Ini Dia Perbedaan Esensi Solusi Buana dan Enterprise Service Bus (ESB) - Smartertech

Ini Dia Perbedaan Esensi Solusi Buana dan Enterprise Service Bus (ESB)

Enterprise Service Bus

Sistem dalam dunia bisnis berkembang dengan begitu cepat. Setiap perusahaan mencoba dituntut harus berinovasi terus-menerus sampai berhasil memenuhi kebutuhan marketnya. Salah satu hal yang bisa diadaptasi untuk bisa berinovasi di era saat ini adalah dengan melibatkan teknologi dalam sebuah bisnis. Dibutuhkan suatu sistem yang terintegrasi satu sama lain untuk bisa membantu efektifitas & efisiensi sebuah bisnis.

Akan tetapi, tidak setiap perusahaan mampu membuat sistemnya secara mandiri. Sehingga kebanyakan perusahaan lebih memilih untuk melibatkan pihak ketiga (vendor) untuk menyediakan sistem bisnis yang terintegrasi tersebut. Bicara soal sistem terintegrasi, pernahkah Anda mendengar soal ESB (Enterprise Service Bus)? 

Apakah sebenarnya arti dari ESB tersebut? Jika Anda memasukkan kata tersebut dalam mesin pencarian, Anda akan menemukan juga isitlah ESB yang lain dalam laman teratas. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Yu, simak lebih lanjut perbedaannya

BACA JUGA : Mencegah Fraud Adalah Kunci Mensukseskan Bisnis

Enterprise Service Bus (ESB)

ESB adalah pola arsitektur dalam sebuah sistem, dimana komponen-komponen perangkat lunak terpusat dalam melakukan integrasi antar aplikasi. Termasuk di dalamnya transformasi model data, menangani konektivitas, melakukan perutean pesan, mengubah protokol komunikasi, dan berpotensi mengelola komposisi beberapa permintaan. ESB dapat membuat integrasi dan transformasi ini tersedia sebagai antarmuka layanan untuk digunakan kembali oleh aplikasi baru.

Pola dari ESB ini biasanya diimplementasikan menggunakan runtime dan toolset terintegrasi yang dirancang khusus yang memastikan produktivitas terbaik.

ESB juga dapat mengendalikan komunikasi dan kendali atas penggunaan layanan-layanan yang mencakup:

  1. Kemampuan menangkap pesan, yang memungkinkan untuk menangkap pesan request untuk layanan dan pesan response dari layanan, serta memberikan pemrosesan tambahan. Dengan cara ini, ESB dapat bertindak sebagai penghubung.
  2. Kemampuan routing, yang memungkinkan ESB melakukan routing pesan ke layanan-layanan yang berbeda baik dalam hal isi (content), asal, maupun atribut lain.
  3. Kemampuan transformasi, yang memungkinkan transformasi pesan sebelum dikirimkan ke layanan. Untuk pesan format XML, transformasi semacam ini dilakukan menggunakan XSLT (Extensible Stylesheet Language for Transformations) atau mesin XQuery.
  4. Kendali atas penerapan, penggunaan dan pemeliharaan layanan. Kendali tersebut memungkinkan adanya logging, profiling, load balancing, performance tuning, ongkos penggunaan layanan, dsb.

Sehingga, kita dapat menyimpulkan bahwa Enterprise Service Bus adalah sistem yang umum digunakan oleh perusahaan berbasis IT sebagai penghubung antar layanan atau fitur.

Esensi Solusi Buana (ESB)

ESB yang satu ini, yaitu Esensi Solusi Buana. Sebuah perusahaan IT Software yang memberikan solusi teknologi untuk para pebisnis F&B. Esensi Solusi Buana membuat aplikasi kasir dengan sistem yang terintegrasi. ESB memiliki aplikasi yang banyak untuk memenuhi kebutuhan bisnis F&B Anda, seperti ada ESB POS Hybrid, ESB Order, POS Lite by ESB, ESB Core, ESB Goods, ESB Lounge, ESB Kitchen, dan ESB Loop. Semua aplikasi ini dipadukan dalam satu ekosistem teknologi yang terintegrasi oleh perusahaan Esensi Solusi Buana, supaya mudah diimplementasikan oleh pebisnis untuk memperlancar operasi bisnis harian.

Esensi Solusi Buana telah dipercaya oleh banyak grup bisnis F&B besar dalam mengoperasikan bisnisnya, seperti BOGA Group, Ismaya Group, Sour Sally Group, Reddog, Hangry, Auntie Anne’s, dan masih banyak lagi. ESB bisa menjadi solusi Anda jika ingin membangun bisnis F&B, tanpa khawatir tentang aplikasi kasir khususnya pencatatan data transaksi. Berikut aplikasi atau fitur yang ESB berikan untuk bisnis F&B :

  1. ESB Core, sebagai Software ERP tercanggih untuk industri F&B, dapat memonitor seluruh lingkup proses bisnis hanya dengan menggunakan satu software.
  2. ESB Order, Merupakan Teknologi Aplikasi Pemesanan tanpa Installasi untuk Dine In, Take Away, Delivery, dan Pick Up, yang sangat efisien serta mampu memberikan kenyamanan langsung kepada pelanggan Anda.
  3. ESB POS, Merupakan serangkaian sistem POS All-in-one yang membantu mengotomatisasi proses penjualan di outlet dengan cara yang paling efisien.
  4. ESB Loop, adalah sebuah sistem loyalty program dari restoran atau kafe untuk pelanggan. ESB Loop memberikan reward dalam bentuk point, voucher dan lain sebagainya agar pelanggan tetap terikat dengan bisnis Anda.
  5. ESB Goods, Merupakan Marketplace B2B dengan dukungan sistem Supply Chain Digital yang terhubung dengan ESB Core. Mewujudkan proses pembelian secara transparan dan efisien, mengurangi resiko terjadi fraud dengan signifikan, serta menghindari kerugian akibat pembelian yang tidak terkendali.
  6. POS Lite by ESB Merupakan software kasir online dan offline yang didesain dengan sederhana dan mudah. POS Lite by ESB cocok untuk digunakan oleh pebisnis F&B dengan skala mid-low, atau bisa disebut juga UMKM.

Masih banyak lagi fitur dan aplikasi yang diberikan oleh Esensi Solusi Buana. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, Anda bisa mengakses website-nya di esb.id.

Jadi, ESB pertama, yaitu Enterprise Service Bus adalah sebuah sistem sedangkan ESB lainnya, yaitu Esensi Solusi Buana merupakan sebuah company yang memberikan solusi teknologi canggih untuk Anda para pebisnis F&B. Begitulah arti dan perbedaan dari kedua ESB tersebut. Semoga bermanfaat!

1 Comment
Leave a Reply