Optimalkan Roda Bisnismu Dengan Aplikasi ERP - Smartertech

Optimalkan Roda Bisnismu Dengan Aplikasi ERP

Aplikasi ERP

Setiap pelaku bisnis pasti berusaha semaksimal mungkin dalam mengoptimalkan pertumbuhan perusahaan dan roda bisnis mereka. Pemerintah pun dengan segala upaya senantiasa berusaha dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan program-program yang dirilis untuk mengembangkan UKM di Indonesia.

Pengembangan suatu bisnis dapat dibilang merupakan suatu proses yang sangat kompleks. Berbagai elemen dalam perusahaan seperti penjualan, operasional, logistik, persediaan, keuangan, akuntansi, pembelian, dan produksi harus dapat saling terhubung dan terintegrasi sehingga proses bisnis perusahaan tersebut dapat berjalan secara optimal.

BACA JUGA : Sebaiknya Anda Tahu Tentang Kredit Usaha Rakyat

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Aplikasi ERP dapat mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. Sistem ERP memungkinkan untuk menyediakan informasi secara real-time tentang proses utama bisnis perusahaan seperti penjualan, produksi, pembelian barang, hingga manajemen persediaan.

Sistem ERP membantu perusahaan memantau sumber daya perusahaan seperti arus kas, persediaan yang dimiliki perusahaan, catatan hutang-piutang, dan manajemen sumber daya manusia. Melalui aplikasi ERP, data-data operasional bisnis yang dimiliki perusahaan dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai bagian yang ada, kemudian data akan saling terintegrasi untuk selanjutnya dikelola dan dimanfaatkan dalam proses bisnis selanjutnya termasuk pengambilan keputusan.

Pada awalnya Sistem ERP lebih banyak digunakan pada fungsi back office seperti bagian akuntansi dan keuangan, pembelian persediaan, manajemen stok gudang, dan penggajian karyawan. Namun sekarang menggunakan aplikasi ERP telah berkembang dalam fungsi front office pada suatu perusahaan seperti sales, CRM (Customer Relationship Management), dan juga SRM (Supplier Relationship Management).

Adanya Sistem ERP dan perkembangan internet berbasis cloud memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam proses serta pengelolaan data yang dapat terintegrasi secara sentral. Selain itu sistem ini juga memudahkan perusahaan untuk dapat terhubung dengan pihak ketiga sebagai bagian dari stakeholder bisnis.

Dengan manfaat dan fungsi seperti itu maka Sistem ERP dapat menjadi suatu solusi dalam menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Aplikasi ERP menjadikan perusahaan dapat bekerja lebih efisien dengan meminimalisir rintangan arus informasi antar unit kerja.

Leave a Reply