Stress Hutang Bank Menumpuk? Ini Dia 5 Solusi Terlilit Hutang Bank Terbaik - Smartertech

Stress Hutang Bank Menumpuk? Ini Dia 5 Solusi Terlilit Hutang Bank Terbaik

Solusi Terlilit Hutang Bank

Solusi terlilit hutang bank mungkin dibutuhkan oleh sejumlah orang yang sedang mengalami permasalahan keuangan. Banyak pula orang yang kesulitan untuk melunasi KTA atau Kredit Tanpa Agunan hingga hutang dengan pihak bank pun kian membengkak sampai puluhan juta rupiah.

Sekarang ini banyak orang yang ingin menyelesaikan masalah hutang dengan pihak bank, namun kadang berujung pada kegagalan. Pada saat Anda sudah mendapatkan dana pinjaman dari bank melalui KTA, maka diwajibkan untuk melunasinya.

Walaupun Anda meminjam dengan KTA alias hutang tanpa adanya jaminan, bukan serta-merta pihak bank tidak akan menyita aset atau barang berharga milik nasabah yang memiliki kredit macet. Bank pun berhak untuk membawa kasus tersebut ke pengadilan untuk menyita aset milik Anda.

Berbeda halnya dengan kredit jaminan yang di dalam perjanjian tersebut telah menyebutkan secara spesifik aset ataupun barang yang dijadikan jaminan. 

Artinya bila gagal membayar, maka bank dalam batas waktu tertentu bisa menyita agunan tersebut. Bank juga dapat menyeret seseorang ke pengadilan disebabkan utang piutang.

BACA JUGA : Pentingnya Manajemen Persediaan Dalam Bisnis F&B

Gambaran Solusi dari Bank Indonesia Mengenai Hutang Bank

Solusi terlilit hutang bank sudah dipaparkan oleh Bank Indonesia, yakni dengan jalur mediasi perbankan bisa menjadi salah satu langkah penyelesaian. Bila dialog dengan internal bank sudah tidak bisa ditemukan jalan keluarnya.

Di sinilah, Bank Indonesia bakalan memosisikan netral di antara bank dan juga nasabah. Penyelesaian dari sengketa melalui jalur mediasi perbankan pun memiliki beberapa macam kelebihan, seperti :

  •  Mediasi gratis tanpa biaya
  • Jangka waktu mediasi paling lama sekitar 60 hari kerja semenjak penandatanganan perjanjian tersebut
  • Proses dilakukan secara fleksibel dan informal

Sengketa pun bisa diselesaikan mediasi perbankan jikalau telah memenuhi kriteria seperti di bawah ini :

  • Jika nasabah tidak puas dengan solusi dari saluran pengaduan nasabah di bank
  • Sengketa yang bisa diajukan penyelesaiannya jika nilai utang berada di bawah 500 juta rupiah
  • Belum pernah menjalani mediasi oleh Bank Indonesia maupun lembaga mediasi yang lainnya
  • Tidak sedang dalam proses ataupun sudah diputuskan oleh lembaga arbitrase atau pengadilan atau masih belum ada kesempatan yang dimediasikan oleh lembaga yang lainnya, seperti dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Pusat Mediasi Nasional (PMN) dan yang lainnya
  • Sengketa belum masuk kadaluarsa, yakni sengketa yang masa pengaduannya masih belum melampaui 60 hari kerja semenjak disampaikan oleh pihak bank kepada nasabah

Solusi Terlilit Hutang Bank, Begini Cara Mencegahnya

Permasalahan bisa menjadi panjang bila gagal membayar kredit atau hutang bank, serta membuat Anda mesti berpikir ulang kembali. Disebabkan hutang merupakan kewajiban dan dilakukan perencanaan secara matang, termasuk juga perkiraan masalah yang bisa mengganggu pelunasan hutang tersebut.

