Peran Supply Chain Finance Untuk Optimalisasi Perusahaan - Smartertech

Peran Supply Chain Finance Untuk Optimalisasi Perusahaan

SUPPLY CHAIN FINANCE

Supply chain finance mungkin masih sedikit asing bagi banyak kalangan yang memang tidak berkecimpung di dalam dunia usaha. Ketika Anda sedang menjalankan usaha, tentu saja Anda harus sadar betul jika dunia bisnis tidak terlepas dari banyaknya persaingan dan itu adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk merancang strategi supaya bisa menghasilkan kinerja yang optimal.

Sebelum Anda terjun ke dalam dunia usaha atau pun yang sedang menjalankan usaha, salah satu yang harus benar – benar dipahami adalah SCF atau yang biasa dikenal dengan Supply Chain Finance.

Kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai SCF ini sebagai langkah penting dalam dunia bisnis yang sedang Anda geluti.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Supply Chain Finance

Supply Chain Finance

sumber : google sites

Supply chain finance ini merupakan sebuah pembiayaan modal kerja kepada para pelaku bisnis usaha supaya bisa dengan mudah mengembangkan usaha dengan cara melakukan pembelian stok barang dari para pemasok barang.

Dengan memakai cara inilah, biaya dari pendanaan yang ada bisa sebaik mungkin ditekan dengan adanya teknologi yang saling menghubungkan berbagai pihak di dalam satu bentuk transaksi.

BACA JUGA : Terlengkap! Pelajari Struktur Organisasi Restoran Yang Memadai

SCF ini biasanya akan melibatkan 3 pelaku usaha yang utama di dalam pembiayaannya, yakni pihak supplier, pihak buyer serta lembaga keuangan sebagai penyedia jasa Supply Chain Finance.

SCF rupanya bisa membuat efisiensi bisnis Anda menjadi lebih optimal dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan biasanya pihak peminjam atau borrower bisa memperoleh pembayaran yang lebih cepat dan praktis tentang pekerjaan yang sudah dikerjakan tanpa menyediakan jaminan secara keseluruhan.

Di sisi yang lainnya, SCF ini bisa pula dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk bisnis yang sedang Anda jalankan karena SCF ini dapat menjalankan bisnis Anda tanpa harus melakukan transaksi pembayaran menggunakan jasa dari bank – bank seperti biasanya.

Begini Cara Kerja Dari Supply Chain Finance

Cara Kerja Dari Supply Chain Finance

sumber : manajemen bisnis surabaya

Supply chain finance ini sebenarnya merupakan bentuk dari kemitraan dengan berbagai pihak tertentu dengan menerapkan cara pemberian kredit jangka pendek. Dengan memberikan kredit inilah diharapkan dapat membantu modal kerja untuk para pembeli maupun pihak penjual.

Solusi dari bisnis satu ini bukan hanya mampu mengoptimalkan modal kerja maupun arus kas perusahaan saja, namun bisa juga memberikan pengaruh yang sangat besar dalam hal likuiditas bisnis yang sedang Anda jalankan.

Sementara itu juga, dengan memakai SCF ini, pihak pemasok barang dapat menjual faktur yang dimiliki kepada pihak bank maupun penyedia jasa keuangan lainnya. Kemudian, pihak pemasok barang pun dapat memiliki akses terhadap uang yang sudah diberikan dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya akses inilah akan membuat pihak pemasok barang selalu menjaga kelancaran usaha serta keseimbangan cash flow yang sudah dimiliki. Yang nantinya kegiatan usaha akan tetap berjalan dengan sangat lancar.

Keuntungan Penggunaan Supply Chain Finance Dalam Dunia Usaha

Keuntungan Penggunaan Supply Chain Finance

sumber : fortune

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Supply Chain Finance ini akan memberikan pilihan alternatif yang saling menguntungkan bagi para penjual dan juga pembeli. Bukan hanya itu saja, saat terjadi krisis keuangan dalam skala global, struktur SCF ini bisa membantu banyak perusahaan supaya tetap bertahan.

Dari pihak pemasok barang, ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika menerapkan supply chain finance, di antaranya adalah proses dari likuiditas yang begitu cepat dari sebelumnya, serta mampu juga untuk menjaga kestabilan dan juga kelancaran dari cash flow dalam perusahaan.

Sedangkan dari pihak pembeli atau konsumen, SCF ini tentu akan memberikan benefit seperti proses pembelian yang cepat dan relatif mudah, bisa untuk mengamankan modal kerja, serta mampu meningkatkan volume penjualan barang yang sudah siap.

Itulah beberapa penjelasan kami mengenai supply chain finance, bila Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih aktual bisa langsung mengikuti kami di situs web Smartertech.

 

Leave a Reply