Tips Laris Jual Makanan Online di Marketplace Makanan - Smartertech

Tips Laris Jual Makanan Online di Marketplace Makanan

Marketplace Makanan

Zaman sekarang segala sesuatunya bisa dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital, salah satunya adalah menjual makanan. Tidak perlu lagi yang namanya lahan luas maupun brosur yang disebar dimana-mana. Bagi para pelaku bisnis makanan, marketplace online untuk pesan-antar makanan tentu sudah tidak asing lagi. Tren ini semakin menjamur diiringi dengan peningkatan pengguna marketplace makanan online. Bukan hanya orang dewasa, remaja pun mulai menggemari belanja makanan secara online karena segudang promo yang ditawarkan.

Sebagai pelaku bisnis makanan yang menjual produk secara online, Anda juga perlu menjaga perhitungan stok, mencatat penjualan, sampai mengorganisir pelaporan. Anda bisa menggunakan software ERP ESB Core untuk mempermudah hal demikian. Walau banjir pesanan dari marketplace online, bisnis Anda akan terpantau dengan maksimal. Anda bisa lebih fokus untuk menjadikan merchant Anda banjir pesanan dengan beberapa tips penjualan.

Simak Tips Laris Jual Makanan Online di Marketplace Makanan

BACA JUGA : 7 Tips Sederhana Manajemen Bisnis Kuliner untuk Pemula

1. Manfaatkan Media Sosial Bisnis Anda

Meskipun produk Anda sudah terpampang di marketplace online, Anda tidak boleh melupakan media sosial penjualan Anda. Melalui media sosial usaha kuliner yang  Anda jalani dapat dikenal banyak orang dan banjir orderan.  Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan grup untuk berjualan, grup yang berisi banyak orang akan membuat Anda memasarkan langsung ke banyak orang. Anda bisa memasang link untuk mengarahkan pada marketplace penjualan makanan milik merchant Anda. Sehingga pelanggan bisa langsung memesan tanpa ribet. Tentunya hal ini akan meningkatkan penjualan Anda.

2. Foto Produk Usaha yang Menarik

Tips lainnya adalah membuat foto produk usaha yang menarik dan unik, tampilan foto produk makanan yang menarik akan menjadi salah satu hal yang menunjang usaha Anda lebih baik. Pasalnya, tampilan dalam sebuah produk makanan online adalah hal terpenting. Apabila Anda memiliki budget lebih untuk menyewa jasa profesional untuk memotret produk Anda, maka akan lebih baik. Namun, apabila tak ada Anda bisa memotret sendiri menggunakan beberapa aplikasi editing dan tutorial edit foto yang banyak beredar di Google dan media sosial. Tidak hanya itu, foto produk yang menarik juga membuat bisnis Anda tampak terpercaya dan berkualitas. Hal ini dapat meningkatkan daya saing Anda tentunya!‍

3. Kerjasama Influencer Profesional

Tumbuhnya influencer di era sekarang turut memberikan dampak positif bagi para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Banyaknya pengikut para influencer akan berpengaruh dalam penjualan usaha kuliner. Pilih salah satu influencer yang berpengalaman review makanan, baik di YouTube ataupun Instagram. Nantinya video atau foto yang diunggah bisa Anda jadikan promosi usaha makanan Anda. Mendapatkan review orang terkenal yang berpengalaman di bidangnya, akan menarik perhatian pelanggan baru. Anda juga bisa bekerjasama dalam bentuk kode promo yang dimiliki masing-masing influencer, hal ini dapat memancing pembeli dengan tawaran promo apabila menggunakan kode tersebut. Menarik dan efektif bukan?

4. Sering Adakan Promo

Tidak hanya kode promo yang ditawarkan oleh kerjasama Influencer, Anda juga dapat mengikuti berbagai program promo yang diadakan oleh marketplace makanan. Cara jualan makanan dengan sering mengikuti program promo dinilai sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Program ini biasanya diadakan berlaku dengan beberapa syarat, Anda bisa memberi promo atau diskon untuk ongkos kirim di event khusus. Meski mengikuti program promo, pastikan Anda tidak rugi dengan program ini. Pasalnya, feedback dengan sering mengikuti program promo ini usaha kuliner Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

5. Mengikuti Bazar Online

Saat ini banyak hal bisa dilakukan serba online, salah satunya berjualan makanan yang biasanya diadakan layanan pesan antar makanan atau event khusus marketplace. Menariknya, usaha makanan Anda akan makin dikenal di berbagai kalangan, ditambah lagi dengan potongan harga yang menarik. Bazar online ini umumnya diadakan di hari-hari penting seperti kemerdekaan, tahun baru, atau ulang tahun kota, dll. Ini merupakan kesempatan yang bisa Anda jadikan peluang untuk Anda kebanjiran orderan, lho. Jangan lupa pasang promo yang unik, dijamin pasti dilirik pelanggan.  

Kelima tips tersebut dapat Anda terapkan sebagai pelaku bisnis makanan di marketplace. Tetap dapat mengontrol pesanan yang banyak dari marketplace online tanpa merusak manajemen dan operasional bisnis Anda dengan ESB. Pemilihan strategi yang tepat didukung dengan manajemen dan operasional bisnis yang efektif akan memudahkan Anda dalam mewujudkan tujuan bisnis Anda. 

1 Comment
Leave a Reply