Pentingnya Manajemen Persediaan Dalam Bisnis F&B - Smartertech

Pentingnya Manajemen Persediaan Dalam Bisnis F&B

Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan barang di dalam sebuah bisnis sangatlah penting, khususnya pada jenis usaha makanan dan minuman (F&B). Untuk bisnis F&B, persediaan barang layaknya roda di dalam bisnis tersebut. Jika tidak ada stok barang, maka usaha akan otomatis berhenti.

Di sinilah keberadaan manajemen persediaan barang sangat dibutuhkan untuk dapat mengatur penyimpanan barang jual tersebut. Dalam hal manajemen persediaan ini juga termasuk melakukan pendataan barang seperti jumlah barang keluar, barang masuk, hingga sisa barang. Hebatnya, di era digital saat ini Anda bisa mengelola persediaan barang dengan mudah, berkat hadirnya aplikasi POS (point of sale) yang kini banyak beredar di pasaran. Sebut saja seperti ESB, teknologi yang menyediakan berbagai aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis restoran Anda. 

Pengertian Manajemen Persediaan Barang

BACA JUGA : Enterprise Resource Planning Adalah? Pengertian & Cara Kerjanya

Manajemen persediaan barang atau juga manajemen stok (terkadang disebut juga dengan inventori) adalah salah satu alur dalam perusahaan atau bisnis yang memiliki fungsi agar barang perusahaan tersebut lebih terjaga dan teratur. Berbagai aktivitas yang sering terjadi pada manajemen persediaan barang ini adalah mendapatkan persediaan barang, penyimpanan barang, dan memanfaatkan barang.

Fungsi Utama Manajemen Persediaan Barang

Dari hal tersebut, kita bisa melihat bahwa manajemen persediaan barang pada sebuah perusahaan memiliki fungsi yang begitu penting, Berikut beberapa fungsi utamanya.

1. Dapat Mengantisipasi Kekurangan Stok Barang

Poin yang satu ini memang harus diperhatikan khususnya pada bisnis yang berfokus pada produksi barang. Walaupun suplai bahan-bahannya sudah pasti datang berdasarkan jadwal, akan tetapi sebuah antisipasi tetap harus ada. Tentu saja tujuannya hanya sebagai langkah jaga-jaga apabila stok barang datang terlambat atau terjadi gangguan saat produksi.

2. Langkah Antisipasi jika Pesanan Persediaan Tidak Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, jenis pesanan yang tidak sesuai sangat jarang terjadi. Meskipun begitu, bukan berarti lengah karena potensi terjadinya cukup besar. Di sinilah keberadaan manajemen persediaan barang dilakukan untuk lebih memastikannya lagi.

3. Opsi jika Persediaan Barang Tidak Tersedia

Salah satu fungsi utama dengan pentingnya manajemen persediaan ini adalah dapat memastikan bahwa barang selalu ada. Cara ini bisa Anda lakukan jika barang yang biasanya sering digunakan ternyata tidak ada. Faktor tersebut bisa saja terjadi karena stok barangnya sudah habis atau bisa juga karena hal lainnya.

4. Sebagai Jaminan untuk Kelancaran dalam Proses Produksi

Poin terakhir dengan adanya manajemen persediaan barang ini adalah sebagai jaminan semua proses produksinya berjalan lancar. Tentunya hal ini harus dilakukan agar tetap bisa meraih keuntungan sekaligus menyediakan kebutuhan untuk para konsumen.

Tips dalam Melaksanakan Manajemen Persediaan Barang

Dalam melakukan manajemen persediaan barang tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar sistem manajemen persediaan bisa berjalan lebih optimal. Beberapa tipsnya bisa Anda lakukan sebagai berikut.

1. Menggunakan Aplikasi Kasir Online

Dengan perkembangan zaman saat ini, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan aplikasi kasir online untuk membantu manajemen persediaan barang. Salah satunya adalah aplikasi dari ESB yang merupakan aplikasi kasir online dengan fitur khusus pada bisnis F&B.

Di dalam ESB terdapat teknologi restoran sehingga memudahkan Anda dalam berbisnis usaha makanan dan minuman dengan cepat. Selain menyediakan manajemen persediaan barang, ESB juga menyediakan fitur tambahan seperti software kasir online, sistem POS All-in-one, hingga pilihan pembayaran.

2. Selalu Review Stok Barang Secara Rutin

Tips berikutnya adalah selalu melihat berapa banyak barang yang Anda miliki dalam persediaan secara rutin. Apalagi barang seperti makanan dan minuman lebih rentan rusak, melewati masa kedaluwarsa, atau hilang setelah disimpan dalam gudang.

Bahkan sering kejadian tadi jarang dilaporkan sehingga pemilik usaha maupun penjual tidak menyadarinya. Maka dari itu, melakukan review stok barang secara rutin sangat perlu dilakukan.

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa manajemen persediaan barang dalam bisnis sangatlah penting. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

1 Comment
Leave a Reply