Pentingnya Penerapan Aplikasi ERP Dalam Bisnis Kuliner Era 4.0 - Smartertech

Pentingnya Penerapan Aplikasi ERP Dalam Bisnis Kuliner Era 4.0

Aplikasi ERP

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis kuliner saat ini sudah memasuki era 4.0. Artinya, sistem operasional di dalam bisnis kuliner sudah banyak yang menggunakan teknologi. Salah satu jenis teknologi yang saat ini gencar diterapkan adalah aplikasi ERP.

Saat ini, berbagai bisnis kuliner sudah sangat biasa menerapkan sistem ERP dalam hal penjualan produk, keuangan perusahaan, hingga sistem operasi dengan maksimal. Dengan begitu, semua kegiatan dalam bisnis kuliner bisa terkontrol atau dapat dikendalikan.

BACA JUGA : UMKM Kuliner Makin Naik Kelas dengan Aplikasi Kasir Android

Selain itu, masih ada manfaat lain penggunaan aplikasi ERP dalam bisnis kuliner sebagai berikut:

1. Aplikasi ERP Dapat Melindungi Kualitas Merk Dagang

Aplikasi ERPSumber : freepik.com

Keunggulan pertama menggunakan aplikasi ERP dalam bisnis kuliner adalah dapat melindungi kualitas merk dagang. Sebagai pelaku usaha dalam industri kuliner, kamu harus fokus pada kegiatan untuk membangun branding. ERP ini dapat menyediakan berbagai macam informasi mengenai tindakan apa yang dapat berpengaruh pada rantai pasokan barang maupun supply chain.

Perlindungan pada merk atau brand dengan sistem ERP dapat berjalan secara bersamaan. Perlu kamu ketahui bahwa cara terbaik dalam melindungi kualitas merk adalah berikan pelayanan maksimal kepada konsumen. Dengan begitu, supply chain bisa lebih stabil.

2. Aplikasi ERP Membuat Industri Kuliner Taat Peraturan

Aplikasi ERPSumber : freepik.com

Aplikasi ERP yang baik dapat memberikan perlindungan kepada merk dagang. Ditambah lagi, adanya aplikasi ERP juga memberikan dukungan penuh untuk bisnis agar dapat mematuhi semua bentuk peraturan yang ada. Apalagi tantangan utama dalam menjalankan bisnis kuliner adalah keamanan pangan.

Perlu diketahui bahwa dalam bisnis kuliner memiliki banyak bagian, yakni distributor, pemasok, dan pengecer, dan masih banyak lagi. Peraturan ketat pada aplikasi ERP mewajibkan para pelaku usaha melakukan pelacakan produk. Mulai dari bahan baku hingga seluruh rantai pasokan yang sudah tersedia. Dengan begitu, pengawasan pada makanan sampai konsumen bisa lebih aman.

3. Membuat Pengelolaan Industri Kuliner Lebih Sederhana

 Pengelolaan Industri KulinerSumber : freepik.com

Penggunaan sistem ERP pada industri kuliner dapat menyederhanakan sistem pengelolaannya. Contohnya kelola beberapa cabang dan juga antisipasi jika ada permintaan dari pelanggan. Jika bisnis kuliner kamu sudah berkembang, tentunya akan memiliki beberapa cabang dan kegiatannya pun harus berjalan lancar.

Dengan aplikasi ERP, kamu dapat memaksimalkan laporan harian dari penjualan seluruh cabang secara otomatis. Bahkan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memantau kas keuangan perusahaan, hingga melacak biaya masuk dan keluar. Hal ini dapat membuat kamu semakin mudah dalam menerapkan strategi untuk masing-masing cabang.

4. Investasi Panjang untuk Industri Kuliner

investasi jangka panjangSumber : freepik.com

Setiap pebisnis kuliner yang memiliki ERP, maka bisa dijadikan investasi jangka panjang. Jika dulu ERP hanya untuk perusahaan level atas, maka kini sudah ada untuk usaha kecil hingga menengah.

Adanya sistem ERP untuk UMKM membantu pengusaha kecil agar usahanya dapat lebih maju. Ditambah lagi, pengusaha kuliner juga dapat memperhitungkan jangka panjang dalam hal pengelolaan biaya dari aplikasi ERP.

5. Aplikasi ERP Dapat Menghemat Pengeluaran

Aplikasi ERPSumber : freepik.com

Keberadaan ERP juga dapat menghemat pengeluaran dalam bisnis kuliner. Seorang pengusaha kuliner tentu harus menyimpan stok barang mentah agar dapat memenuhi permintaan konsumen. Akan tetapi, jika menyimpan barang terlalu banyak, maka berpotensi sulit terjual dan harus dibuang.

ERP ini bisa membantu pengusaha kuliner dalam mengantisipasi permintaan konsumen dan kelola inventaris. Melalui sistem ERP yang terpusat, maka dapat melacak permintaan dengan tepat. Bahkan, aplikasi tersebut dapat menyesuaikan dengan permintaan dari konsumen.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa penerapan sistem ERP sangat penting dalam bisnis kuliner. Jika kamu ingin memakai aplikasi ERP dengan kualitas terbaik, maka cobalah untuk menerapkan software kasir ESB POS pada bisnismu karena sudah terintegrasi dengan sistem ERP yang menyeluruh.

Software tersebut mampu memantau semua proses bisnis kuliner hanya dalam satu perangkat saja. Dari hal tersebut, tidak mengherankan kalau ESB POS sudah dipercaya oleh pebisnis kuliner. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek ke situs resmi ESB POS, dan mulai mengintegrasikan bisnis kuliner secara cerdas dan profesional.

Leave a Reply