Lantas, apa saja yang wajib Anda perhatikan saat ingin mendapatkan pinjaman dari bank? Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Waktu pinjaman 

Semakin cepat jangka waktu kreditnya, maka semakin kecil bunga yang harus dibayar

  • Maksimal hutangan 

Hindari juga mempunyai hutang yang kian menggerus pendapatan Anda lebih dari sekitar 30 persen

  • Jumlah nilai pinjaman

Cek juga nilai potongan seperti halnya biaya administrasi ataupun provisi yang bisa mengurangi besaran jumlah pinjaman

  • Waktu pembayaran hutang

Perhatikan pula tanggal jatuh tempo sekaligus besaran dari jumlah denda bila Anda telat melakukan pembayaran tersebut

  • Asuransi

Jika memungkinkan gunakan opsi asuransi guna mengantisipasi risiko bila nasabah meninggal dunia. Asuransi ini pun mungkin tidak diperlukan selama masih ada aset yang bisa melunasi hutang di bank.

Lantas, seperti apa cara untuk menghindari pinjaman tersebut sudah cair supaya tidak terlilit hutang bank?

  • Menunda niat untuk ambil kredit yang lainnya, alangkah baiknya untuk selesaikan hutang jangka penting sebelum mengambil yang lainnya
  • Melunasi pinjaman terlalu cepat, hal ini pun hanya bakalan membuat Anda merugi, bank bakalan memberikan denda dalam jumlah besar dikarenakan Anda dianggap bisa mengurangi pendapatan bank
  • Melunasi hutang tanpa mengambil kredit baru, maksudnya ialah Anda tidak boleh melunasi hutang dengan cara mengambil utang yang baru di bank

Dengan adanya mediasi ini merupakan itikad baik dari pihak nasabah untuk bisa menyelesaikan tunggakan kredit. Bahkan bila nasabah masih belum merasa puas dengan proses mediasi tersebut, dapat juga melakukan banding.

Belajar Dari Kesalahan Supaya Tidak Lagi Terlilit Hutang Bank

Solusi terlilit hutang bank mungkin sudah Anda lakukan sehingga ada beberapa pelajaran yang penting supaya hal tersebut tidak terulang kembali.

1. Perencanaan keuangan yang baik

Meskipun terdengar sepele, tetapi perencanaan keuangan yang tidak terperinci dengan baik justru sering kali dianggap sepele lho. Padahal, dengan merencanakan keuangan bisa menjadi langkah strategi solusi terlilit hutang bank.

Umumnya, perencanaan keuangan ini merupakan suatu rencana pengeluaran yang menyesuaikan dengan pendapatan Anda. Bila Anda memiliki gambaran mengenai jumlah dana yang akan dikeluarkan setiap bulannya, untuk ditabung maupun diinvestasikan.

2. Pengeluaran seminimal mungkin

Hindari mengikuti gaya hidup orang lain yang boros dikarenakan kondisi ekonomi setiap orang tentu berbeda–beda. Anda juga dapat membiasakan diri hidup hemat.

3.  Mulai berinvestasi

Anda bisa menyisihkan penghasilan sekitar 10 persen untuk berinvestasi. Keuntungan dari investasi pun dapat dipersiapkan sebagai dana di masa depan. Dengan Anda berinvestasi inilah tidak perlu lagi hutang demi memenuhi kebutuhan di hari tua.

4. Sebaiknya beli barang secara tunai

Alangkah baiknya Anda bisa membeli barang secara cash atau tunai. Hindari juga membeli barang dengan sistem kredit dikarenakan tanpa terasa bisa membuat Anda terlilit hutang dan membuat kondisi keuangan semakin sulit.

Dengan Anda membeli barang secara tunai inilah bisa terhindar dari cicilan tiap bulan dan terhindari pula dari bunga yang harus dibayarkan.

5. Harus teliti sebelum membeli

Kebiasaan dari orang kaya yang harus Anda tiru ialah dengan menunda kepuasan pada saat sekarang dan fokus membangun finansial di masa depan. Pikirkan juga bila ingin membeli barang dengan harga yang relatif mahal serta pikirkan pula kegunaan dari barang tersebut.

Leave a Reply