Tips Memilih Software Kasir Cafe Bagi Pemula - Smartertech

Tips Memilih Software Kasir Cafe Bagi Pemula

Software Kasir Cafe

Mencari software kasir cafe terbaik memang terbilang cukup rumit. Apalagi jika kamu masih pemula tentunya harus dipikirkan matang-matang sebelum memilih software kasir yang tepat. Pada dasarnya usaha cafe tidak jauh berbeda dengan restoran lainnya. Hal itu membuat penggunaan software kasir sangat fleksibel untuk berbagai usaha F&B hingga retail lainnya.

Untuk mengetahui apa saja tips memilih software kasir bagi para cafe pemula, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Bisnis Online Paling Cuan Untuk Usaha Di Masa Pandemi

1.     Fitur yang Beraneka Ragam

Pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih software kasir cafe adalah memiliki banyak fitur. Salah satu keunggulan utama software kasir adalah fiturnya yang sangat membantu dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, aktivitas dalam membuat laporan, memantau kinerja karyawan, hingga sistem transaksi menjadi lebih mudah.

Salah satu contoh yang bisa kita gunakan yaitu aplikasi kasir ESB POS. Di dalamnya mempunyai banyak fitur penting untuk bisnis kuliner, selain itu juga aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem ERP yang sangat lengkap untuk memonitor segala hal pada restoran. Hal tersebut sangat membantu para pengusaha kuliner agar semua sistem operasionalnya bisa berjalan efektif, cepat, dan berkualitas baik.

2.     Mudah digunakan

Tips selanjutnya saat memilih software kasir cafe adalah mudah dipakai. Secanggih apapun software kasir yang dipakai akan sia-sia jika penggunanya tidak bisa memahami cara kerjanya. Maka dari itu, pastikan dulu software tersebut memang bisa digunakan oleh kamu sebagai pemilik maupun para karyawan nanti.

Tidak hanya mudah digunakan secara operasional, tampilan antar muka software kasir juga patut diperhitungkan. Akan lebih baik jika kamu memilih desain sederhana. Selain mudah digunakan, secara estetika juga nyaman di mata saat melihat tampilan antar muka software kasir.

3.     Sinkronisasi secara Offline

Software kasir cafe saat ini sangat banyak terintegrasi dengan sistem cloud. Hal itu membuat semua aktivitas bisnis harus terhubung dengan internet. Di satu sisi hal ini memang sangat menguntungkan karena data dipastikan lebih aman dan kamu sebagai pemilik cafe dapat melihatnya dari jarak-jauh. akan tetapi, pertimbangkan jika ada software kasir yang bisa dilakukan secara offline.

Seperti yang diketahui bahwa jaringan internet tidak selamanya mulus. Terkadang ada saja masalah seperti hilang sinyal, jaringan terputus, dan masalah lainnya. Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya masalah jaringan, carilah software kasir yang bisa berjalan secara offline. Dengan begitu, pengoperasiannya akan jauh lebih fleksibel dibandingkan hanya bergantung pada sistem online.

4.     Dapat dicoba terlebih dulu

Pertimbangan lainnya adalah cari software kasir yang bisa kita gunakan lebih dulu atau sistem trial. Cara ini lebih mudah untuk menentukan apakah software kasir tersebut cocok dengan usaha kita atau tidak. Hal ini juga menghindarkan kamu dari kerugian karena sudah terlanjur berlangganan.

Secara umum, durasi trial yang diberikan bisa bermacam-macam. Ada yang seminggu, dua minggu, atau bahkan satu bulan. Setelah dirasa software kasir cafe ini cocok dengan bisnis kamu, maka bisa lanjut ke langganan.

5.     Harga yang ditawarkan

Saat memilih software kasir cafe adalah harga berlanggananya. Untuk kamu yang masih pemula dan memiliki anggaran tipis, jangan memaksakan berlangganan software yang tidak terjangkau. Sebab, masih ada biaya lain yang harus kamu pertimbangkan untuk segera dibayar.

Pada poin ini, sebaiknya pilihlah harga yang terjangkau dan memiliki fitur yang kamu anggap penting. Seiring dengan waktu ketika usahanya sudah maju, kamu bisa pertimbangkan untuk menambah fitur tambahan.

Demikian tips memilih software kasir cafe bagi pemula. Perlu kamu ketahui bahwa setiap software kasir memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Carilah software kasir sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu membutuhkan software kasir yang terbaik untuk bisnis cafe dan kuliner lainnya, ESB POS bisa menjadi pertimbangan. Teknologi yang digunakan khusus dibuat untuk para pengusaha F&B, termasuk cafe. Untuk informasi yang lebih jelas, silahkan kunjungi website resminya, ya!

Leave a Reply