Terlengkap! Pelajari Struktur Organisasi Restoran Yang Memadai - Smartertech

Terlengkap! Pelajari Struktur Organisasi Restoran Yang Memadai

struktur organisasi restoran

Struktur organisasi restoran memang harus dipastikan matang bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha kuliner. Dibutuhkan pertimbangan dan juga prospek yang menjanjikan supaya bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Restoran menjadi salah satu tempat yang menyediakan jasa berupa pelayanan makanan dan minuman tanpa harus Anda berpindah tempat supaya mendatangkan keuntungan atau pun laba.

Perlu Anda ketahui, restoran ini biasanya akan dikelola oleh beberapa karyawan yang memang bekerja dan mempunyai tanggung jawab penuh sesuai dengan jabatan yang diemban oleh masing – masing karyawan.

Untuk mengetahui apa saja struktur organisasi di dalam sebuah restoran ini, Anda bisa menyimak ulasan lengkap di bawah ini.

Inilah Rincian Lengkap Dari Struktur Organisasi Restoran

Struktur Organisasi Restoran

sumber : ligast

Menjalankan operasional di restoran memang harus memerlukan sumber daya manusia dari berbagai bidang. Oleh sebab itulah, struktur organisasi restoran harus memadai.

Struktur organisasi restoran ini selalu memegang peranan yang sangat penting untuk kelancaran usaha di restoran, hal ini pun dikarenakan pembagian tugas dan pekerjaan menjadi lebih efektif dan tidak hanya terpusat dalam satu kendali saja.

Secara sederhana, pengertian dari struktur organisasi ini merupakan suatu rangkaian hubungan yang terjadi antar individu di dalam suatu kelompok.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Restoran Yang Ramai Dikunjungi Di Jakarta

Lalu, struktur tersebut inilah yang nantinya akan ditulis dalam bentuk bagan organisasi, yang akan menggambarkan dengan jelas soal fungsi, tanggung jawab, serta wewenang di dalam kegiatan usaha tersebut.

Selain itu juga, ada manfaat dari hadirnya organisasi di dalam sebuah restoran. Para karyawan akan bisa melihat dengan begitu jelas kedudukan dirinya di dalam organisasi tersebut.

Mampu untuk memberikan informasi yang akurat mengenai siapa saja yang bertanggung jawab penuh dan juga kepada siapa saja yang akan bertanggung jawab.

Ada pula bisa memperlihatkan jalur koordinasi untuk kerjasama antar divisi, serta bisa memperlihatkan fungsi dari masing – masing divisi yang sudah ada.

Sesuai dengan struktur organisasi restoran, ada beberapa jabatan yang mana akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja dari masing – masing divisi.

Berikut ini adalah daftar lengkap jabatan di dalam struktur organisasi restoran serta tugasnya :

Restaurant Manager

Restaurant Manager

sumber : elfaeed com

Jabatan tertinggi dalam struktur organisasi restoran adalah restaurant manager. Untuk posisi satu ini mempunyai tugas dan juga tanggung jawab terhadap devisa yang lainnya.

Hal ini pun bertujuan untuk kelancaran seluruh operasional dari segala bidang yang ada di dalam restoran tersebut.

Assistant Restaurant Manager

Assistant Restaurant Manager

sumber : bettertain

Selanjutnya adalah asisten restaurant manager yang mana memiliki tugas dan juga tanggung jawab untuk bisa membantu pengelolaan restaurant manager di dalam pelaksanaan tugas pekerjaan sehari hari.

Selain itu juga, bisa juga untuk mengawasi berjalannya seluruh operasional yang sudah ada di dalam restaurant.

Head Waiter

Head Waiter

sumber : clr

Struktur organisasi restoran selanjutnya ialah head waiter. Jabatan satu ini adalah karyawan yang memiliki wewenang dan juga jabatan tertinggi di dalam divisi service, atau bisa dikatakan setara juga dengan supervisor, namun posisinya masih berada di bawah manajer outlet.

Untuk tugas utama dari seorang head waiter ini adalah untuk bisa memegang seluruh servis operasional yang sedang berjalan di restoran, adapun tugas dari seorang head waiter secara spesifik adalah :

  • Selalu memeriksa log book dan juga buku reservasi
  • Selalu membuat rencana mengenai tempat yang sesuai dan juga tata letak dari dekorasi supaya tamu merasa nyaman saat berada di dalam restoran
  • Segera memberikan pengetahuan dan juga arahan menu kepada seluruh staf bawahan sebelum restoran dibuka
  • Bertanggung jawab penuh serta selalu mengawasi kelancaran dari alur pelayanan di dalam restoran
  • Segera memeriksa seluruh tugas yang sudah diinstruksikan, seperti absensi hingga jadwal kerja kepada semua bagian
  • Segera membantu waiter dan captain dalam hal pelayanan tamu ketika restoran sedang ramai
  • Sigap dalam menangani situasi yang dianggap cukup darurat
  • Segera menangani semua keluhan dari konsumen terhadap pelayanan yang sudah diberikan oleh restoran

Captain

Captain

sumber : jobdeskkaraoke blogspot

Untuk struktur organisasi restoran yaitu captain memiliki tugas dan juga tanggung jawab dalam hal melayani seluruh tamu yang datang dalam situasi tertentu, seperti dalam penyajian anggur, mengambil buku pesanan para tamu, selain itu adalah :

  • Selalu mengawasi kinerja dari para waiter sesuai dengan SOP yang berlaku
  • Mengawasi kebersihan di dalam dan luar lingkungan restoran
  • Melakukan pengecekan kerapian dari para karyawan
  • Tanggung jawab penuh terhadap seluruh kelengkapan dan juga peralatan
  • Segera membuat program kerja yang berkaitan erat dengan kenaikan omset restoran

Waiter

Waiter

sumber : freepik

Waiter ini adalah seseorang yang bekerja dalam melayani para konsumen yang sudah datang. Selain itu juga, ada beberapa tugas dan juga tanggung jawab seperti halnya :

  • Segera menyiapkan segala hal sebelum restoran ini dibuka
  • Selalu menjaga kebersihan, keamanan dan juga keselamatan kerja
  • Segera mencatat, melayani dan mengantarkan pesanan dari para konsumen
  • Segera mengambil gelas dan piring kotor bekas para tamu restoran

Hostess

Hostess

sumber : istock

Struktur organisasi restoran yang terakhir adalah hostess. Seseorang yang bertugas sebagai penyambut tamu yang datang dan masuk ke dalam restoran. Memberikan ucapan selamat datang, lalu mengajak para tamu untuk bebas memilih meja sebelum memberikan buku menu.

Itulah beberapa struktur organisasi restoran yang sangat lengkap beserta dengan tugas dan juga tanggung jawab dari masing – masing pengemban jabatan.

Leave a Reply