Kamu Masih Pelajar Dan Mau Punya Bisnis Sendiri? Berikut Bisnis Online Untuk Pelajar - Smartertech

Kamu Masih Pelajar Dan Mau Punya Bisnis Sendiri? Berikut Bisnis Online Untuk Pelajar

Bisnis Online Untuk Pelajar

Pada dasarnya tugas seorang pelajar adalah belajar yang rajin untuk masa depannya. Meskipun begitu, tidak ada salahnya juga jika seorang pelajar mulai berbisnis sehingga menghasilkan uang sendiri. Ditambah lagi, sekarang sudah memasuki era internet sehingga membuat bisnis online untuk pelajar sangat mudah dilakukan.

Secara umum, hambatan bisnis untuk pelajar adalah modal. Akan tetapi, tidak semua bisnis membutuhkan modal yang sangat besar. Beberapa bisnis online berikut ini justru bisa dijalankan dengan modal kecil dan cocok untuk para pelajar. Contohnya bisa kamu simak di bawah ini.

BACA JUGA : Tips Meningkatkan Omzet Dengan Games Restoran

1.     Reseller

Bisnis online untuk pelajar pertama yang bisa dicoba adalah sebagai reseller. Jika kamu ingin jualan tanpa harus memikirkan proses produksinya, maka sistem satu ini sangat cocok. Kamu hanya perlu mencari supplier yang dapat memberikan harga terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa menjual kembali barang tersebut dengan harga bersaing.

Untuk usaha reseller ini bisa bermacam-macam dari pakaian, kosmetik, mainan, sampai makan dan minuman sekalipun. Biasanya supplier akan memberikan harga lebih murah dengan minimal pembelian tertentu. Artinya, semakin banyak jumlah produk yang kamu beli, maka harga satuanya semakin murah. Jika kamu tidak mempunyai modal, maka bisa melakukan sistem preorder. Dengan begitu, kamu dapat melakukan pembelian pada supplier saat pesanan sudah terkumpul.

2.     Jual Pulsa

Berjualan pulsa merupakan salah satu bisnis online untuk pelajar yang sering ditemukan. Sudah tidak mengherankan kalau pelajar saat ini tidak bisa lepas dari smartphone, maka dari itu kebutuhan pulsa, paket internet, dan terkadang voucher langganan sangat banyak.

Untuk bisa berjualan pulsa, kamu harus memilih distributor pulsa yang sangat beragam. Bisa itu melalui provider langsung atau melalui tangan kedua seperti marketplace yang memang menyediakan program mitra produk digital. Kamu bisa promosikan usaha ini di kelas atau melalui media sosial.

3.      Dropship

Selain reseller yang sudah dibahas sebelumnya, ada juga usaha dropship. Konsepnya sendiri hampir mirip. Jika reseller harus beli produknya terlebih dahulu, maka berbeda dengan dropship. Di sini, kamu hanya memasarkan produk supplier saja dan urusan pengemasan hingga pengiriman menjadi tanggung jawab mereka.

Maka dari itu, dropship termasuk bisnis online untuk pelajar yang minim modal. Kamu hanya butuh smartphone yang terhubung jaringan internet. Selanjutnya promosikan produk tersebut baik melalui media sosial atau bagikan ke teman sekelas. Kunci keberhasilan menjadi dropshipper adalah rajin memasarkan produk sebanyak mungkin agar bisa dijangkau calon konsumen. Kamu bisa bergabung dengan platform Android atau komunitas online yang menyediakan barang-barang secara dropship.

4.     Berjualan Barang-Barang Thrift

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah berjualan barang-barang thrift. Untuk kamu yang belum tahu, barang-barang thrift adalah berbagai barang bekas yang masih layak pakai. Biasanya barang thrift yang paling laku dijual adalah pakaian yang diekspor atau diimpor dari luar negeri.

Untuk mendapatkan barang-barang thrift tersebut, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang tersebar di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform Android yang khusus menjual barang thrift. Semua proses usaha ini bisa dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu membuat lapak fisik.

5.     Jasa Pembuatan Website

Jika kamu mahasiswa IT yang memahami cara pembuatan website, baik itu web statis dengan HTML maupun CMS open source (Joomla dan WordPress), maka tidak ada salahnya membuka jasa pembuatan website. Apalagi kebutuhan sosok ahli Teknologi Informasi sangat dibutuhkan banyak pengusaha.

Untuk mendapatkan informasi mengenai jasa pembuatan website ini, kamu bisa bergabung dengan situs freelancer yang ada di internet. Bahkan, kalau kamu sudah sangat mahir, bayaran yang diterima bisa sangat tinggi hanya dengan modal laptop atau PC yang terhubung jaringan internet.

6.     Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial juga bisa menjadi salah satu bisnis online untuk pelajar yang mudah dilakukan. Beberapa orang terkadang merasa sulit mengurus media sosial karena kesibukan atau kurang paham menggunakannya. Maka dari itu, beberapa pengusaha menawarkan pekerjaan admin media sosial pada pelajar atau mahasiswa.

Pekerjaan ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu membuat promosi hingga menjawab pertanyaan yang ada dengan followers. Jika kualitasnya bagus, bukan tidak mungkin kamu akan dipanggil terus untuk mengerjakan proyek tersebut.

7.     Vlogger

Terakhir, menjadi seorang vlogger adalah bisnis online untuk pelajar yang sangat populer akhir-akhir ini. Sebagai seorang vlogger, kamu harus membuat konten dalam bentuk video. Isinya bisa tentang review, vlog, story telling yang di upload pada platform Youtube.

Dari hal tersebut, kamu bisa mendapatkan uang dari adsense atau kerja sama dengan brand tertentu. Bisa dikatakan menjadi seorang vlogger banyak dilakukan oleh anak muda karena modalnya cukup mudah, yakni smartphone dan jaringan internet. Meskipun begitu, menjadi seorang vlogger juga memiliki tantangan tersendiri sehingga kamu harus siap menghadapinya.

Demikian berbagai bisnis online untuk para pelajar yang ingin mempunyai bisnis sendiri. Meskipun mempunyai usaha, bukan berarti kamu harus meninggalkan pelajaran. Cobalah untuk seimbangkan keduanya agar semuanya dapat diraih secara maksimal.

Leave a Reply