Potensi Bisnis Digital, Mengapa Harus Beralih dari Konvensional ke Ranah Digital - Smartertech

Potensi Bisnis Digital, Mengapa Harus Beralih dari Konvensional ke Ranah Digital

Bisnis Digital

Bisnis digital adalah suatu bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet sebagai media pemasaran produknya. Pemasaran produk secara digital dapat dilakukan melalui berbagai platform mulai dari media sosial, e-commerce, website, dan masih banyak lagi. Bisnis digital dipengaruhi oleh  jaringan internet, kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. 

Pelaku bisnis digital dituntut untuk selalu up to date dengan teknologi dan perubahan pola perilaku masyarakat. Sehingga bisnis yang dirintis pun dapat sesuai dengan keinginan pasar.

BACA JUGA : 7 Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pelajar | Siapa yang Gak Mau?

Potensi Bisnis Digital

Dengan semakin pesatnya penggunaan teknologi dan internet beberapa tahun terakhir ini, potensi bisnis digital semakin meningkat. Dimulainya era perdagangan bebas ini bahkan bisa menjadi pertanda jika kedepannya akan banyak tersedia peluang bagi para pebisnis.
Bisnis digital sendiri kini sukses menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia berkat adanya e-commerce yang kini sedang digandrungi oleh masyarakat. Bahkan menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pertumbuhan e-commerce tersebut digadang-gadang bisa menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Potensi bisnis ini sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat jika pertumbuhan nilai penjualan online di tanah air setiap tahunnya meningkat 40%. Tak hanya itu, e-commerce kini juga bisa dikatakan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat di kota-kota besar. 

Adanya e-commerce ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melebarkan sayapnya di dunia digital. Seperti yang kita ketahui, masyarakat bahkan akan mencari barang yang sifatnya sepele atau bahkan yang banyak dijual di pasaran. Maka pebisnis bisa mempertimbangkan untuk menjual berbagai barang yang sekiranya menarik, menonjol, dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Mengapa Harus Beralih ke Bisnis Digital?

Suatu bisnis harus dapat beradaptasi dan relevan dengan setiap perkembangan zaman. Sehingga pelaku bisnis harus dapat berpikir inovatif dan kreatif, salah satunya dengan adanya peralihan mode bisnis dari konvensional ke modern. 

Berikut merupakan beberapa alasan mengapa kamu harus beralih ke bisnis ini:

1. Jangkauan Pasar Luas

Melalui pemasaran secara digital, bisnis yang dijalankan pada satu kota dapat diketahui oleh setiap orang dari berbagai negara. Tak harus membeli produk secara langsung ke tempat bisnis, konsumen luar daerah pun dapat membeli suatu produk secara online dan dikirimkan melalui jasa kurir.

2. Analisis Pasar Mudah dan Tepat 

Google Analytics dan Google Trends memberikan layanan analisis terhadap website bisnis yang kamu jalankan. Mulai dari data pengunjung website seperti usia, jenis kelamin, asal daerah, hingga produk yang paling disukai. Hal ini pun dapat dijadikan pedoman untuk riset produk selanjutnya.

3. Interaksi dengan Konsumen Semakin Intens

Layanan CRM (Customer Relationship Management) menjadikan hubungan antara pemilik bisnis dengan konsumen semakin hangat sehingga bisa membuat para konsumen setia dengan bisnismu. Email marketing dan WhatsApp marketing yang dikirimkan pada konsumen memungkinkan informasi dan penawaran dapat langsung diterima oleh konsumen.

4. Promosi Dapat Dilakukan Secara Efisien dan Tepat Sasaran 

Adanya optimasi kata kunci pada akun media sosial dan website bisnis, menjadikan kegiatan pemasaran yang dilakukan semakin terbantu. Kamu pun dapat menjangkau konsumen secara luas dan tepat sasaran menggunakan bisnis digital. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika bisnismu beralih ke bisnis digital. Sudah tak ada alasan lagi untuk tak beralih ke bisnis ini, bukan? Bisnis digital dapat meningkatkan penjualan dan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis.

Leave a Reply