Ini Dia Aplikasi Yang Sudah Menggunakan Bank API Untuk Memudahkan Proses Transaksi - Smartertech

Ini Dia Aplikasi Yang Sudah Menggunakan Bank API Untuk Memudahkan Proses Transaksi

bank api

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa itu API serta aplikasi Bank API. Bank API menjadi salah satu terobosan teknologi pada sektor keuangan atau perbankan. Layanan API memungkinkan bank dan perusahaan fintech (financial technology) untuk membuka data dan informasi keuangan yang terkait dengan transaksi pembayaran dari konsumen atau nasabahnya secara resiprokal (prinsip kesetaraan). Artinya, ada tiga pihak yang akan terlibat implementasi API ini yakni nasabah sebagai pemilik data, bank, dan juga fintech itu sendiri. Jadi, sudah ada gambaran bukan apa itu Bank API?

 

bank apiSumber: Unsplash

Lebih mudahnya, mari simak ulasan berikut! Apakah di antara Anda ada yang pernah melakukan proses pembayaran pada suatu aplikasi, kemudian Anda disuguhi pilihan metode pembayaran yang bisa dilakukan dari berbagai jenis pilihan fintech maupun bank-bank tertentu? Jika kalian perhatikan, ketika Anda telah memilih salah satu metode pembayaran, Anda bisa langsung dihubungkan pada aplikasi fintech yang Anda pilih dan terinstal dalam ponsel Anda. Sehingga Anda bisa langsung menyelesaikan proses pembayaran tanpa harus pindah ke aplikasi lain. Hal tersebut merupakan salah satu contoh implementasi dari teknologi Banking API.

BACA JUGA : 7 Tips Pinjam Dana Untuk Modal Usaha

Setelah memahami pengertian singkat dan contoh pengaplikasian Bank API, tentunya Anda lebih paham mengapa teknologi Bank API akan memberikan keuntungan besar untuk proses pembayaran pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Bayangkan, jika Anda memiliki suatu bisnis restoran yang telah menggunakan aplikasi dengan teknologi Bank API, proses pembayaran akan berjalan lebih cepat, mudah, dan aman tentunya. Jika Anda mulai menginginkan teknologi Bank API ada dalam bisnis Anda, tentu Anda perlu mengetahui perusahaan penyedia aplikasi yang sudah terhubung dengan Bank API untuk memberikan layanan fitur tersebut.

ESB Core Sudah Terhubung Dengan Banking API 

ESB sebagai salah salah perusahaan penyedia Software ERP Tercanggih untuk industri F&B bisa anda pilih untuk bisnis anda. Melalui ESB Core, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memonitor seluruh lingkup proses bisnis hanya dengan menggunakan 1 software. Anda akan disuguhi ERP sederhana dengan fungsi terlengkap yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam menjalankan bisnis.

Software ESB Core memiliki teknologi terbaik yang membantu melindungi aset Anda dari fraud. Tidak hanya itu, teknologi ini ditawarkan dengan harga terjangkau yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis F&B skala kecil sekalipun. Keistimewaan lainnya, ESB Core telah terhubung dengan Banking API, sehingga proses pembayaran menjadi lebih aman dan mudah tanpa perlu pindah aplikasi. Hingga saat ini, ESB telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama dan telah digunakan pada ribuan outlet yang tersebar di Indonesia.

Jadi, jika saat ini Anda merasa staf Anda menghabiskan terlalu banyak waktu pada tugas-tugas yang semestinya  sudah tidak dilakukan secara manual, Anda merasa kesulitan memiliki akses cepat dan mudah ke data yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis, Anda memiliki banyak aplikasi yang berbeda yang telah Anda terapkan untuk bisnis Anda selama bertahun-tahun dan semuanya tidak saling terhubung satu sama lain, atau Anda kesulitan untuk memonitor tingkat inventaris Anda setiap waktu, maka sudah saatnya anda membutuhkan software sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis Anda. ESB yang telah berdiri sejak tahun 2015 dengan klien yang telah mencapai angka ribuan bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk partner bisnis Anda.

Leave a Reply