka puasa karena rasanya enak, menyehatkan, kalori rendah, dan cukup membuat kenyang. Tidak jauh berbeda dengan sop buah, kamu juga harus jeli memilih buah terbaik saat membuatnya.

Demikian ide jualan makanan online di Bulan Ramadhan. Apapun usaha yang kamu tekuni, tetaplah berinovasi dan tidak patah semangat. Semoga sukses dengan bisnismu.

Leave a Reply