Manfaat ERP bagi Bisnis Restoran untuk Efisiensi Kerja - Smartertech

Manfaat ERP bagi Bisnis Restoran untuk Efisiensi Kerja

Manfaat ERP

Siapa yang tak tahu manfaat ERP untuk bisnis khususnya bisnis F&B seperti restoran? ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengotomasi suatu proses pada perusahaan dan mengoptimalkan setiap fungsi bisnis. 

Setiap bidang bisnis baik manufaktur, retail, F&B, maupun distribusi memanfaatkan sistem ERP untuk operasional perusahaan. ERP pun memungkinkan pertukaran data dan informasi, koordinasi antar departemen, dan pengolahan data dilakukan dengan cepat dan tepat.

BACA JUGA : Restoran UMKM Banjir Cuan! 5 Strategi Jualan Online Tepat Sasaran

Fungsi ERP yang paling terasa adalah pada sektor bisnis kuliner karena mengelola bisnis restoran tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan sekaligus dan bahkan harus selesai dalam tempo secepat mungkin, tanpa melakukan kesalahan. Karena jika salah satu karyawan melakukan kesalahan, maka di saat yang sama nama baik restoran akan runtuh. Hal ini lah yang membuat bisnis restoran butuh sistem ERP yang terbaik.

Sistem ERP yang digunakan nantinya mampu menyederhanakan pengelolaan berbagai aspek bisnis di restoran, seperti mengoptimalkan produksi makanan, memudahkan proses pembelian, dan manajemen stok barang di gudang.

Manfaat ERP di Restoran

Manfaat ERP

Untuk lebih mengetahui manfaat ERP untuk efisiensi restoran atau perusahaan f&b, simaklah penjelasan di bawah ini:

1. Manfaat ERP Untuk Manufaktur

Industri manufaktur menjadi salah satu yang paling diuntungkan oleh adanya sistem ERP. Pengelolaan work order yang otomatis, terjaganya keamanan data, dan terintegrasinya tiap divisi menjadikan koordinasi mudah dilakukan.

2. Manfaat ERP Untuk Akuntansi

ERP membantu suatu perusahaan dalam bidang akuntansi salah satunya dalam cash management, dimana analisis dan proses setiap transaksi dilakukan secara otomatis dan terintegrasi dengan bank rekanan. ERP pun memberikan layanan business intelligence  yang memungkinkan analisis keuangan dapat dilakukan secara cepat.

3. Inventori 

Penghitungan stok gudang dapat dilakukan secara cepat dengan bantuan ERP. Pemantauan rantai pasokan barang pun dapat dilakukan secara otomatis menggunakan ERP tanpa harus menghitungnya satu per satu.
Dengan menggunakan sistem ERP, maka sebuah bisnis bisa dengan mudah dalam menjaga kualitas makanan berkat rapinya manajemen inventori. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena para pelanggan bisa semakin percaya dengan kualitas makanan di restoran.

4. Marketing

Sistem pada ERP memfasilitasi tim marketing dalam membuat harga promo maupun diskon. Data mengenai perilaku dan kebiasaan konsumen pun terdapat pada sistem ERP sebagai acuan analisis pasar. Sistem CRM (customer relationship management) pada ERP pun tak perlu diragukan lagi untuk menjalin hubungan dengan konsumen.

5. Purchasing 

Bagian purchasing atau pembelian memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar dalam pembelian bahan baku. Sehingga divisi tersebut harus hati-hati dan teliti dalam penerimaan barang. ERP menyediakan layanan pembelian secara terintegrasi dan transparan. Sehingga resiko terjadi kecurangan atau kesalahan akibat human error pun dapat berkurang. 

Setiap lini perusahaan pun dapat merasakan manfaat dari ERP. Sehingga pekerjaan yang dilakukan pun dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan bantuan sistem ERP.

Restoran sendiri bisa merasakan manfaat ERP yang sangat menguntungkan itu. Salah satu sistem ERP terbaik untuk bisnis restoran adalah ESB Core yang memiliki banyak fitur. Dengan ESB Core, restoran dapat terintegrasi dengan cerdas di setiap divisinya. ESB Core juga sudah berbasis cloud sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur dan memonitor seluruh aktivitas divisi dengan mudah. Semua fitur yang dimiliki oleh aplikasi buatan PT Esensi Solusi Buana menjamin berbagai kemudahanmu dalam mengurus operasional bisnis.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai menggunakan sistem canggih ini, sehingga restoranmu merasakan manfaat ERP dan semua divisi bisa bekerja dengan efisien.

Leave a Reply