Pentingnya Jurnal Manajemen Keuangan dalam Perusahaan - Smartertech

Pentingnya Jurnal Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Jurnal Manajemen Keuangan

yPada dasarnya pengelolaan keuangan bisnis tidak hanya sekadar menyeimbangkan neraca keuangan bisnis semata. Hal yang lebih penting lagi adalah tidak banyak mengeluarkan  uang dan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak. Beratnya tanggung jawab seorang manajemen keuangan juga tinggi karena hidup-matinya perusahaan cukup bergantung pada bagaimana mengelola keuangannya.

Oleh sebab itu, munculah jurnal manajemen keuangan perusahaan dan ini berlaku pada semua jenis usaha. Seiring dengan perkembangan zaman, kini jurnal manajemen keuangan perusahaan bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti yang dilakukan pada Software ESB. ESB Core; memberikan banyak keunggulan mulai dari transaksi sampai pelaporan. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kunjungi ESB.

Berikut Alasan Jurnal Manajemen Keuangan Begitu Penting

BACA JUGA : Cara Bisnis Makanan Online untuk Ibu Rumah Tangga

1. Dapat Mengelola Kas Operasional

Dengan mengelola arus kas, maka pengusaha bisa membiayai beberapa pengeluaran operasional dengan sangat teratur. Contohnya seperti bayar sewa, berbagai utilitas, telepon, asuransi, gaji karyawan, maupun persediaan. Itu pun belum termasuk berbagai utang bisnis yang ada seperti tanggal jatuh temponya hingga pelunasannya.

Jika Anda tidak bisa mengelola arus kas operasional tersebut, bisa dipastikan perusahaan tidak akan berjalan lama. Di sinilah salah satu fungsi keberadaan Jurnal Manajemen Keuangan begitu penting.

2. Dapat Menurunkan Biaya Pengeluaran

Poin ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya, namun di sini lebih fokus pada menjaga pengeluaran biaya seminimal mungkin. Sebagai pengusaha, tentunya pengeluaran biaya harus diatur agar tidak terbuang sia-sia.

Beberapa kasus kerugian perusahaan juga sering terjadi karena faktor tidak terduga dan juga faktor pengelolaan keuangan yang tidak benar. Dengan adanya jurnal manajemen keuangan, maka pengusaha bisa mengetahui pengeluaran mana yang memang dibutuhkan dan mana yang tidak.

3. Membantu Dalam Perencanaan Pajak

Jurnal Manajemen Keuangan juga mengurusi perencanaan tentang pajak. Proses dalam perencanaan pajak tersebut bisa membantu perusahaan dalam membuat estimasi perpajakan sehingga Anda bisa sisihkan dana lebih dalam kewajiban bayar pajak.

Saat pembayaran pajak berhasil dilakukan tepat waktu, maka perusahaan akan terhindar dari keterlambatan. Tentunya saat terlambat membayar pajak, maka harus ada biaya pengeluaran tambahan untuk membayar denda ataupun sanksi pajak.

4. Dapat Mengetahui Pengeluaran Modal Perusahaan

Adanya Jurnal Manajemen Keuangan maka pengusaha bisa memahami pengeluaran modal perusahaannya, khususnya saat membeli aset yang memberikan penghasilan. Semua pertimbangan keuangan untuk melakukan belanja modal harus diseimbangkan dengan jumlah pendapatan aset dengan jumlah yang dikeluarkan.

Saat pengelolaan modal tersebut dibuat efektif, maka pengusaha tidak perlu memaksakan diri meminjam modal banyak hanya untuk aset yang pendapatannya lebih sedikit.

5. Memanfaatkan Teknologi Dalam Jurnal Manajemen Keuangan

Jika dulu pengelolaan jurnal manajemen keuangan dilakukan oleh seorang akuntan atau orang yang ahli di bidang keuangan, kini hal tersebut sebenarnya sudah bisa dimudahkan dengan aplikasi atau software manajemen keuangan. Salah satunya adalah Software ERP dari perusahaan ESB.

Pada dasarnya ESB merupakan satu perusahaan penyedia teknologi F&B, baik aplikasi POS, ERP, B2B marketplace dan sebagainya untuk kebutuhan bisnis. Di dalam aplikasi tersebut memiliki beragam fungsi detail yang tidak terdapat di dalam ESB Core. Di dalam ESB Core, terdapat banyak fitur, seperti Jurnal Manajemen Keuangan, inventory, online payment, dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu menyiapkan perangkat keras khusus karena ESB bisa dipasang pada perangkat keras manapun seperti iOS maupun Android sehingga Anda bisa memantau perkembangan bisnis hanya melalui satu genggaman saja.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa Jurnal Manajemen Keuangan sangat penting posisinya dalam perusahaan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, jurnal manajemen keuangan bisa diatur lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Untuk Anda yang memulai bisnis apapun, jangan lewatkan poin satu ini.

1 Comment
Leave a Reply