Inventory Control: Tingkatkan Efisiensi Bisnis - Smartertech

Inventory Control: Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Inventory Control

Untuk Anda yang sekarang sedang bekerja di suatu perusahaan tentu sudah tidak begitu asing lagi dengan istilah inventory control. Dalam perusahaan, sudah dipastikan terdapat persediaan barang atau dikenal dengan istilah stok.

Stok atau persediaan barang ini merupakan kumpulan dari barang – barang maupun sumber daya yang sudah disimpan di dalam ruang penyimpanan atau gudang, yang nantinya akan dipakai oleh perusahaan dalam proses jual beli kepada pihak konsumen.

Persediaan yang biasanya tersimpan di gudang ini berupa barang mentah yang belum jadi, bisa juga barang setengah jadi, hingga barang yang sudah jadi.

Stok atau persediaan barang ini bakalan disimpan dalam gudang supaya tetap diperhatikan mutu dan kualitasnya sebelum dijual ke pasaran. Kegiatan seperti inilah yang dikenal dengan nama pengendalian persediaan atau inventory control.

Inventory Control Adalah

Pengertian Inventory control

Sumber : paper id

Inventory control adalah suatu kegiatan usaha yang biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam hal penyediaan barang – barang yang akan diperlukan selama proses produksi.

BACA JUGA : Peran Penting Inventory Management

Hal ini bertujuan untuk bisa memaksimalkan dan optimal sehingga proses produksi dapat berjalan dengan begitu lancar serta bisa mengurangi adanya risiko yang mungkin terjadi.

Adapun untuk risiko yang dimaksudkan mulai dari kekurangan barang selama proses produksi, serta suatu perusahaan bisa mendapatkan biaya persediaan barang yang kecil namun keuntungan relatif besar.

Pengendalian persediaan barang di sini harus dilakukan secara seimbang. Jikalau persediaan barang tersebut terlalu besar atau over stock, maka beban dari biaya yang dikeluarkan untuk menyimpan barang serta penjagaannya pun akan lebih tinggi. Hal ini bisa mengakibatkan pengeluaran perusahaan menjadi lebih besar atau pemborosan.

Sementara itu, bila persediaan barang yang terlalu kecil atau out of stock, maka waktu pendistribusian barang yang sudah disepakati dengan pihak konsumen bakal jadi terhambat. Keterlambatan inilah bisa menjadikan konsumen beralih ke perusahaan yang lainnya.

Fungsi Inventory Control

Fungsi Inventory Control

Sumber : paper id

Bagi perusahaan manufaktur, inventory control ini memiliki berbagai fungsi yang berguna sekali untuk dapat memenuhi kebutuhan dari suatu perusahaan tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Fungsi sebagai antisipasi bila adanya keterlambatan dalam proses pendistribusian atau pengiriman bahan baku ataupun barang yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.
  • Dapat mengantisipasi bila terjadi pesanan barang yang salah kepada konsumen, sehingga barang inilah yang nantinya harus di retur ulang lagi.
  • Sebagai langkah untuk antisipasi bila terjadi inflasi atau pun kenaikan harga dari barang secara mendadak atau tiba – tiba.
  • Bisa mendapatkan keuntungan dari pembelian yang dilakukan dengan cara mengacu kepada potongan kuantitas atau dikenal dengan istilah quantity discount.
  • Fungsi dari inventory control ini bisa dijadikan sebagai penyimpanan bahan baku ataupun barang yang biasanya dihasilkan dalam kurun waktu tertentu atau musiman. Hal tersebut bakal memberikan kemudahan bagi para perusahaan yang tidak memiliki bahan baku atau barang yang tidak tersedia lagi di pasaran karena stok habis.
  • Fungsi yang terakhir adalah dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumen dengan adanya barang yang sudah tersedia dan dibutuhkan oleh konsumennya.

Strategi Inventory Control

Strategi Inventory Control

Sumber : Majapahit Teknologi

Inventory control ini merupakan suatu kegiatan yang bermaksud untuk bisa mengontrol ketersediaan dari barang ataupun produk serta memaksimalkan penggunaan dari stok barang supaya dapat tercapainya keuntungan tinggi bagi perusahaan tersebut.

Pengendalian barang juga memiliki tujuan yang cukup bermanfaat bagi perusahaan. Selain itu juga, dapat dimaksimalkan sebagai kinerja dari bidang produksi barang secara lebih efisien hingga dapat menambah nilai dari produktivitasnya.

Untuk bisa melakukan pengendalian barang atau inventory control ini harus menerapkan beberapa cara atau strategi. Adapun beberapa strategi dari pengendalian stok barang produksi yang harus Anda ketahui, seperti halnya berikut ini :

Mampu Mengoptimalkan Proses Pemesanan Ulang Barang Atau Stok

Strategi yang pertama dalam hal pengendalian stok barang ini adalah dengan mengoptimalkan proses pemesanan ulang barang.

Maksud dari strategi ini adalah bila seorang pengelola usaha memang dituntut harus mampu untuk mengoptimalkan proses pemesanan ulang dari stok tersebut.

Semua ini akan bermanfaat sekali bagi para pengelola inventory karena mampu dalam hal melakukan perhitungan yang pas dan sesuai mengenai ketersediaan stok untuk sekarang ini.

Dengan strategi inilah banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh. Salah satunya adalah penyimpanan gudang yang lebih hemat tempat dan biaya.

Mengatur Tingkatan Stok Yang Minimum

Cara atau strategi pengaturan tingkatan stok dengan batas minimum ini memang sangat tepat agar barang Anda tetap terjaga kualitasnya.

Yang mana stok barang di sini tidak akan mengalami kehabisan yang mana membuat perusahaan bisa merugi. Selain itu juga, tingkat minimum stok bisa membuat Anda lebih dalam hal pengelolaan waktu untuk mengisi barang yang diperlukan lagi.

Teratur Dalam Melakukan Audit Inventaris

Selanjutnya langkah atau strategi dalam pengendalian stok barang adalah dengan cara teratur selama melakukan audit inventaris. Hal tersebut tentu bisa mendatangkan banyak keuntungan, terlebih lagi dari segi produksi perusahaan.

Dengan audit ini juga, Anda bisa mengetahui keadaan barang atau stok yang ada di dalam gudang penyimpanan.

Manfaat Inventory Control

Manfaat Inventory Control

Sumber : jojonomic

Setelah mengetahui strategi dari inventory control, ternyata pasti bakalan ada manfaat dari pengendalian barang tersebut. Adapun manfaat yang dapat Anda rasakan, seperti :

Keseimbangan Permintaan Dengan Persediaan Barang

Mengetahui keseimbangan ini tentu sangat penting bagi usaha bisnis yang Anda jalankan. Memastikan pula kelancaran dari proses produksi hingga penjualan kepada konsumen.

Biaya Operasional Minimal

Manfaat dari pengelolaan gudang barang ini akan memangkas biaya operasional yang Anda keluarkan. Hal ini bisa menjadi keputusan keuangan usaha yang begitu tepat.

Barang Aman Tersedia

Dengan pemantauan yang teratur akan membuat Anda lebih menjaga jumlah stok barang apabila nanti dibutuhkan di kemudian hari. Ini semua pasti akan sangat membantu dan memberikan kenyamanan kepada konsumen.

Inilah pembahasan lengkap seputar inventory control yang bisa Anda terapkan dalam usaha bisnis yang sedang berjalan.

Leave a Reply