Tips Meningkatkan Omzet Dengan Games Restoran - Smartertech

Tips Meningkatkan Omzet Dengan Games Restoran

Game Restoran

Games Restoran adalah solusi untuk meningkatkan omzet. Seperti yang kita ketahui di masa pandemi Covid-19 bisnis restoran menjadi salah satu sektor yang terkena imbasnya. Kini perlahan tapi pasti bisnis restoran mulai bangkit dengan tentunya menerapkan new normal di restoran. Mulai dari cara pemesanan yang contactless, hingga layanan online delivery. Para pebisnis restoran pun berlomba untuk terus berinovasi agar bisnis mereka bisa bertahan dan bisa meningkatkan omzet restoran di ketatnya persaingan.

Mungkin kamu juga bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan omzet restoran di tahun yang berat ini. Salah satu cara jitunya yaitu dengan efisiensi biaya dan teknik gamifikasi (games restoran). Dengan teknik gamifikasi pelanggan yang datang akan merasakan sensasi yang berbeda, dan ini akan membuat mereka untuk datang kembali ke restoran kamu.

Games restoran akan membuat retensi pelanggan lebih banyak, bahkan bisa mencapai 35% – 50%. Ini berarti kamu akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk beriklan dan mencoba mendapatkan pelanggan baru, ataupun tamu yang sudah mengenal dan menyukai restoran milikmu. Pelanggan bahkan akan menghabiskan lebih banyak uang selama setiap kunjungan.

BACA JUGA : Tujuan Manajemen Rantai Pasokan Bahan Baku Untuk Atur Bisnis F&B

Games restoran memungkinkan para pelanggan memperoleh hadiah yang lebih baik. Terlebih, semakin sering mereka berpartisipasi dalam games di restoran kamu, maka akan menciptakan cara yang menarik, menyenangkan, dan kompetitif bagi restoran untuk membangun loyalitas dan keterlibatan pelanggan.

Apa Itu Gamifikasi?

Gamifikasi melibatkan aktivitas sehari-hari, yang biasanya hanya  mengunjungi restoran menjadi permainan. Seperti games lain pada umumnya, peserta akan mendapatkan hadiah setelah menyelesaikan berbagai aktivitas yang ditentukan.

Mulai dari poin, lencana, tingkatkan level, hingga status VIP, gamifikasi menerapkan semua jenis hadiah berbasis permainan ini ke lingkungan non-permainan untuk memberi penghargaan kepada orang-orang yang berpartisipasi. Idenya adalah bahwa untuk mengubah sesuatu yang biasa seperti menikmati makanan menjadi aktivitas yang menarik, menyenangkan, dan saling menguntungkan bagi semua orang yang terlibat.

Jadi, bagaimana cara kerja gamifikasi di restoran? Ada dua cara utama yang dapat diterapkan dalam program loyalitas restoran, yaitu:

1. Hadiah untuk Jumlah Pembelian

Contoh paling sederhana dari gamifikasi adalah kartu stempel atau kartu hadiah digital. Misalnya, ketika pelanggan membeli kopi, maka mereka akan mendapatkan stempel. Jika pembelian berulang beberapa kali, maka mereka bisa mendapatkan kopi gratis pada pembelian ke-10, dan sebagainya. 

Teknik ini mungkin dapat bekerja dengan baik karena pelanggan benar-benar menginginkan kopi, jadi mereka terus datang kembali untuk itu. Lalu ketika mereka mendapatkan kopi gratis, itu akan membuat mereka merasa senang (dan terhubung dengan restoran). Dengan memberi penghargaan kepada pelanggan berdasarkan apa yang penting bagi mereka, maka kamu akan menghasilkan lebih banyak transaksi.

2. Hadiah untuk Jumlah Poin

Kamu dapat meningkatkan hadiah gamifikasi misalnya dengan membuat sistem poin untuk program loyalitas restoran. Salah satu cara untuk melakukan ini dan untuk membuatnya tetap sederhana, misalnya adalah dengan menghasilkan 10 poin pada gamifikasi mobile, maka akan setara dengan nilai Rp10.000 sebagai hadiah. Setelah tamu mendapatkan poin yang ditentukan pada game mobile sebagai gamifikasi, maka mereka dapat menukarkan poin tersebut untuk potongan harga makanan. Ini akan memotivasi mereka untuk mencapai level poin lebih cepat dengan membelanjakan lebih banyak di restoran.

Manfaat Gamifikasi untuk Restoran

Apa pun games restoran yang kamu pilih, pelanggan pasti akan senang dan puas. Selain itu kamu juga dapat membangun kesadaran merek (brand awareness) restoranmu dengan mudah tanpa biaya yang besar. Tak hanya itu loyalitas pelanggan akan senantiasa bertambah. Pelanggan akan dengan senang hati membelanjakan uang hasil jerih payah mereka, jika kamu selalu berkomitmen untuk menunjukkan apa untungnya bagi mereka ketika mereka memilih restoranmu.

TouchBistro bahkan mengatakan bahwa hampir 70% pelanggan akan melakukan pembelian berdasarkan dengan apakah restoran atau bisnis tersebut menawarkan program hadiah atau tidak. Inilah yang menggarisbawahi betapa pentingnya games restoran untuk membangun loyalitas. Jadi, tunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu senang memberi mereka hadiah karena mengunjungi restoran.

Games restoran di Indonesia sendiri sudah banyak yang menerapkan. Contohnya seperti Boga Group dan Ismaya Group yang berhasil membuat para pelanggan mereka datang kembali ke restoran berkat games kompetisi Tul Pan Tul yang diselenggarakan oleh Esensi Solusi Buana (ESB). Jika kamu ingin meningkatkan omzet dengan games restoran, restoran kamu bisa mengikuti games kompetisi Tul Pan Tul di tahun 2022 ini. Games kompetisi Tul Pan Tul sendiri bisa dimainkan atau dioperasionalkan melalui mobile gadget dan tanpa instalasi aplikasi. Selain pelanggan akan senang dengan berbagai hadiah dengan total ratusan juta rupiah yang disediakan oleh penyelenggara (ESB), restoranmu dipastikan bisa kebanjiran pelanggan dan omzet restoran akan meroket!

Leave a Reply