Manfaatkan Sistem Transaksi Online Demi Kemajuan Bisnis - Smartertech

Manfaatkan Sistem Transaksi Online Demi Kemajuan Bisnis

sistem transaksi

Di zaman digital saat ini segala sesuatu dapat dilakukan secara praktis, salah satunya termasuk dalam hal jual beli. Bila sebelumnya penjual dan pembeli hanya bisa melakukan transaksi secara langsung dengan melakukan tatap muka, maka di masa sekarang ini penjual dan pembeli dapat melakukan sistem transaksi tanpa tatap muka atau secara online, baik melalui aplikasi e-commerce, website, marketplace, ataupun melalui media sosial.

Mungkin sebagian besar masyarakat telah mengenal tentang sistem transaksi online. Pengertian dari transaksi online itu sendiri adalah suatu kegiatan atau transaksi jual beli dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana untuk bertransaksi. Maka dari itu, tak heran jika saat ini transaksi tersebut menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di dalam melakukan kegiatan ekonomi.

BACA JUGA : Potensi Bisnis Layanan Pesan Antar Makanan Online Era New Normal

Khususnya di negara kita Indonesia, transaksi online ini telah diatur melalui peraturan perundangan-undangan yang berlaku, yaitu UU No. 11 Thn. 2008 tentang UU ITE. Lantas, apa sajakah manfaat yang diperoleh dari sistem transaksi online?

Manfaat Sistem Transaksi Online bagi Para Pemilik Bisnis

Modal yang relatif rendah

Memulai bisnis konvensional, tentunya memerlukan modal yang lumayan besar agar transaksi tersebut dapat berjalan maksimal. Dimulai dari membuka toko, menyiapkan budget untuk promosi, hingga meluangkan waktu untuk bisa bertatap muka dengan para pelanggan.

Sedangkan jika menggunakan sistem transaksi online, modal yang diperlukan hanyalah sebatas perangkat komputer, laptop atau smartphone, koneksi internet dan juga beberapa perangkat lunak yang berfungsi sebagai pendukung transaksi.

Jangkauan bisnisnya lebih luas dan juga tak terbatas

Di dalam bisnis konvensional, transaksi jual beli memiliki keterbatasan ruang dan juga waktu (jam operasional toko). Sementara pada bisnis online, transaksi dapat berjalan kapanpun, dimanapun, dan bisa menjangkau siapapun di seluruh belahan dunia.

Update informasi akan lebih cepat dan mudah

Jika sebelumnya pelaku usaha menghabiskan banyak waktu untuk memberikan informasi tentang produk dan jasa yang akan mereka tawarkan ke pelanggan, maka dengan adanya sistem transaksi online ini, dalam hitungan menit kamu bisa membagikan dan juga memperbarui informasi yang pelanggan butuhkan melalui website, marketplace, aplikasi e-commerce, ataupun media sosial.

Dapat membangun citra perusahaan menjadi lebih baik

Selain dapat membantu mengakomodasi kebutuhan dari para pelanggan, transaksi yang dilakukan secara online juga dapat membangun kredibilitas serta profesionalitas bisnis kamu. Maka dari itu, kepercayaan pelanggan terhadap setiap pelayanan yang nantinya kamu berikan akan semakin meningkat.

Sistem pembayaran yang lebih praktis

Saat melakukan transaksi online, kamu akan diberikan kemudahan dalam sistem pembayaran, diantaranya tidak perlu menyediakan meja kasir, memberikan nota ataupun invoice fisik, dan juga melakukan pembukuan manual. Mengapa demikian? karena setiap transaksi pembayaran yang terjadi secara online sudah tercatat langsung dalam rekening kamu, terutama ketika kamu telah menggunakan suatu sistem pembayaran online yang terintegrasi.

Manfaat Sistem Transaksi Online bagi Konsumen

Belanja menjadi lebih praktis

Kini, konsumen tidak perlu menghabiskan waktu dan juga tenaganya untuk mengunjungi toko fisik saat akan berbelanja. Hanya tinggal membuka marketplace, website, aplikasi e-commerce, ataupun media sosial untuk membeli dan menemukan produk yang mereka butuhkan.

Bisa melihat perbandingan pada produk secara cepat

Jika sebelumnya konsumen harus mendatangi setiap toko fisik agar bisa membandingkan harga dan juga kualitas produk di setiap toko, namun kini konsumen bisa melakukannya secara cepat dan mudah karena banyak sekali toko online yang dapat diakses melalui internet.

Memiliki lebih banyak kesempatan berbelanja hemat

Saat ini, banyak sekali toko online ataupun e-commerce yang menawarkan berbagai macam diskon, cashback, ataupun promo lain kepada para pelanggan. Dengan memanfaatkan berbagai promo online tersebut, para pelanggan biasanya akan memperoleh produk dengan harga murah sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Metode pembayaran yang lebih bervariasi

Transaksi secara online memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran dengan berbagai pilihan pembayaran. Dengan begitu, konsumen bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan apa yang mereka gunakan.

Keamanan bertransaksi akan lebih terjamin

Dengan transaksi online, konsumen dapat terhindar dari aksi pencurian saat sedang berada di ATM ataupun di tempat umum lainnya. Konsumen juga dapat menentukan sendiri toko yang terpercaya saat akan berbelanja secara online, salah satunya yaitu dengan memilih toko online yang juga menerapkan sistem untuk pembayaran online melalui digital payment (pihak ketiga) sehingga uang yang nantinya akan dibayarkan konsumen akan diteruskan ke penjual setelah transaksi tersebut benar-benar selesai.

Itulah sedikit ulasan tentang transaksi online serta beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari bertransaksi online. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam bertransaksi online, gunakanlah sistem transaksi yang bisa memberikan layanan digital payment pada bisnis online kamu agar dapat dengan mudah mengelola setiap transaksi dan memberikan pelayanan berupa pilihan metode pembayaran yang beragam bagi para konsumen.

Rekomendasi Sistem Transaksi Online

Setelah mengetahui pengertian transaksi  online dan manfaatnya dari sudut pandang pemilik bisnis maupun pembeli, sekarang kamu harus tahu rekomendasi yang cocok untuk mengembangkan bisnis kamu lebih besar dari sekarang.

Satu sistem transaksi yang memberikan pilihan Digital Payment adalah ESB Order. ESB merupakan salah satu perusahaan penyedia teknologi khusus di bisnis restoran, yang di dalamnya juga tersedia fitur-fitur yang dapat meningkatkan efisiensi serta mempermudah operasional sebuah bisnis F&B, salah satunya dengan ESB Order.

ESB Order memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya dalam mengoperasikan fitur-fitur yang disediakan. Bahkan hanya dengan menggunakan smartphone, kamu sudah bisa bertransaksi secara langsung. Software ini khusus dibuat bagi para pelaku usaha dibidang industri F&B. Dengan ESB Order, kamu bisa menjangkau pelanggan lebih luas dan tak terbatas  Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi ESB.

Leave a Reply