Lakukan Inovasi Bisnis kuliner di Tengah Pandemi Covid - Smartertech

Lakukan Inovasi Bisnis kuliner di Tengah Pandemi Covid

Inovasi Bisnis Kuliner

Sudah setahun lebih Covid-19 mengancam kehidupan manusia. Akibatnya, ada banyak sektor yang terdampak, di antaranya adalah sektor perekonomian atau usaha. Hasilnya, ada banyak bisnis, khususnya bisnis kuliner yang terpaksa gulung tikar lantaran tidak mampu bertahan lebih lama dari kerasnya dampak Covid-19.

Ada banyak alasan mengapa bisnis kuliner tidak mampu bertahan, salah satunya karena bisnis yang dijalankan tidak membuat inovasi. Inovasi pada bisnis kuliner sendiri memang diperlukan, karena tanpa adanya inovasi, lambat laun bisnis akan meredup entah itu ketika ada Covid-19 maupun tidak.

Pengertian Inovasi Bisnis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovasi merupakan sebuah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik itu gagasan, metode, atau alat.

BACA JUGA : 12 Aplikasi Inventory Barang Terbaik

Dari penjelasan KBBI tersebut, maka bisa disimpulkan bahwasanya inovasi bisnis adalah perubahan strategi yang dilakukan oleh perusahaan, karena menyesuaikan kondisi dan juga minat pasar.

Seperti saat ini yang merupakan masa pandemi Covid-19, sebuah bisnis kuliner tidak akan mampu bertahan lebih lama apabila tidak berinovasi dalam sajiannya, pelayanannya, atau harga jualnya. Jadi, inovasi pada bisnis kuliner sangat penting sekali.

Contoh Inovasi dalam Bisnis Kuliner

Ada banyak inovasi yang bisa dilakukan pada bisnis kuliner. Seperti yang sudah disebutkan, inovasi bisa dilakukan pada sajiannya, pelayanannya, dan juga harga jualnya. Contoh inovasi pada pelayanan bisnis kuliner adalah menggunakan robot untuk melayani tamu.

Menggunakan robot untuk melayani para tamu merupakan hal yang lumrah, dan inovasi ini umumnya diterapkan di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, China, dan juga Singapura.

Adapun untuk inovasi yang ada di Indonesia, khususnya selama pandemi ini, biasanya pihak restoran membuat beberapa menu baru. Hal yang demikian itu tak lain dan tak bukan untuk menarik minat para pembeli agar bisnis kuliner tetap bisa bertahan selama masa-masa sulit.

Pentingnya Inovasi dalam Bisnis Kuliner

Yang namanya inovasi selalu dibutuhkan untuk bisnis apa pun, tak terkecuali bisnis kuliner. Tanpa adanya inovasi, konsumen akan jenuh dengan sajian dan pelayanan yang diberikan. Ibarat semangkuk nasi putih, nasi tersebut tidak akan menarik apabila hanya disajikan begitu saja, tapi harus ada inovasi entah itu digoreng atau dijadikan nasi kuning.

Berikut ini beberapa inovasi yang bisa kamu terapkan pada bisnis kuliner:

  1. Buat Nama yang Unik

Membuat nama yang unik adalah salah satu inovasi yang bisa kamu lakukan. Dengan membuat nama yang unik, para konsumen pun akan lebih mudah mengingat bisnis kuliner yang dijalankan.

  1. Desain Tempat Semenarik Mungkin

Usai membuat nama yang unik, langkah selanjutnya adalah mendesain tempat usaha semenarik mungkin. Dengan mendesain tempat semenarik mungkin, maka itu akan menjadi daya tarik bagi para pembeli.

  1. Buat Menu yang Bervariasi

Salah satu kunci sukses bisnis kuliner bisa bertahan lama ada pada pilihan menunya. Dengan banyaknya varian menu, pembeli akan penasaran dengan cita rasa makanan yang dijual. Dengan demikian, pendapatan restoran pun bisa bertambah karena penjualan mengalami kenaikan.

  1. Buat Aplikasi untuk Restoran

Covid-19 telah membatasi mobilitas kebanyakan orang. Guna meminimalisir kerugian akibat pembatasan tersebut, membuat aplikasi untuk restoran merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian, pembeli pun akan merasakan kemudahan dan bisnis yang kamu jalankan juga tetap mendapatkan pemasukan.

