Pentingnya Supply Chain Management Untuk Bisnis F&B - Smartertech

Pentingnya Supply Chain Management Untuk Bisnis F&B

Supply chain management

Supply chain management (SCM) yang baik merupakan hal yang penting bagi berbagai lini bisnis. Khususnya pada usaha yang fokus pada bidang makanan dan minuman. Karena manajemen yang baik akan membuat kegiatan operasional menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Keberadaan sistem manajemen ini sangat penting karena memberikan peningkatan operasional yang signifikan. Selain itu, hal ini juga dapat memperbaiki pelayanan Anda, sehingga bisnis dapat berkembang dengan baik.

BACA JUGA : Ini Dia Perbedaan Esensi Solusi Buana dan Enterprise Service Bus (ESB)

Beberapa Alasan Mengapa Supply Chain Management Itu Penting

1. Membantu Membuat Rencana Bisnis yang Efektif

Hal utama dalam SCM adalah membuat perencanaan dan strategi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, penerapan SCM mengharuskan Anda membuat beberapa rencana kemudian dibandingkan setiap rencana tersebut agar Anda bisa melihat mana rencana yang memberikan keuntungan terbesar.

Hal yang sama juga berlaku ketika menetapkan strategi bisnis. Pada akhirnya, strategi dan rencana usaha harus dibuat sebaik mungkin sesuai kebutuhan usaha sehingga dapat menghasilkan manfaat terbesar untuk jangka panjang.

2. Mempermudah Mencari Bahan Baku Terbaik

Supply chain management juga mengharuskan Anda untuk mencari bahan baku dan harga terbaik bagi bisnis F&B. Anda bisa mencari bahan dasar terbaik atau penggantinya dengan kualitas yang sangat baik.

Tentunya Anda harus mencari banyak supplier dan membandingkan satu dengan lainnya. Tetapi, jika Anda ingin memiliki usaha F&B yang baik dan berkesinambungan maka mencari supplier bahan baku harus dilakukan sebaik mungkin.

3. Membuat Kegiatan Operasional yang Baik

Pemakaian sistem manajemen ini juga membantu Anda untuk membuat kegiatan operasional yang baik, efektif dan pastinya efisien. Karena tujuan utama operasional adalah fokus pada produktivitas serta efisiensi.

Jadinya operasional bisnis F&B menjadi lebih baik. Karena pemakaian bahan baku harus lebih maksimal sehingga hal ini berpengaruh pada menu yang tersedia. Tetapi, jika Anda berhasil meningkatkan produktivitas dan pemakaian bahan baku yang efisien maka keuntungan yang didapat pasti lebih besar dari sebelumnya.

4. Mengatur Kegiatan Logistik 

Supply chain management juga membantu Anda dalam mengatur kegiatan logistik bisnis. Logistik ini mulai dari pengiriman bahan baku, kegiatan operasional dalam ruang bisnis F&B dan proses pengiriman kepada pelanggan.

Anda bisa memakai jasa pengiriman dari pihak luar atau juga dari supplier ataupun dimiliki sendiri. Tetapi, berbagai bisnis F&B tingkat menengah dan atas memiliki sistem pengirimannya sendiri. 

Karena, untuk bisnis tersebut dibutuhkan kendaraan dengan spesifikasi khusus. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan dan minuman tersebut agar berada pada kondisi terbaik.

5. Mempermudah dan Peningkatan Pelayanan

Sistem manajemen ini juga membantu pemilik bisnis F&B untuk mendapatkan feedback dari pelayanan yang diberikan. Kritik dan saran dari konsumen sangat penting karena dapat membantu Anda untuk meningkatkan produk dan pelayanan yang ada.

Anda juga bisa meminta konsumen sebagai sumber data. Data ini sangat penting karena nanti dapat membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang lebih tepat khususnya penetapan menu baru, ekspansi usaha dan lainnya. 

Penerapan supply chain management yang baik bisa Anda lakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah memakai aplikasi. Agar Anda bisa menjadi pemenang dalam mekanisme supply chain perusahaan, penting bagi perusahaan untuk bisa menyediakan produk yang tidak hanya murah, namun berkualitas, bervariasi, dan juga disediakan tepat waktu.

Oleh karena itu, bagi para pemilik bisnis perlu dengan bijak memilih perusahaan penyedia software pendukung sistem supply chain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. ESB bisa Anda masukkan dalam salah satu rekomendasi pilihan untuk bisnismu, dengan fitur ESB Goods yang dimilikinya, ESB menyediakan layanan marketplace B2B dengan dukungan sistem supply chain digital yang terhubung dengan ESB Core. Sehingga dengan menggunakan layanan ESB, bisnismu dapat mewujudkan proses pembelian secara transparan dan efisien, mengurangi resiko terjadi fraud dengan signifikan, serta menghindari kerugian akibat pembelian yang tidak terkendali. Selain itu, ESB Goods juga terhubung dengan banking API di dalam ESB Core, dimana dapat menghasilkan proses pembayaran yang mudah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi ESB.

1 Comment
Leave a Reply