Super Cuan! Peluang Usaha Rumahan yang Tak Lekang oleh Waktu - Smartertech

Super Cuan! Peluang Usaha Rumahan yang Tak Lekang oleh Waktu

Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan salah satu peluang usaha yang digemari oleh siapapun, baik dari usia tua dan muda, serta pria maupun wanita. Waktu kerja yang fleksibel dan tak perlu meninggalkan keluarga menjadikan usaha ini kian banyak diminati. Selain itu, membuka usaha rumahan pun mampu menekan biaya operasional maupun penyewaan tempat. 

Meski hanya dikerjakan di rumah, namun jangan salah, usaha ini pun dapat menghasilkan cuan yang berlimpah. Bahkan tak jarang penghasilannya pun mampu melebihi gaji pekerja kantoran. Bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha di rumah, pastikan sesuai dengan kondisi dan keahlian yang dimiliki. Adapun beberapa peluang usaha yang dapat dikerjakan di rumah dengan penghasilan tinggi adalah sebagai berikut ini.

BACA JUGA : Jangan Asal! Pemilihan Lokasi Wirausaha Harus Memperhatikan Hal Berikut Ini

1. PPOB

PPOB atau Payment Point Online Bank adalah suatu sistem pembayaran tagihan menggunakan fasilitas bank. Berbagai macam tagihan seperti PDAM, tagihan listrik, BPJS, cicilan motor, pembelian token, hingga pulsa dan paket data pun tersedia pada layanan PPOB.

Bisnis PPOB ini pun diklaim tak ada matinya. Sebab memfasilitasi sebagian besar kebutuhan dan tagihan rumah tangga yang pastinya selalu ada. Ide usaha rumahan ini pun dapat dilakukan hanya bermodal ponsel dan jaringan internet serta tidak banyak menyita waktu.

2. Usaha Rumahan Kue dan Roti

Bisnis kuliner salah satunya kue kering memang selalu menjadi primadona khususnya bagi Ibu Rumah Tangga (IRT). Pesanan kue kering seperti halnya nastar, putri salju, dan kukis akan membludak setiap hari raya Idul Fitri. Sementara di hari biasa aneka kue, bolu, dan pastri pun tetap banyak peminatnya.

Hampir di setiap acara keluarga maupun pertemuan, kue menjadi kudapan yang wajib untuk dihidangkan. Sehingga bisnis kue ini pun sangat cocok untuk dilakukan asalkan memiliki keahlian yang memadai dan didukung dengan alat dan bahan yang lengkap.

3. Penjahit

Salah satu ide usaha rumahan yang tak kalah menghasilkan cuan adalah menjadi penjahit. Permak baju, pembuatan baju, hingga mendesain baju mewah nyatanya bisa mendatangkan pundi rupiah. Jangan salah, bisnis jahit ini pun bisa mendatangkan cuan yang fantastis khususnya apabila mendesain baju pesta mewah.

Industri fashion yang selalu berkembang menjadikan penjahit akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jika kamu ingin menekuni usaha ini, pastikan telah memiliki keahlian di bidang jahit tersebut dan lebih baik lagi jika telah bersertifikat.

4. Kedai Makanan

Meski terlihat sederhana, kedai makanan yang terletak di depan rumah nyatanya juga dapat menghasilkan untung yang besar. Berdagang makanan dan aneka lauk pauk maupun jajanan seperti seblak atau baso aci bisa menjadi salah satu peluang usaha yang dapat digeluti di rumah. 

Usaha kedai makanan ini pun terbilang laris apalagi jika berada di tengah lingkungan yang sebagian besar pelanggannya adalah pekerja. Sebab mereka tidak akan punya banyak waktu untuk memasak. Untuk meningkatkan penjualan, daftarkan kedai makanan milik kamu ke layanan pesan antar makanan seperti  GoFood, GrabFood, maupun ShopeeFood.   

5. Usaha Rumahan Sablon dan Percetakan

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam mendesain gambar, bisnis sablon dan percetakan ini bisa menjadi salah satu opsi ide usaha rumahan yang sangat berpotensi untuk berkembang. Berbagai event gathering, pernikahan, hingga  reklame membutuhkan jasa ini. Misalnya percetakan undangan, banner, kartu nama, hingga sablon kaos. 

kamu pun dapat memberikan layanan gratis desain ataupun percetakan tanpa minimal order kepada pelanggan. Tidak perlu khawatir, untuk skala rumahan modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar namun dapat menghasilkan banyak cuan.

6. Budidaya Tanaman/Hewan

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah budidaya tanaman atau hewan. Meski tak banyak masyarakat yang tertarik, namun sektor ini pun memiliki target pasar tersendiri. Selain menyalurkan hobi, budidaya tanaman atau hewan juga bisa mendatangkan laba yang cukup tinggi. Bahkan beberapa komoditas tanaman seperti janda bolong dan burung cinta (love bird) pun sempat mengalami kenaikan harga yang pesat.

Apabila memiliki sisa tanah atau halaman yang cukup, budidaya jamur atau hidroponik juga bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. Tentunya dalam mengembangkan budidaya ini pun memerlukan ketelatenan kamu sebagai pemilik usaha.

7. Usaha Rumahan Reseller dan Dropshipper

Usaha rumahan dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar selanjutnya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Jika memilih sebagai dropshipper, cukup memasarkan dan menawarkan produk milik produsen tanpa harus membeli dahulu atau menyetoknya. Sementara reseller harus membeli dulu produk dari produsen kemudian menjualnya ke konsumen. 

Adanya marketplace dan media sosial pun memudahkan reseller dan dropshipper dalam memperluas jaringan pemasaran. Cukup unggah foto dan deskripsi yang menarik, maka pelanggan pun akan berdatangan. Hasil penjualannya pun bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha rumahan yang keberadaannya tak lekang oleh waktu. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah sudah ada ide usaha yang akan kamu kembangkan di rumah nanti?

1 Comment
Leave a Reply