  1. Menjadi Merchant di Layanan Pesan Antar Makanan

Tren saat ini, beberapa restoran bergabung ke layanan pesan antar makanan seperti GoFood sebagai merchant. Dengan bergabung menjadi merchant, peluang bisnis kuliner semakin dikenal dan melakukan banyak penjualan juga terbuka lebar. Oleh karena itu, coba daftarkan restoran kamu sebagai merchant di layanan pesan antar makanan.

Tips dan Trik Melahirkan Inovasi

Tidak semua orang bisa melahirkan inovasi dalam bisnisnya. Namun, yang harus diketahui adalah inovasi itu bisa dilahirkan melalui beberapa cara. Dan berikut ini tips dan trik untuk melahirkan inovasi.

  1. Perbanyak Membaca Buku Kewirausahaan

Pepatah mengatakan bahwasanya buku adalah jendela dunia, dan pepatah tersebut memang benar adanya. Oleh karena itu, kamu harus memperbanyak membaca buku, khususnya buku tentang kewirausahaan yang bergerak di bidang kuliner.

Dengan membaca buku seputar kuliner, tentu inovasi akan mengalir di dalam benak kamu. Ketika inovasi sudah mengalir, maka kamu hanya tinggal mengeksekusinya saja. Jadi, apabila saat ini kamu merasa kesulitan untuk membuat inovasi, cobalah untuk memperbanyak membaca buku.

  1. Mengikuti Seminar Kewirausahaan

Mengikuti seminar kewirausahaan adalah satu cara untuk menemukan inovasi di bisnis kuliner. Namun cara ini tidak bisa dilakukan oleh semua pelaku bisnis mengingat seminar kewirausahaan mengharuskan para pesertanya untuk mengeluarkan sejumlah uang.

Meski harus mengeluarkan biaya, namun biaya tersebut tidaklah seberapa dibandingkan dengan ilmu yang diberikan oleh sang mentor. Dan dengan ilmu tersebut, kamu bisa menentukan langkah ke depannya untuk perkembangan bisnis, bahkan tidak menutup kemungkinan menemukan inovasi untuk bisnis kuliner yang sedang kamu jalankan.

  1. Mendengarkan Talkshow atau Motivasi di Berbagai Media

Apabila kamu tidak bisa mengikuti seminar kewirausahaan, masih ada cara lain untuk melahirkan inovasi, yaitu dengan mendengarkan talkshow atau motivasi di berbagai media, seperti televisi, Instagram, dan juga Youtube.

Meski ilmu yang diberikan tidak sebanyak acara seminar, setidaknya kamu tetap mendapatkan pencerahan terkait bisnis kuliner. Dengan ilmu yang sedikit itu, diharapkan ilmu yang diberikan bisa diterapkan di bisnis kuliner yang kamu kelola.

  1. Pergi ke Luar Rumah

Ketika inovasi tak kunjung datang, maka kamu bisa pergi sebentar ke luar rumah. Dan ketika sudah keluar, lihatlah banner-banner bisnis kuliner yang terpampang di pinggir jalan yang menawarkan berbagai macam sajian dan layanan kepada para konsumennya.

Lihatlah dengan seksama banner yang memberikan berbagai macam penawaran dengan iming-iming menarik kepada para konsumennya. Dengan melihat secara seksama, diharapkan inovasi bisnis bisa segera terlahir dalam benak kamu.

Itulah beberapa tips dan trik untuk melahirkan inovasi. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, yang namanya inovasi memang sangat dibutuhkan sekali agar bisnis kuliner tetap bisa tetap eksis, bahkan bisa bertahan lebih lama.

Berbicara tentang inovasi pada bisnis kuliner, ESB menawarkan inovasinya untuk kamu. ESB siap menjadikan restoran yang kamu kelola menjadi restoran pintar yang sistemnya terintegrasi satu sama lain.

Jadi dengan teknologi yang ditawarkan oleh ESB, pembeli bisa membuat pesanan makanan melalui aplikasi ESB Order tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan ESB Order ini, tidak hanya proses pemesanan saja yang dipermudah, namun proses pembayaran juga dipermudah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi laman resmi ESB.

Leave a Reply