Peran Penting Inventory Management - Smartertech

Peran Penting Inventory Management

Inventory Management

Inventory management ini fokus kepada persediaan dari stok barang yang sudah diterapkan dalam suatu perusahaan. Yang dimaksud dengan persediaan barang di sini adalah tersedianya bahan baku sampai dengan bahan jadi.

Stok barang inilah yang bakalan disimpan di dalam gudang sebagai persediaan barang dari perusahaan guna keperluan di kemudian hari.

Namun, perlu diketahui jika penerapan manajemen persediaan stok barang ini diperlukan pengetahuan serta wawasan yang harus mumpuni. Terlebih lagi fokus pengetahuan seputar pergudangan serta arus masuk barang yang sudah disimpan di dalam gudang tersebut.

Apa Itu Inventory Management?

Apa itu Inventory Management

sumber : eTurns

Yang dimaksud dengan persediaan ini adalah bahan atau barang yang sudah disimpan untuk digunakan dalam memenuhi tujuan tertentu, misalnya adalah digunakan untuk proses produksi maupun distribusi.

Sedangkan untuk manajemen persediaan atau istilah dari inventory management merupakan hal yang cukup penting perlu Anda perhatikan dalam dunia usaha bisnis, terlebih lagi bila Anda fokus pada bisnis retail.

BACA JUGA : Ini Dia Pinjaman Online Resmi Yang Terdaftar Di OJK. Jangan Gegabah!

Mulai dari bagaimana cara memperoleh persediaan barang, proses penyimpanan stok barang hingga stok barang ada manfaatnya atau dikeluarkan dari gudang.

Sementara itu, untuk tingkat professional suatu bisnis retail ini mungkin dapat Anda lihat dari sistem pengelolaan stok barang atau persediaan barang yang mereka lakukan.

Bayangkan bila ada konsumen yang menginginkan barang, namun stok dari barang tersebut sudah tidak tersedia lagi atau kehabisan barang. Hal tersebut tentu bakal berdampak buruk bagi perusahaan serta konsumen bisa beralih ke tempat yang lainnya.

Persediaan barang ini termasuk dalam salah satu aset dari perusahaan yang memiliki hubungan penting dengan penjualan maupun tingkat produksi. Sehingga, bila terjadi masalah yang berkaitan dengan persediaan akan langsung berhadapan dengan kerugian.

Pentingnya Inventory Management

Pentingnya Inventory Management

sumber : glints

Inventory management ini merupakan sebuah sistem manajemen aset dari perusahaan yang terdiri dari berbagai macam hal, termasuk di dalamnya bahan baku sampai bahan jadi yang diperlukan oleh perusahaan.

Adanya sistem persediaan barang ini tentu harus diperhatikan supaya bisa membantu perusahaan untuk menyiapkan dan menyediakan keperluan dalam rangka pemenuhan kebutuhan para konsumen.

Lebih spesifiknya lagi, ada beberapa peran penting dari inventory management yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya adalah

Memilih Penanggung Jawab Inventaris

Penanggung jawab adalah hal yang sangat penting pertama kali harus Anda perhatikan karena ia yang akan memegang tanggung jawab sepenuhnya.

Hal tersebut menjadi penting dikarenakan barang – barang yang sudah ada, sehingga sebuah perusahaan memang perlu memilih penanggung jawab yang bisa diandalkan serta mengerti dan paham dengan dunia seputar inventaris.

Perusahaan wajib sekali menerima bentuk laporan inventaris secara berkala dan juga lengkap berkaitan dengan persediaan barang yang sudah ada, persediaan yang masuk maupun keluar sampai dengan evaluasi persediaan produk.

Bentuk Antisipasi Bila Barang Telat Datang

Antisipasi ini memang perlu dilakukan untuk kegiatan bisnis yang sedang berjalan, termasuk di dalamnya adalah persediaan stok barang. Bisa Anda bayangkan jika waktu lama menunggu sedangkan bahan baku barang justru tidak tersedia.

Produk yang seharusnya dapat diolah menjadi bahan jadi malah tidak bisa dikerjakan karena tidak adanya bahan tersebut. Anda pun harus menunggu pemasok terlebih dahulu untuk proses pengirimannya.

Bentuk Antisipasi Saat Bahan Barang Tidak Sesuai

Kesalahan dalam pengiriman barang oleh pemasok memang tidak bisa dihindarkan, bahan tersebut tentu harus dikembalikan lagi. Dalam proses pengembalian ini pasti memerlukan waktu yang relatif lama.

Sehingga bila inventory management yang bagus maka bahan yang sudah ada bisa dikelola untuk sementara waktu sambil menunggu bahan baru datang lagi.

Metode/Teknik Inventory Management

Metoda Inventory Management

sumber : jasa konsultan manajemen surabaya

Untuk metode atau teknik dari inventory management ini ada beberapa metode yang bisa langsung Anda terapkan dalam perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut :

MRP atau Material Requirement Planning

Metode satu ini merupakan metode perencanaan dari kebutuhan material, yakni perencanaan serta pengendalian persedian guna menjamin bahan baku supaya selalu tersedia untuk pemenuhan kebutuhan konsumen.

Tujuan dari metode MRP ini untuk menjaga jumlah persediaan barang yang sedikit, maka biaya persediaannya pun lebih kecil.

Periodic Review

Untuk metode ini, yang harus Anda lakukan ialah memesan barang persediaan dengan jangka waktu yang relatif sama. Anda pun bisa membuat jadwal pemesanan barang.

Pemesanan barang akan dilakukan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat. Selain itu, biaya yang bakal dikeluarkan bisa diperhitungkan sebelumnya.

EOQ atau Economic Order Quality

Metode inventory management selanjutnya ini adalah jumlah dari pemesanan yang lebih ekonomis. Maksudnya ialah jumlah pembelian barang yang sudah dilakukan oleh perusahaan adalah menyesuaikan dengan pesanan yang telah diterima.

Inventory management merupakan hal terpenting yang harus dipersiapkan sebagai bentuk antisipasi terhadap persediaan bahan yang akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan konsumen.

Leave a Reply