Manfaat ERP Untuk Memudahkan Pantau Bisnis Restoran Kamu - Smartertech

Manfaat ERP Untuk Memudahkan Pantau Bisnis Restoran Kamu

Manfaat ERP

Jika kamu merupakan seorang pebisnis pada era modern, istilah ERP mungkin sudah tidak asing lagi. Pada dasarnya, sistem ERP atau Enterprise Resource Planning sangat sering dipakai pada perusahaan skala atas. Namun seiring berjalannya waktu, Manfaat ERP ini juga sudah dirasakan oleh pebisnis untuk pengelolaan skala kecil dan UMKM.

Saat ini, sistem ERP sudah ada dalam sebuah software dan di dalamnya berisi aplikasi. Isi di dalam aplikasi tersebut memiliki fungsi bisnis otomatis seperti laporan penjualan, produksi, sistem akuntansi, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui apa saja manfaat ERP untuk memudahkan pantau bisnis restoran kamu, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Berikut Beberapa Tugas Kasir Restoran Dalam Melayani Pelanggan

1.     Dapat memudahkan Pengelolaan dan juga Pelacakan Inventaris

Inventaris adalah salah satu hal penting dalam sebuah bisnis restoran. Maka dari itu manfaat ERP ini bisa memberikan gambaran jelas tentang data inventaris yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa mengeluarkan biaya yang lebih efisien dibandingkan tanpa memakai ERP.

Selain itu, Manfaat ERP pada bisnis restoran bisa menyederhanakan inventaris dan menawarkan kemampuan dalam melacak persediaan mulai dari vendor hingga sampai ke tangan konsumen. Bahkan, Aplikasi ERP juga bisa mengurangi kesalahan saat melakukan penagihan karena mempunyai fitur pendeteksi jumlah biaya dan juga pengurangan anggaran.

2.     Memiliki Fitur Pelacakan dalam Penjualan

Manfaat ERP lainnya adalah mempunyai fitur pelacakan dalam penjualan. Pada dasarnya, banyak restoran menangani transaksi dalam jumlah yang besar. Baik itu dalam bentuk cash maupun kartu kredit, semuanya akan dihadapi bisnis restoran setiap harinya. Dari hal tersebut, kamu sebagai pemilik restoran harus bisa melacak total penerimaan penjualan.

Sistem ERP mempunyai fitur untuk bisa melacak semua penjualan tersebut lebih efisien dibandingkan kasir tradisional. Bahkan, ERP juga bisa memecah penjualan ke dalam berbagai kategori dan memberikan gambaran menu mana yang disukai konsumen. Hal ini tentunya bisa membantu peningkatan penjualan.

3.     Dapat Meningkatkan efisiensi Pengelolaan Karyawan

Saat memakai sistem konvensional, maka pengelolaan karyawan berdasarkan jadwal kertas, formulir dalam bentuk cetak yang ditulis karyawan, atau memakai Excel. Dengan adanya ERP, kamu bisa mengelola karyawan restoran dengan proses otomatis. Manfaat ERP tersebut tidak hanya efisien saja, tetapi juga lebih mudah.

Nantinya informasi karyawan akan disimpan dalam database. Selanjutnya para staf bisa memperbarui informasi pribadi dan mengirimkan permintaan saat cuti, liburan atau pertukaran shift secara otomatis. Bahkan, ERP juga bisa menghitung absensi dan alokasi  bonus karyawan yang dapat diatur pemilik restoran.

4.     Laporan keuangan yang Lebih Sederhana

Dalam sebuah bisnis tentunya memiliki tujuan dapat keuntungan sebanyak mungkin. Hal tersebut membuat sebuah laporan keuangan begitu penting untuk meninjau perkembangan bisnis selama ini. Dengan memanfaatkan ERP, maka kamu bisa membuat laporan keuangan menjadi lebih sederhana.

Sistem ERP memungkinkan pemilik usaha restoran mengakses langsung berbagai laporan keuangan yang sudah disiapkan. Misalnya saja formulir pajak, laporan untung-rugi, hingga perkiraan laba yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

5.     Dapat Memantau Operasional dari Jarak Jauh

Manfaat ERP terakhir adalah dapat memantau operasional dari jarak jauh. Pada beberapa kesempatan, seorang manajer restoran harus mengurusi bisnis di luar kota. Hal itu membuat mereka tidak bisa memantau bisnis restorannya. Keberadaan ERP dapat membantu para pengusaha restoran melacak atau memantau pola penjualan, inventaris, dan juga kepegawaian melalui smartphone, tablet, dan laptop.

Sistem ERP menggunakan basis jaringan dan terhubung melalui sistem cloud. Dengan begitu, semua data akan tersimpan di sana dan kamu sebagai pemilik usaha dapat melihatnya saat terhubung dengan internet.

Demikian manfaat ERP untuk memudahkan pantau bisnis restoranmu. Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi ERP untuk bisnis restoran, salah satu rekomendasi terbaik adalah ESB Core. ESB Core sendiri adalah salah satu layanan ERP canggih yang terintegrasi dengan ESB POS. Software ini dapat memonitor semua proses bisnis restoran hanya dengan satu perangkat lunak saja. Maka dari itu, banyak restoran besar hingga UMKM mempercayakan software ESB POS dalam bisnisnya.Jika ingin bergabung, kamu bisa cek di situs resmi ESB untuk mendapatkan informasi lengkapnya. 

Leave a Reply