Tren Bisnis UMKM Paling Menguntungkan di 2022 - Smartertech

Tren Bisnis UMKM Paling Menguntungkan di 2022

Bisnis UMKM

Tren Bisnis UMKM dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan. Perubahan tren tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan bagi para pelaku bisnis. 

Beberapa dampak yang dihasilkan adalah bisnis UMKM harus menyesuaikan dengan tren yang berkembang untuk tetap bisa bertahan agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitornya.

Jika Anda sudah memiliki bisnis atau baru akan menjalankan bisnis di tahun 2022, berikut ini tren bisnis paling menguntungkan yang bisa Anda coba.   

1. Pembuatan Website

Masifnya penggunaan internet dari tahun ke tahun membuat para pebisnis mulai menyentuh ranah online, salah satunya dengan membuat website untuk bisnis yang dijalankan.

Dengan membuat website, kredibilitas bisnis akan mengalami peningkatan. Selain itu, para pembeli atau klien juga akan lebih mudah ketika ingin melakukan pemesanan.

Jasa pembuatan website ini akan terus dicari. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keahlian di bidang tersebut, jadikan jasa pembuatan website sebagai bisnis Anda di tahun 2022. 

BACA JUGA : 5 Contoh Inovasi Teknologi yang Membantu Operasional Bisnis UMKM Anda

2. Desain Grafis 

Sama halnya dengan jasa pembuatan website, jasa desain grafis adalah tren bisnis yang bisa Anda pilih di tahun 2022, karena keberadaannya akan selalu dicari.

Jasa desain grafis akan selalu dicari karena dunia bisnis memang membutuhkan jasa tersebut untuk berbagai macam kebutuhan, seperti kebutuhan promosi dan juga media sosial.

Pasar dari jasa desain grafis juga sangat luas, karena desain grafis terdiri dari beberapa jenis, di antaranya desain grafis visual identity, user interface, pemasaran, hingga kemasan.  

3. Toko Online

Tren bisnis selanjutnya yang paling menguntungkan di tahun 2022 untuk UMKM adalah toko online. Toko online tidak hanya menguntungkan di tahun 2022 saja, karena di tahun-tahun sebelumnya, tren tersebut juga sudah memberikan keuntungan. 

Saat ini untuk memulai bisnis toko online bisa dilakukan dengan mudah di mana Anda bisa memanfaatkan marketplace, media sosial, atau membuat toko online sendiri untuk menjual produk.

Ada banyak produk yang bisa dijual di toko online, mulai dari pakaian, alat elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Beberapa produk yang disebutkan kerap dicari oleh para pembeli, jadi Anda tidak perlu khawatir produk tidak akan laku.   

4. Kuliner

Bisnis kuliner adalah tren bisnis yang tidak akan pernah mati dan kecenderungannya untuk laku sangat besar sekali karena makanan merupakan kebutuhan setiap manusia.

Bisnis kuliner akan semakin memberikan keuntungan kepada pelakunya ketika bisnis tersebut diberikan sentuhan teknologi, contoh teknologi yang bisa disematkan pada bisnis kuliner adalah dengan menggunakan aplikasi kasir. 

Aplikasi kasir bisa memajukan bisnis kuliner karena aplikasi tersebut memiliki fitur mumpuni, seperti manajemen stok, pencatatan laporan keuangan, hingga analisa bisnis.

Terkait aplikasi kasir ini, Anda harus memilihnya secara selektif. Apabila bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, aplikasi kasir yang harus Anda gunakan adalah ESB.

ESB merupakan aplikasi kasir yang mendukung bisnis UMKM di sektor kuliner dengan beberapa fitur mumpuninya, seperti mendukung pembayaran tunai maupun non tunai, scan QR untuk memesan, hingga manajemen reservasi meja.

Leave a Reply