Ingin Bisnis Sukses? Ikuti Langkah-Langkah Awal Cara Memulai Bisnis Terkini - Smartertech

Ingin Bisnis Sukses? Ikuti Langkah-Langkah Awal Cara Memulai Bisnis Terkini

cara memulai bisnis

Memulai sebuah bisnis memang merupakan sebuah hal yang menantang, dari persiapan mental, modal usaha, sampai dengan mengeksekusi strategi-strategi yang sudah dipikirkan. Tidak heran jika banyak sekali bisnis yang pada akhirnya gagal karena persiapan yang kurang matang dan tidak mengetahui cara memulai bisnis yang benar.

Pada era pandemi seperti sekarang, langkah awal memulai bisnis sudah berbeda dari cara konvensional seperti dulu. Apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman membuka sebuah bisnis.

BACA JUGA : Gak Bingung Lagi! Begini Mudahnya Cara Mendaftar UMKM Online 2022

Nah, kali ini kami akan membantu kamu untuk mengetahui, bagaimana sih caranya memulai sebuah bisnis supaya sukses? Langsung simak penjelasan berikut ya!

1. Mencari Ide Bisnis yang Kamu Ingin Jalankan

Mencari Ide Bisnis yang Kamu Ingin Jalankan

Sumber : freepik.com

Tahap ini cukup sederhana tapi juga sangat penting, di sini kamu harus mencari jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan, misalnya makanan, jasa, jual beli produk, dan masih banyak lagi. Yang paling penting pada tahap ini adalah kamu harus mengetahui apakah model bisnis yang kamu pilih masih relevan dengan tren pasar.

Tapi jika kamu berani membuat sebuah model bisnis baru yang masih belum ada yang memulai bisnisnya, dan kamu yakin bisa menjalankan bisnis tersebut, tentu saja kamu bisa mencobanya!

2. Memulai Bisnis dengan Lihat dan Teliti Kompetitor

Lihat dan Teliti Kompetitor

Sumber : freepik.com

Setelah menentukan ide bisnis, selanjutnya kamu melihat kompetitor dengan model bisnis yang sejenis. Buat daftar kelebihan unik mereka dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Setelah itu bandingkan dengan bisnis kamu, apakah kamu bisa mengalahkan kelebihan kompetitor kamu, atau kamu ingin membuat kelebihan unik sendiri yang masih belum mereka miliki.

Dengan memiliki kelebihan unik ini kamu bisa terlihat berbeda dan lebih menarik di mata konsumen.

3. Memulai Bisnis Tentukan dan Sesuaikan Target Pasar

Tentukan dan Sesuaikan Target Pasar

Sumber : freepik.com

Setelah meneliti kompetitor-kompetitor, sekarang saatnya kamu menentukan target pasar. Kepada siapa bisnis kamu ini ditujukan, karena setiap bisnis memiliki target pasarnya masing-masing.

Jangan sampai salah menentukan target pasar ini, contohnya kamu menjual pisang pada orang yang suka apel, tentu saja tidak akan di beli. Dengan mengetahui target pasar ini kamu bisa mengetahui modal untuk produksi barang dan juga mengatur identitas brand bisnis kamu kedepannya.

4. Cari Supplier yang Dapat Diandalkan

Cari Supplier yang Dapat Diandalkan

Sumber : freepik.com

Supplier ini dapat berupa barang atau juga penyedia jasa yang akan bekerja sama dengan bisnis kamu. Bisa dibilang inilah jantung dari bisnis kamu, jadi ga bisa asal memilih. 

Supplier yang dapat diandalkan adalah yang konsisten, produk atau jasa yang diberikan tidak berubah-ubah, dengan begitu semua pelangganmu pasti akan mendapatkan pengalaman yang sama.

Jangan mudah tertarik dengan supplier yang hanya memberikan harga murah tapi tidak konsisten. Hal tersebut akan berpengaruh kepada identitas memulai bisnis kamu ke depannya. Bisa-bisa bisnis kamu dinilai jelek dan tidak konsisten.

5. Memulai Bisnis Membangun Identitas Brand

Memulai Bisnis Membangun Identitas Brand

Sumber : freepik.com

Tahapan terakhir ini bisa dikatakan sangat penting untuk era digital masa kini. Kalau dulu identitas sebuah merek hanya bisa dari mulut ke mulut, tapi sekarang berbeda.

Kamu bisa mengandalkan media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Tiktok untuk mengenalkan produkmu kepada publik. Apalagi jika target bisnis kamu adalah anak muda, bisa dibilang ini adalah cara yang sangat ampuh.

Tapi selalu ingat, pada akhirnya pengalaman konsumen adalah yang paling penting. Seberapa puas konsumen produkmu, itulah yang menentukan identitas bisnis kamu.

Demikianlah langkah-langkah awal yang harus kamu lakukan saat mulai membangun sebuah bisnis terkini. Jalanilah bisnis dengan langkah yang tepat sehingga bisnis kamu tidak mudah goyah, ya.

Leave a Reply