Manfaat Software Kasir Buat Pebisnis UMKM Kuliner - Smartertech

Manfaat Software Kasir Buat Pebisnis UMKM Kuliner

Software Kasir

Seiring perkembangan zaman tentunya cara berbisnis juga akan berubah, laporan yang dulunya ditulis secara manual sekarang sudah bisa secara digital dengan menggunakan software kasir. Namun sayang, masih banyak pebisnis yang belum menggunakan cara ini, padahal banyak sekali manfaatnya.

Nah, jika kamu belum menggunakan software kasir pada UMKM kuliner milikmu, berikut penjelasan terkait apa saja manfaat software kasir yang akan kamu dapatkan!

Apa itu Software Kasir?

Software kasir layaknya sebuah kasir biasa, namun prosesnya dibuat lebih efisien dan segala transaksi akan otomatis tercatat pada sistem yang disebut POS (Point Of Sales) sistem inilah yang akan membantu kamu mengurus segala hal di bisnis UMKM kulinermu dari awal terjadinya transaksi pembelian, mengurus stok barang, sampai dengan laporan keuangan.

BACA JUGA : Upaya Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Dalam Program G20 2022

Langsung saja berikut ini adalah beberapa manfaat POS kasir, khususnya untuk pebisnis UMKM kuliner:

1. Software Kasir Mengurangi Kesalahan Karyawan

Software Kasir Mengurangi Kesalahan KaryawanSumber : freepik.com

Dengan adanya software kasir, tentunya kamu bisa menjalankan bisnis tanpa harus berada di tempat. Pastinya sebagai pemilik usaha, ada kekhawatiran jika karyawan akan melakukan kesalahan.

Namun, software kasir sendiri bertujuan untuk memastikan kalau transaksi yang berlangsung akan lebih akurat, tanpa kesalahan, dan juga cepat. Maka dari itu dengan menggunakan aplikasi kasir UMKM kulinermu akan terhindar dari kesalahan serta kecurangan.

2. Laporan Transaksi yang Lengkap

Laporan Transaksi yang LengkapSumber : freepik.com

Software kasir akan membuatmu dengan mudah dapat melihat semua laporan yang terjadi setiap hari, minggu, bahkan bulan hanya dengan menggunakan smartphone.

Bukan hanya laporan, bahkan program kasir yang dengan fitur yang lengkap dan layanan yang bagus bisa menganalisis mana produk yang banyak terjual, atau yang kurang laku. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan stok jadi tidak ada barang yang berlebih dan akhirnya terbuang.

3. Mempermudah Manajemen Stok

Mempermudah Manajemen StokSumber : freepik.com

Pada software kasir juga kamu bisa melihat ketersediaan setiap barang yang kamu miliki, Jadi kamu tidak perlu menghitung ketersediaan barang setiap harinya, tapi cukup cek dari smartphone, barulah lakukan pengecekan stok setiap seminggu atau sebulan sekali untuk meminimalisir salah perhitungan. Selain itu, proses mengganti harga, menghapus menu, menambahkan menu baru, dan semacamnya juga bisa kamu lakukan di program kasir.

4. Transaksi Cepat, Dapur cepat, Pelanggan Senang

Transaksi Cepat, Dapur cepat, Pelanggan SenangSumber : ktchnrebel.com

Adanya software kasir ini akan mempercepat setiap transaksi yang berlangsung. Biasanya ketika sebuah transaksi tercipta, maka printer di dapur langsung akan mencetak menu apa saja yang di pesan. Dengan begitu dapur bisa lebih optimal tanpa adanya salah komunikasi dari kasir.

5. Data Pelanggan yang Lengkap

Data Pelanggan yang LengkapSumber : freepik.com

Dengan adanya data pelanggan yang tersimpan pada program aplikasi kasir, kamu akan mengetahui pelanggan mana yang sudah sering datang ke restoran kamu. Dengan begitu kamu bisa gunakan data tersebut dengan efisien, seperti misalnya berikan hadiah ulang tahun, potongan harga, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat menggunakan software kasir untuk pebisnis kuliner. Sangat menarik bukan?

Sekarang ini untuk aplikasi kasir yang paling efisien dan menyediakan fitur paling lengkap adalah POS Lite yang merupakan salah satu produk dari PT Esensi Solusi Buana. POS Lite akan memudahkan kamu ketika mengelola dan juga menjalankan bisnis UMKM kamu. POS Lite yang dirancang khusus untuk UMKM ini dapat digunakan dari UMKM kecil seperti warung, kedai atau toko kelontong biasa, sampai dengan cafe atau restoran besar.

Dengan POS Lite maka bisnis kamu akan bisa mencatat transaksi jual beli secara otomatis. POS Lite juga bisa memberikan metode pembayaran digital menggunakan kartu kredit hingga e-wallet (OVO, GoPay, ShopeePay, dll), sehingga pelanggan akan semakin mudah untuk membayar. Jadi jangan ragu lagi untuk mulai menggunakan POS Lite sebagai Aplikasi kasir di bisnis UMKM milikmu!

Leave a Reply