Terapkan Barcode Scanner Kasir Untuk Bisnis Restoran Anda - Smartertech

Terapkan Barcode Scanner Kasir Untuk Bisnis Restoran Anda

barcode scanner kasir

Barcode scanner kasir sekarang ini sudah menjadi alternatif bagi berbagai macam usaha, termasuk di dalamnya adalah bisnis restoran. Di dunia bisnis, barcode scanner ini tentu saja sudah tidak asing lagi, terlebih lagi bagi para pegawai yang bertugas menerima sejumlah uang dari penjualan atau biasanya dikenal dengan sebutan kasir.

Untuk para karyawan kasir yang memakai aplikasi, barcode scanner menjadi hal yang wajib dikuasai, supaya segala proses transaksi pembelian barang di restoran menjadi lebih mudah dan cepat.

Sebelum memakai barcode scanner ini, karyawan kasir akan memasukkan penjualan secara manual dengan cara menulis nama maupun kode produk tersebut.

Mengenal Sekilas Tentang Barcode Scanner Kasir dan Cara Kerjanya

Sekilas Tentang Barcodesumber : suara com

barcode scanner kasir ini merupakan kumpulan dari kode – kode untuk huruf dan angka yang terdiri dari kombinasi bar atau garis dengan jarak tertentu. Kombinasi ini menjadi salah satu cara untuk dapat memasukkan data ke dalam komputer.

BACA JUGA : Ini Dia Aplikasi Yang Sudah Menggunakan Bank API Untuk Memudahkan Proses Transaksi

barcode scanner yang digunakan oleh kasir ini tidak memuat data deskriptif dari suatu produk, namun hanya memuat enkripsi dari jumlah digit angkanya saja. Ketika barcode ini di-scan oleh petugas kasir, maka secara otomatis kode tersebut terbaca oleh scanner sebagai deretan angka. Deretan angka ini kemudian dibaca oleh komputer sebagai identitas suatu produk, dan kemudian komputer dapat mengaitkannya ke data lengkap mengenai produk, mulai dari nama, harga, pajak, dan sebagainya.

Nah, dari sinilah alat yang bisa membaca dan juga mengirimkan informasi ke dalam komputer ini dikenal dengan sebutan barcode scanner. Perlu Anda ketahui, barcode scanner kasir terdiri dari decoder, scanner, serta kabel yang menghubungkan decoder dengan komputer.

barcode scanner inilah yang nantinya akan memindai simbol, merubah kode bar dan juga menangkapnya menjadi sebuah data elektrik, kemudian akan dikirimkan ke komputer dengan format data begitu sederhana.

Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Barcode Scanner Kasir

Fungsi dan Kegunaan Scannersumber : urban asia

Biasanya, barcode scanner ini digunakan oleh petugas kasir supaya dapat dengan mudah mengecek harga produk yang akan dibelinya. Petugas akan melakukan scan barcode yang sudah ada pada kemasan produk, lalu hasil scan langsung terhubung ke komputer kasir, lalu muncullah nama produk lengkap dengan harganya.

Dengan hadirnya barcode scanner kasir ini, pekerjaan petugas kasir menjadi lebih mudah dan cepat, bila dibandingkan dengan input produk yang akan dibeli oleh pelanggan secara manual.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi dan juga kegunaan dari barcode scanner untuk usaha bisnis restoran Anda.

Informasi Seputar Produk Cepat dan Akurat

Usaha restoran yang memakai barcode scanner ini dapat memudahkan pekerjaan kasir di restoran lho. Karena memasukkan informasi produk cukup memakan waktu lama apabila dilakukan secara manual.

Sedangkan, dengan menggunakan barcode scanner ini, pekerjaan untuk input data produk bisa diselesaikan dengan cepat. barcode scanner ini hanya memerlukan waktu satu detik saja untuk memberikan informasi seputar produk yang telah diinput ke dalam komputer.

Penggunaan Alat Begitu Mudah

barcode scanner ini mudah digunakan. Orang awam sekalipun ternyata bisa memakainya tanpa harus mengikuti pelatihan.

Pelanggan hanya perlu memakai aplikasi barcode scanner kasir ini tanpa melakukan install. Nantinya dari aplikasi ini, pelanggan bisa langsung memesan menu makanan yang sudah tersedia.

Selain itu juga, proses pembayaran pun akan mudah sekali dilakukan karena sudah dilengkapi dengan metode pembayaran memakai dompet digital, mobile banking dan lainnya.

Biasanya restoran akan memberikan berbagai informasi seputar nama produk makanan, harga, serta pajak dengan ketentuan yang sudah berlaku di dalam mesin komputer.

Proses Menjalankan Bisnis Menjadi Lebih Mudah

Dalam usaha restoran, biasanya pelanggan akan melakukan pembayaran langsung ke kasir. Apabila proses pembayaran lambat, antrian pun dapat menjadi panjang.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan barcode scanner. Petugas kasir akan langsung mengecek harga produk dengan cepat tanpa harus melakukan input secara manual. Hal ini membuat pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk membayar pesanan makanan.

Selain itu juga, tingkat akurasi dari barcode scanner kasir ini sangatlah tinggi, sehingga minim sekali terjadi kesalahan. Hal ini pun bisa mempermudah Anda selaku pemilik usaha restoran dalam menghitung jumlah pemasukan setiap harinya.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan barcode scanner kasir, Anda bisa langsung menggunakan jasa dari ESB Order. ESB Order memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran dan pemesanan hanya melalui smartphone saja, sehingga Anda tidak perlu repot membuat daftar buku menu untuk usaha bisnis Anda.

Leave a Reply