Ini Dia 5 Software ERP Terbaik untuk Bisnis Restoran - Smartertech

Ini Dia 5 Software ERP Terbaik untuk Bisnis Restoran

Software ERP

Pernah membayangkan Anda dapat mengelola kegiatan bisnis seperti keuangan, pengadaan, serta produksi dapat dilakukan secara otomatis?

Tentunya hal tersebut sangat menyenangkan dan software ERP menjawab hal tersebut.

Secara garis besar, ERP atau singkatan dari Enterprise Resource Planning adalah sebuah software atau pun sistem yang pakai perusahaan agar bisa mengelola bisnis harian secara langsung atau real time.

Contohnya bisa Anda lihat pada beberapa software kenamaan seperti ESB yang sering digunakan pada jenis industri makanan.

Berbicara bisnis makanan seperti restoran saat ini pun sudah banyak menggunakan software ERP dan mungkin bisa Anda coba di antaranya.

Beberapa software ERP terbaik pada bisnis restoran adalah sebagai berikut.

1. ESB

ESB merupakan software yang dirancang untuk bisnis makanan seperti restoran, cafe, dan sebagainya, karena kemudahannya untuk pengusaha.

ESB memiliki dua jenis software yakni, Restoran Pintar dan Food Court Pintar yang memang diperuntukan bagi pengusaha makanan.

Keunggulan yang diberikan ESB ini adalah menggunakan All in One Restaurant Technology, yakni memiliki software kasir online, pencatat stok barang, manajemen karyawan, pelaporan penjualan, dan masih banyak lagi.

Semua software yang digunakan pada ESB bisa membantu semua pihak dari karyawan, pemasok, bahkan pemilik restoran sehingga operasional lebih lancar. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi website di ESB.

2. Ecount ERP

Software ERP pertama yang akan kita bahas adalah Ecount ERP. Software Ecount sudah dibuat sejak tahun 1999 di Korea Selatan  dan sering digunakan pada beberapa usaha UMKM. Seiring dengan berjalannya waktu, Ecount memiliki pembaharuan dan juga penambahan fitur sehingga berubah nama menjadi Ecount ERP dan dipasarkan ke seluruh dunia sejak tahun 2012.

Keunggulan yang diberikan Ecount ERP adalah mempunyai fitur akuntansi, keuangan, pembelian, inventory, manufaktur, HRD, hingga penjualan. Dari fitur tersebut, software Ecount ERP ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai usaha khususnya di bidang restoran.

3. MASERP

MASERP merupakan software ERP yang dibuat pada tahun 1984 dan dibuat oleh MAS Software. MASERP sudah banyak digunakan oleh ribuan perusahaan Indonesia baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Dari segi fitur, MASERP termasuk lengkap seperti inventory, aktiva tetap, manufaktur, pembelian, penjualan, dan masih banyak lagi.  Selain itu, software ERP ini juga dapat dikostumisasi, dapat dipasang secara offline, hingga sistem support yang lama. Hal itu membuat MASERP banyak diminati berbagai jenis perusahaan.

4. Odoo ERP

Sekilas nama software ERP satu ini hampir mirip dengan brand smartphone populer di Indonesia. Meskipun begitu, Odoo ERP ini bisa dikatakan salah satu software yang menarik karena memiliki sifat open source. Artinya, perusahaan bisa mengkostumisasi fitur sesuai dengan keinginannya sebebas mungkin.

Keunggulan utama Odoo ERP adalah jumlah modulnya sangat banyak, yakni mencapai 37 modul dan dapat dihidupkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal tersebut tentunya memberikan keuntungan dari sisi biaya karena bisa dihemat.  Untuk Anda yang tidak suka dengan setingan rumit, bisa menggunakan software Odoo ERP dengan sistem cloud sehingga jauh lebih praktis.

5. SAP Business One

Bagi perusahaan-perusahaan besar, nama SAP Business One mungkin sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri, SAP mempunya dua versi, yakni SAP Business All in One dan SAP Business One dan versi Business One sering dipakai karena lebih murah.

Software ERP ini memiliki fitur standar seperti akuntansi, sales & service, inventory, penjualan, produksi, dan lain-lain. Meskipun begitu, kualitas yang diberikan tidaklah main-main dan bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam berbisnis restoran.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa cukup banyak software ERP yang memberikan keunggulannya masing-masing. Sekarang tinggal keputusan Anda ingin menggunakan software ERP yang mana.

1 Comment
Leave a Reply