Pentingnya Memiliki Manajemen Operasional yang Baik dalam Bisnis Restoran - Smartertech

Pentingnya Memiliki Manajemen Operasional yang Baik dalam Bisnis Restoran

Manajemen Operasional

Apabila kita melihat jumlah restoran atau tempat makan di sekitar baik, di jalan atau pusat perbelanjaan,  terlihat kalau jumlahnya cukup meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut memang cukup wajar mengingat makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang utama sehingga peluang bisnis restoran cukup meningkat.

Meskipun dari sisi peluang itu besar, namun tetap saja tidak akan maju usahanya jika tidak memiliki manajemen operasional yang baik. Apalagi saat ini sudah ada sistem manajemen operasional secara praktis menggunakan POS seperti yang dilakukan oleh aplikasi ESB.  Bahkan dalam Aplikasi ESB mempunyai sistem teknologi restoran pintar untuk bisnis restoran. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan kunjungi ESB.

Apa Itu Manajemen Operasional dan Mengapa Begitu Penting Dalam Bisnis Restoran

BACA JUGA : 3 Strategi Bisnis Kuliner Terbaik untuk Mendapatkan Untung Maksimal

Pengertian Manajemen Operasional

Secara garis besar, manajemen operasional merupakan suatu bidang manajemen yang berkaitan dengan pengawasan dan juga pengendalian suatu proses produksi. Setelah itu, akan dilakukan perancangan ulang operasi bisnis pada sebuah produksi barang maupun jasa.

Keberadaan manajemen operasional sangat berkaitan pada berbagai kegiatan yang membuat perusahaan dapat mengubah rangkaian input dasar seperti bahan, energi, kebutuhan pelanggan, keuangan, hingga nantinya menjadi hasil output pada pelanggan.

Manfaat Manajemen Operasional Pada Bisnis Restoran

Setelah mengetahui pengertian manajemen operasional, selanjutnya kita lihat apa saja manfaatnya pada bisnis restoran sebagai berikut.

1. Dapat Menerapkan Manajemen Restoran yang Lebih Teratur

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis restoran memiliki banyak jenisnya. Contohnya ada fast food restaurant, fine dining restaurant, casual dining restaurant, family restaurant, cafe, dan masih banyak lagi. Dengan manajemen restoran, Anda bisa mengetahui jenis restoran yang akan dikelola sehingga proses bisnisnya lebih jelas dan teratur.

Bisa dikatakan, ini adalah fungsi utama dari manajemen operasional yang secara efektif membantu mengubah bahan mentah menjadi makanan yang siap disantap konsumen dalam bisnis restoran.

2. Mengontrol Keuangan perusahaan

Di dalam bisnis, mencari keuntungan sangatlah penting dan ini juga adalah manfaat adanya manajemen operasional pada bisnis apapun termasuk restoran. Sangat penting mengatur keuangan yang digunakan seluruhnya dan dijalankan sesuai rencana sehingga terciptanya barang dan jasa yang optimal. Mulai dari bahan mentah, alat pembuatan makanan, beberapa bahan tambahan.  

Dengan begitu, usaha restoran bisa menentukan harga menu makananan kepada konsumen tanpa membuat keuangan perusahaan mengalami “tekor”.

3. Menentukan Strategi Yang Tepat Untuk Memuaskan Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis restoran memiliki jumlah yang banyak. Artinya persaingan di dalam bisnis satu ini sangatlah ketat dan perlu adanya strategi tepat agar konsumen puas dan mau membeli makanan di restoran kita.

Di sinilah keberadaan manajemen operasional sangat penting agar dapat membantu pengusaha melalui optimalisasi sumber daya dan juga pengembangan keunggulan di atas pesaingnya.

Pengaruh Teknologi Pada Manajemen Operasional

Perlu Anda ketahui bahwa adanya teknologi sangat berperan pada kemajuan manajemen operasi. Suatu perusahaan yang memakai teknologi yang berkualitas baik bisa berkembang dan perusahaan yang masih menggunakan sistem manual akan sangat kesulitan.

Salah satu teknologi yang memudahkan Anda dalam bisnis restoran ada dalam ESB POS. Aplikasi ini memiliki teknologi restoran pintar yang cocok bisnis jenis makanan seperti restoran. Dengan memakai ESB tersebut, Anda bisa lebih fokus untuk menjalankan hal-hal krusial dalam bisnis restoran dan itu termasuk manajemen operasionalnya.

Jenis teknologi yang di bangun pada ESB adalah jenis software atau perangkat lunak yang terintegrasi khusus untuk sistem operasional bisnis makanan, warung makan, hingga perhotelan. Dengan memakai teknologi restoran pintar tersebut, maka laba bisnis Anda bisa meningkat dengan biaya pengeluaran yang lebih efisien.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa keberadaan manajemen operasional di dalam bisnis restoran cukup penting baik itu dalam skala kecil apalagi skala yang lebih besar. Ditambah lagi, keberadaan teknologi dalam manajemen operasional juga tidak kalah pentingnya dan sebaiknya Anda sudah mulai mempertimbangkan menggunakan software seperti ESB saat memulai bisnis restoran. 

1 Comment
Leave a Reply