Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis Menjadikan Suatu Usaha Lebih Cuan - Smartertech

Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis Menjadikan Suatu Usaha Lebih Cuan

Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis Menjadikan Suatu Usaha Lebih

Lokasi usaha yang tepat dan strategis menjadikan suatu bisnis lebih semakin dikenal oleh masyarakat luas. Secara tidak langsung, lokasi pun berpengaruh terhadap pemasaran suatu usaha. Terletak pada tempat yang strategis menjadikan usaha kamu mudah ditemui dan diingat oleh orang yang berlalu-lalang di area tersebut. 

Seperti yang telah diketahui, lokasi usaha merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada kemajuan bisnis. Jangan sampai bisnis kamu sulit berkembang hanya karena terletak di tempat yang tidak strategis dan tidak sesuai dengan bidang bisnismu. 

BACA JUGA : Apa Modal Terpenting untuk Memulai Wirausaha? Yuk Catat!

Bagaimana Menentukan Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis?

Sebelum memutuskan untuk membangun usaha pada suatu tempat, kamu harus melakukan riset mengenai daerah di sekitar lokasi tersebut. Sehingga ke depan, kamu tidak salah dalam menentukan lokasi usaha. Adapun suatu  lokasi usaha yang tepat dan strategis memiliki kriteria di bawah ini. 

1. Akses

Akses Lokasi Usaha

Sumber : freepik.com

Pastikan lokasi usaha memiliki akses yang mudah untuk dilewati. Bukan di dalam gang kecil atau terletak di pelosok dengan jalan yang rusak bahkan tak dapat dijangkau. Untuk mempermudah akses dan semakin mengenalkan produk bisnis, pastikan lokasi usaha kamu didaftarkan di Google Map.

2. Lalu Lintas

Lalu Lintas Lokasi Usaha

Sumber : freepik.com

Kepadatan lalu lintas yang berlalu-lalang melewati lokasi usaha kamu pun juga harus diperhatikan. Jangan sampai membuka usaha di tempat yang sepi dan jarang dilewati orang. Namun sebelumnya kamu juga harus mengetahui apakah orang yang berlalu-lalang tersebut adalah target pasar yang dikehendaki.   

3. Luas Lokasi

Luas Lokasi Usaha

Sumber : freepik.com

Salah satu kriteria penentu lokasi usaha yang tepat adalah luas bangunannya. Luas lahan parkir, luas bangunan, desain dan fasilitas lokasi juga menjadi pertimbangan keputusan pelanggan. Terlebih apabila usaha kamu bergerak dalam hal perniagaan atau yang berhubungan dengan end user secara langsung.

4. Kondisi Lingkungan

Kondisi Lingkungan Lokasi Usaha

Sumber : freepik.com

Sebelum mendirikan suatu usaha, amati kondisi lingkungan sekitar, baik kondisi alam maupun lingkungan sosial. Aspek pendidikan, tingkat pendapatan, dan gaya hidup pelanggan menjadi pertimbangan kamu. 

Mengapa Harus Memilih Lokasi Usaha yang Tepat dan Strategis?

Memilih lokasi usaha yang tepat dan strategis terdengar mengerikan. Sebab artinya kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan lokasi tersebut. Justru sebaliknya, lokasi usaha yang tepat dan strategis menjadikan suatu usaha semakin berkembang. Adapun penjelasannya dapat disimak seperti di bawah ini.

1. Lokasi Usaha Semakin Dikenal

Lokasi Usaha Semakin Dikenal

Sumber : freepik.com

Lokasi usaha yang strategis adalah bagian dari marketing bisnis tersebut. Secara tidak langsung, orang yang melewati berulang-ulang tempat bisnis kamu mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan. 

Tanpa harus menghafal, mereka pun otomatis mengingat usaha kamu. Sehingga apabila suatu saat orang tersebut membutuhkan produk, bisnis kamu langsung terlintas di pikirannya. Pastikan juga banner, reklame, atau brand usaha  kamu terpampang jelas dan mudah dilihat oleh orang yang lewat.

2. Jangkauan Pasar Semakin Luas

Jangkauan Pasar Semakin Luas

Sumber : freepik.com

Terletak di tempat yang strategis dan tepat, menjadikan jangkauan pasar semakin luas. Sebab bisnis yang kamu jalankan selain menjawab kebutuhan masyarakat, tentunya juga dikenal masyarakat luas. Lokasi yang strategis menjadikan banyak dilewati orang, maka semakin banyak juga yang menggunakan produk kamu.

Contohnya, usaha penjilidan dan fotokopi yang terletak di pinggir jalan raya dan dekat kampus tentunya jauh lebih optimal dibandingkan dengan usaha dengan bidang yang sama yang terletak di gang kecil dan sepi.

3. Lokasi Usaha Meningkatkan Hasrat Belanja

Lokasi Usaha Meningkatkan Hasrat Belanja

Sumber : freepik.com

Secara tidak langsung, orang yang sering berlalu-lalang melewati tempat usaha kamu akan mengenalnya. Setelah mengenalnya, orang tersebut pun tertarik untuk mencoba produk yang kamu jual. Baik karena kebutuhan atau karena hasrat ingin mencobanya sangat tinggi.

Saat seseorang melewati kedai minuman kekinian berulang kali, ditambah  desain tempat yang unik dan jurus pemasaran yang baik, haus atau tidak haus pun ia akan tertarik untuk membelinya.

4. Biaya Operasional Murah

Biaya Operasional Murah

Sumber : freepik.com

Lokasi usaha yang tepat memiliki akses jalan yang mudah dan terletak dekat dengan bahan baku berpengaruh terhadap biaya operasional perusahaan. Letak usaha yang strategis menjadikan biaya transportasi dan pengiriman menjadi berkurang.

Pengurangan biaya operasional ini dapat berdampak baik pada harga jual maupun keuntungan perusahaan. 

5. Lokasi Usaha Meningkatkan Profit Perusahaan

Lokasi Usaha Meningkatkan Profit Perusahaan

Sumber : freepik.com

Pada akhirnya, setiap bisnis yang dikembangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan profit perusahaan. Lokasi usaha yang strategis mempermudah marketing bisnis tersebut, maka hasrat belanja masyarakat pun naik. Hal tersebut pun pada akhirnya meningkatkan penjualan dan profit perusahaan.

Didukung dengan pemilihan lokasi yang tepat, menjadikan biaya operasional perusahaan dapat ditekan. Sehingga perusahaan mampu meraih profit semaksimal mungkin.

Itulah beberapa alasan lokasi usaha yang tepat dan strategis menjadikan suatu usaha semakin menghasilkan lebih banyak cuan. Apakah sudah ada rencana akan  mendirikan usaha di daerah mana? Pastikan sesuai dengan target pasar kamu, ya.

Leave a Reply