Jangan Asal! Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan Hal Berikut Ini - Smartertech

Jangan Asal! Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan Hal Berikut Ini

Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan

Pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan beberapa hal agar dilirik oleh calon pelanggan. Pada kenyataannya, lokasi usaha menjadi salah satu hal penting penentu berkembangnya suatu usaha. Sangat disayangkan apabila usaha dengan manajemen yang baik dan kualitas yang bagus kurang dilirik pelanggan lantaran lokasinya yang kurang mendukung.

Pemilihan lokasi wirausaha yang tepat selain meningkatkan penjualan juga memiliki berbagai keuntungan lain, misalnya: mengurangi biaya operasional dan menambah nilai plus suatu usaha. Tentunya lokasi usaha pun juga menyesuaikan dengan bidang usaha yang kamu kelola. Adapun pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

1. Pemilihan Lokasi Wirausaha Yang Strategis

Lokasi Strategis

Sumber : Freepik

Pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan salah satunya adalah letaknya yang strategis. Persimpangan jalan, pusat perbelanjaan atau daerah wisata merupakan beberapa contoh lokasi strategis dengan menyesuaikan bidang bisnis yang kamu kelola. Bagi wirausaha yang bergelut untuk memenuhi kebutuhan end user, lokasi usaha yang strategis adalah modal terpenting. Sehingga kamu pun mudah dalam mengenalkan produk usaha pada khalayak umum.

Selain faktor strategis, pastikan lokasi usaha kamu juga terpasang reklame agar masyarakat sekitar mudah mengingatnya. Pastikan desain bangunan, pemilihan warna cat, dan ornamen lain menarik orang yang melewati area tersebut.

BACA JUGA : Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis Menjadikan Suatu Usaha Lebih Cuan

2. Ketersediaan Bahan Baku

Bahan Baku

Sumber : Freepik

Salah satu pertimbangan pemilihan lokasi usaha adalah tersedianya bahan baku pada lokasi tersebut. kamu juga harus memperhatikan apakah bahan baku tersebut dapat dijangkau dengan mudah dari lokasi berdirinya usaha kamu atau tidak. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi biaya operasional dan harga jual produk.

Seperti halnya pengolahan ikan laut lokasi berdirinya usaha tidak jauh dari tempat pelelangan ikan. Setelah mengolah hasil laut tersebut, kemudian  produk jadi dipasarkan ke berbagai daerah lain. Hal ini untuk mengurangi biaya transportasi pengiriman ikan dan mempertahankan kualitasnya saat akan diolah.

3. Pemilihan Lokasi Wirausaha yang Memiliki Kemudahan Akses

Kemudahan Akses

Sumber : Freepik

Sebagai pemilik usaha atau pelanggan, kemudahan akses menjadi salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan. Proses pengiriman baik bahan baku maupun produk jadi membutuhkan akses jalan yang lancar dan nyaman. Sehingga sebaiknya letak usaha kamu tidak berada di gang sempit atau di pelosok dengan jalan yang sulit dijangkau.

Lokasi usaha dengan kondisi jalan yang baik dengan akses yang mudah artinya juga dilewati oleh banyak orang. Sehingga bisnis kamu pun semakin mudah dikenal oleh masyarakat.  

4. Lingkungan dan Kondisi yang Mendukung

Lingkungan dan Kondisi yang Mendukung

Sumber : Freepik

Pemilihan lokasi usaha juga harus memperhatikan lingkungan dan kondisi yang mendukung di daerah tersebut. Sehingga kamu pun tidak menjadi salah sasaran ketika mendirikan usaha di tempat tersebut.

Ketika kamu memutuskan untuk membuka restoran mahal, pastikan daerah di sekitar restoran tersebut adalah kaum elit dan menyukai gaya hidup hedonisme. Bukan di pedesaan atau perkampungan kumuh. 

5. Legalitas Tempat

Legalitas Tempat

Sumber : Freepik

Terakhir, pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan legalitas tempat tersebut. Meskipun terdengar sepele, namun apabila kamu tidak mengetahui legalitas tanah dan bangunan tempat usaha kamu berdiri, hal ini dapat berbuntut panjang.

Baik menyewa atau membelinya, kamu harus teliti dengan beberapa surat seperti IMB, atau sertifikat tanah. Sehingga kamu pun dapat fokus menjalankan usaha tanpa perlu memikirkan legalitas tempat usaha kamu. 

Selain yang disebutkan di atas, dalam pemilihan lokasi wirausaha harus memperhatikan juga kesesuaian antara produk yang dijual dengan daya beli dan selera masyarakat sekitar lokasi usaha.

1 Comment
  • Hudson

    My brother suggested I might like this blog. He was totally right.
    This post actually made my day. You can not imagine just how much time I had spent for this
    information! Thanks!

Leave a Reply