Lagi Cari Ide Bisnis? Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Terjun ke Bisnis Restoran - Smartertech
Thu. Feb 9th, 2023
Bisnis Restoran

Apakah kamu ingin mendirikan sebuah bisnis namun bingung bisnis apa yang harus dijalankan? Kamu bisa menjalankan salah satu ide bisnis yang mendatangkan keuntungan besar yakni bisnis restoran.

Seperti yang telah diketahui bahwa kebutuhan makanan dan minuman menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Sehingga manusia tentu akan membutuhkan dua hal dasar ini setiap harinya. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memenuhi kebutuhan pangannya, ada yang memasak sendiri di rumah, namun juga tak sedikit yang memilih beli makanan di luar. Biasanya ini dilakukan oleh mereka yang tak memiliki cukup waktu untuk berkutat dengan dapur karena kesibukan setiap harinya.

Alasan untuk Terjun ke Bisnis Restoran

Bisnis Restoran

Nah, dalam menjawab permasalahan di atas, tak heran jika bisnis kuliner seperti restoran tumbuh menjamur apalagi di kota-kota besar. Bisnis restoran seolah menjadi tren di kalangan pengusaha. Lantas sebenarnya apa sih yang membuat bisnis restoran menjadi primadona? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Bisnis Restoran Tak Selalu Membutuhkan Modal Besar

Bisnis Restoran

Jika kamu berpikir bahwa bisnis restoran itu selalu membutuhkan modal yang besar, maka kamu salah. Hal pertama yang bisa dikatakan peluang usaha kuliner ini jadi idaman ialah karena modal bisnis yang relatif terjangkau. Kok bisa? Ya, kamu bisa saja lho menjalankan bisnis restoran dengan tempat menyewa, atau bahkan berjualan secara online sekalipun. Perkembangan teknologi saat ini membuat semuanya serba mungkin dilakukan secara digital.

2. Bisnis Restoran Memiliki Potensi Pasar yang Luas

Bisnis Restoran

Semua orang tentu saja memerlukan makanan, baik makanan berat ataupun makanan ringan sejenis camilan dan aneka minuman yang dapat dikonsumsi kapan saja. Tidak ada orang yang tidak butuh makan, karena itulah dengan makanan dapat menambah energi untuk menjalani aktivitas sehari–hari. Jadinya, menjadi wirausaha bisnis restoran tidak akan mengecewakan serta modal usaha bisa kembali dengan cepat tanpa perlu repot.

3. Peluang Buka Cabang Dimana Saja

Peluang Buka Cabang

Kamu mungkin lebih sering melihat banyak cabang makanan dan juga minuman terbaru atau kekinian, tidak hanya berada di lokasi pusat perbelanjaan saja juga cukup banyak diminati oleh berbagai macam kalangan. Bila kamu sudah mampu mengembangkan usaha dengan sangat cermat, maka tidak bisa menutup kemungkinan bisnis restoran yang kamu jalankan dapat buka cabang di lokasi lainnya.

4. Bisnis Restoran Memiliki Izin Usaha yang Relatif Mudah

Bisnis Restoran

Berbeda halnya dengan bisnis yang berurusan dengan properti, keuangan, obat-obatan, atau semacamnya. Ijin usaha bisnis restoran relatif mudah. Karena bisnis ini dinilai rendah resiko dan tidak membahayakan masyarakat. Sehingga terkait legalitas ijin usaha bisa kamu urus dan dapatkan dengan mudah selama dokumen-dokumen yang dibutuhkan terpenuhi.

5. Peluang Usaha yang Cukup Mudah Dilakukan

Peluang Usaha

Memasak dengan resep baru mungkin tidak bisa langsung jadi, ditambah lagi bila kamu tidak memiliki keahlian memasak. Namun, bila dibandingkan dengan pekerjaan lainnya yang memerlukan keterampilan, maka usaha kuliner mungkin jauh lebih mudah untuk kamu lakukan. Bahkan bagi mereka yang tidak dapat memasak, asalkan masih ingin belajar dan mengasah kemampuan memasak. Tak usah khawatir, kamu juga bisa mempekerjakan koki andal untuk meningkatkan kualitas rasa restoran kamu.

6. Strategi Marketing Mudah Dilakukan

Strategi Marketing

Bisnis restoran ini merupakan salah satu dari jenis bisnis yang cukup mudah untuk dipromosikan karena dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat kemasan makanan yang menarik dan juga unik, bagikan sampel produk di jalanan, tidak lupa juga selipkan kartu nama usaha di dalam kemasan makanan yang nantinya diberikan kepada konsumen. Libatkan selebgram untuk kerjasama endorsement agar menarik animo masyarakat dan mengenalkan bisnis kamu ke publik.

7. Keuntungan Usaha Berlipat Ganda

Keuntungan Usaha

Untuk membuka bisnis restoran bisa dilakukan tanpa harus modal yang relatif besar, ditambah lagi kalau di rumah telah tersedia banyak aneka bahan masakan yang dapat dipakai untuk memasak. Cara ini pun ternyata cukup ampuh untuk menekan atau menghemat biaya, bisa pula kreasikan bahan yang terjangkau hingga masih banyak lagi yang lainnya.  Tentu saja dengan memanfaatkan bahan masakan yang ada bisa menambah penghasilan serta menghemat biaya pengeluaran sebagai wirausaha kuliner. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa berkali-kali lipat, lho!

8. Variatif dan Dinamis

Variatif dan Dinamis

Jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi pengusaha di bidang restoran, tidak perlu khawatir untuk masalah ide terbaru. Hal ini dikarenakan tren dan ide kuliner akan selalu ada serta tidak ada habisnya, lho! Sekarang ini selalu bermunculan menu kuliner terbaru tiap hari, jadi kamu hanya perlu cari ide dengan menggabungkan beberapa jenis masakan, kreasikan resep lama ataupun dengan memperbarui resep yang sudah ada sebelumnya. Dengan cara tersebut, pasti hasil masakan memiliki cita rasa berbeda dari sebelumnya. Semakin kamu berkreasi ide masakan, maka semakin besar juga kesempatan untuk meraih kesuksesan dari usaha tersebut. Eits, tapi jangan lupa untuk mempertahankan ciri khas produk kamu, ya!

Itulah beberapa alasan mengapa kamu patut mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis restoran. Jika kamu telah mantap untuk menekuninya, jangan lupa untuk selalu berinovasi dalam aktivitas bisnis kamu, ya!

Salah satunya dengan penggunaan aplikasi kasir yang akan memudahkan segala aktivitas bisnis restoran kamu. ESB POS menjadi salah satu aplikasi kasir Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh berbagai pengusaha bisnis restoran dari sabang hingga merauke, seperti Starbucks, Boga Group, Ismaya Group, Auntie Anne’s, dan banyak lagi.

Fitur-fiturnya yang telah dilengkapi dengan sistem dan teknologi canggih membuat bisnis restoran kamu menjadi lebih efisien dan menguntungkan. ESB POS bisa mengintegrasikan seluruh alur kerja di restoran seperti kasir, kitchen, waiter/waitress, hingga food runner secara rapi sehingga bisa meminimalisir human error. Dengan ESB POS seluruh transaksi akan tercatat secara otomatis dan rapi, kamu bisa membuat menu promosi dengan mudah, mengelola manajemen meja, manajemen karyawan, hingga pemesanan bahan baku kepada supplier dengan mudah.  Bagaimana, tertarik mencobanya?

By Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *