Kamu Pengusaha Resto? Pahami Dulu SOP Kasir Restoran Beserta Tugasnya - Smartertech

Kamu Pengusaha Resto? Pahami Dulu SOP Kasir Restoran Beserta Tugasnya

Kasir Restoran

Kasir restoran memiliki peran penting dalam operasional bisnis F&B. Meskipun kini telah banyak aplikasi POS (Point of Sales) untuk membantu tugas kasir, namun keberadaan seorang kasir sulit untuk tergantikan.

Tapi, apakah kamu tahu bagaimana SOP dan tugas kasir restoran secara khusus? Sebagai pengusaha resto, tentu kamu harus mengetahui apa saja tugas kasir dan SOP kasir saat melayani konsumen.

BACA JUGA : Manfaat ERP Bagi Bisnis Restoran untuk Efisiensi Kerja

Nah, di bawah ini adalah beberapa tugas dan SOP yang wajib dilakukan oleh setiap kasir.

SOP Kasir Restoran

Kasir Restoran

SOP atau kependekan dari Standar Operasional Prosedur yang harus dilakukan oleh seorang kasir restoran untuk melayani pemesanan dan transaksi konsumen adalah sebagai berikut ini.

1. Senyum 

Awali dengan senyum terlebih dahulu sebelum menyapa konsumen. Ini menunjukkan keramahan, sehingga para pelanggan atau konsumen bisa merasa nyaman di restoran.

2. Sapa Konsumen

Sapa konsumen dengan ucapan selamat pagi, siang, atau sore sesuai dengan kondisi. Hal ini akan membuat konsumen merasa dihargai kedatangannya.

3. Tawarkan Bantuan

Tawarkan bantuan apabila konsumen terlihat bingung atau kesulitan (disesuaikan dengan kondisi). Sehingga konsumen bisa merasa tertolong dan dimudahkan saat bertransaksi.

4. Tawarkan Menu Pesanan

Segera tawarkan daftar menu kepada konsumen dan beri sedikit penjelasan mengenai menu terlaris atau menu rekomendasi.  Prosedur ini opsional dilakukan tergantung pada sistem pemesanan restoran.

5. Melakukan Konfirmasi Pembayaran

Pada beberapa restoran, pembayaran dilakukan langsung setelah melakukan pemesanan menu. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan menyebut nominal yang jelas.

6. Menyerahkan Struk Pembayaran

Serahkan struk pembayaran pesanan kepada konsumen secara sopan setelah transaksi pembayaran selesai.

7. Ucapan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada konsumen secara tulus.

Tugas Kasir Restoran

Kasir Restoran

Adapun tugas kasir restoran secara umum adalah melakukan beberapa hal di bawah ini, yaitu:

1. Melayani Konsumen

Melayani konsumen mulai dari pemilihan menu, pemesanan menu, meja tempat duduk, hingga metode pembayaran yang dilakukan.

2. Menginput Menu Pesanan

Setelah menanyakan menu yang dipesan konsumen, kasir pun menginputnya di sistem POS sesuai dengan pilihan konsumen. Mulai dari menu, varian, jumlah pesanan, hingga catatan pesanan konsumen.

3. Membantu Transaksi Pembayaran 

Kasir restoran berkewajiban untuk membantu konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Baik mulai dari penginputan total pembayaran, metode pembayaran yang dilakukan hingga menyerahkan uang kembalian dan struk pesanan.

Tanggung Jawab Kasir Restoran

Kasir Restoran

Setiap pekerjaan sudah pasti memiliki tanggung jawab yang harus dipikul para pekerjanya. Seorang kasir pun memiliki tanggung jawab yang besar. Seperti apa tanggung jawab mereka dalam bekerja? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini:

1. Pastikan Semua Peralatan Kasir Berjalan Baik

Sebelum melakukan pekerjaan, tentu saja seorang kasir harus bertanggung jawab untuk memastikan segala mesin kasir atau aplikasi kasir, monitor, dan alat-alatnya berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada yang mengalami error. Pengecekan ini berguna agar seorang kasir tetap lancar dan tidak ada gangguan saat restoran mulai buka dan pelanggan mulai bertransaksi.

2. Kasir RestoranMelakukan Transaksi dengan Cepat dan Ramah

Selain melayani dengan ramah, kasir restoran juga harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat karena jika seorang kasir tidak bergerak dengan cepat ini akan mengakibatkan antri panjang, pelanggan yang jadi sebal dan justru bisa menimbulkan kondisi yang tidak kondusif. Yang perlu diingat, meski bekerja cepat, tapi seorang kasir harus tetap berhati-hati saat menginput menu pesanan.

3. Membersihkan Area Kasir

Bagian kasir merupakan bagian terdepan atau yang paling terlihat oleh semua pelanggan restoran. Jadi kasir restoran diharuskan untuk rajin dan membersihkan bagian meja kasir, mesin kasir, kursi, vas bunga, dan berbagai bagian di mesin kasir setiap harinya. Hal ini karena kebersihan merupakan salah satu aspek paling utama dalam restoran.

4. Bertanggung Jawab Atas Transaksi yang Terjadi

Jika shift seorang kasir telah usai, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencatat segala transaksi yang terjadi pada hari itu. Transaksi melalui tunai maupun kartu kredit ataupun debit. Hitunglah dengan teliti dan jangan terburu-buru agar laporannya yang kamu serahkan benar dan tidak ada yang kurang.

5. Membantu Memberikan Informasi Kepada Pelanggan

Seorang kasir restoran juga harus mampu menguasai product knowledge semua makanan dan minuman yang disediakan oleh restoran tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang benar dan akurat khususnya memberikan informasi update harga terbaru ataupun stok makanan yang tersedia serta promosi yang sedang berjalan. Hal ini merupakan sesuatu yang harus benar-benar diketahui kasir, karena ia merupakan bagian yang pertama kali ditemui oleh pelanggan untuk memesan makanan dan minuman atau melakukan transaksi.

Demikianlah SOP dan tugas dari seorang kasir restoran yang wajib kamu pahami sebagai pengusaha restoran. Kasir yang menjalani hal-hal di atas bisa dijamin akan membuat para pelanggan restoran betah, atau bahkan mereka akan kembali ke restoranmu karena pelayanan yang nyaman!

Leave a Reply