Mau Turun 10 Kg? Ini Tips Menurunkan Berat Badan yang Tidak Menyiksa - Smartertech

Mau Turun 10 Kg? Ini Tips Menurunkan Berat Badan yang Tidak Menyiksa

Tips Menurunkan Berat Badan

Tips menurunkan berat badan yang tidak menyiksa tubuh pada dasarnya mudah dilakukan oleh setiap orang. Tak harus menahan lapar atau bahkan mengkonsumsi pil diet yang bisa berdampak buruk pada tubuh.

Berat badan berlebih bukan hanya membuat kamu tidak nyaman beraktivitas, namun juga dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, hipertensi, dan penyakit lainnya yang  sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

BACA JUGA : Ini Loh 7 Cara Diet Sehat Tapi Tetap Bisa Makan Enak

Tips Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin mengubah kondisi berat badanmu namun tidak ingin mengkonsumsi pil diet atau bahkan menahan lapar yang menyiksa itu, kamu wajib menyimak tips menurunkan berat badan berikut ini. Dengan begitu tubuhmu akan semakin sehat, proporsional, dan terhindar dari segala penyakit.

1. Konsumsi Makanan Dengan Serat Tinggi

Hal pertama yang harus diperbaiki saat proses penurunan berat badan adalah makanan yang dikonsumsi. Pastikan menu makanan di piringmu dipenuhi dengan nutrisi dan serat yang tinggi. Makanan serat tinggi terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan aneka buah-buahan seperti jeruk, melon, dsb.

2. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Rutin Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap hari agar proses penurunan berat badan semakin cepat. Olahraga yang dilakukan dapat berupa renang, lari, senam aerobik, dan lain sebagainya. Olahraga juga dapat membantu memperkuat otot dan metabolisme tubuh. 

3. Makan Secara Teratur Dengan Porsi Kecil

Tips menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit namun secara teratur. Makanlah pada jam yang selalu sama. Tujuan dari makan dengan porsi kecil adalah agar metabolisme tubuh terjaga dan kadar gula dalam tubuh dapat terkendali. 

4. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Istirahat Cukup 

Salah satu kunci keberhasilan penurunan berat badan adalah waktu istirahat yang cukup. Tubuh yang kurang istirahat dan kelelahan dapat memicu produksi hormon penimbul rasa lapar. Sehingga percuma jika olahraga rutin dan menjaga pola makan apabila tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup.

5. Minum Air Putih Cukup

Telah banyak diketahui manfaat dari air putih, salah satunya mampu menurunkan berat badan. Air putih mampu menekan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, Sehingga pastikan untuk meneguk air putih terlebih dahulu sebelum makan.

6. Perbanyak Konsumsi Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi memiliki efek yang kuat dalam meningkatkan dan mempertahankan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu kamu untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini karena protein mengandung hormon ghrelin dan GLP-1 yang berperan pada rasa kenyang dan lapar.

Jadi jika kamu sudah terlalu banyak makan makanan tinggi kalori berisi lemak jenuh, maka lebih baik pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang kaya akan protein, ya.

7. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Hindari Stres

Saat stres, sebagian besar orang akan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan, karena tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan. Sayangnya, ketika stres melanda biasanya makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat kamu mengalami kondisi stres lakukan lah aktivitas lain yang kamu sukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.

8. Kurangi Makanan Berlemak & Junk Food

Ada baiknya kamu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, terlebih di pagi hari. Hal ini wajib dilakukan karena lemak jenuh akan membuatmu cepat lapar dan mudah lelah. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak baik dan cocok untuk dijadikan menu sarapan sehat seperti oatmeal, buah, yoghurt, dll.

9. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Kurangi Asupan Gula 

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga sangat tidak cocok untuk dikonsumsi saat kamu ingin menurunkan berat badan. Selain tidak baik untuk berat badan, asupan gula berlebih bisa mengganggu kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan berbagai penyakit. 

10. Perbaiki Mindset

Dalam menjalankan program diet, kamu justru harus berfokus untuk memiliki tubuh yang sehat. Jadi tanamkan lah mindset jika memiliki tubuh sehat lebih penting daripada tubuh langsing.  Kamu juga harus mengatur mindset agar berkomitmen menjalankan hidup sehat untuk investasi jangka panjang, dan tidak berhenti menjalaninya meski berat badanmu sudah turun.

Setelah mengetahui tips menurunkan berat badan di atas, hal yang harus kamu lakukan adalah rutin dan patuh dalam melakukannya. Sehingga dalam kurun waktu yang singkat, berat badanmu pun menjadi ideal.  

Leave a Reply