Tujuan Manajemen Rantai Pasokan Bahan Baku Untuk Atur Bisnis F&B - Smartertech

Tujuan Manajemen Rantai Pasokan Bahan Baku Untuk Atur Bisnis F&B

Tujuan Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen rantai pasokan atau bisa juga disebut supply chain management adalah salah satu bagian penting dalam bisnis. Bahkan secara khusus bisa dikatakan sangat vital pada bidang F&B. Maka dari itu, manajemen yang baik bisa membuat bisnis operasional menjadi lebih efektif, mudah, dan juga efisien.

Perusahaan-perusahaan makanan dan minuman kelas atas bisa dipastikan memiliki divisi yang khusus dalam manajemen rantai pasokan. Hal tersebut membuktikan bahwa peran manajemen rantai asokan sangat berarti pada perkembangan bisnisnya. Meskipun begitu, perusahaan F&B yang masih kecil juga jangan mengabaikan manajemen rantai pasokan karena manfaatnya sangat terasa ketika proses bisnis berlangsung.

Tujuan Manajemen Rantai Pasokan

Adanya manajemen rantai pasokan tentunya memiliki tujuan sehingga target perusahaan bisa tercapai. Beberapa tujuan manajemen rantai pasokan bahan baku untuk atur bisnis F&B di antaranya sebagai berikut.

BACA JUGA : Bisnis F&B Makin Praktis, Gunakan Aplikasi Menu Restoran!

1.     Dapat Membantu Pembuatan Rencana Bisnis yang Lebih Efektif

Tujuan manajemen rantai pasokan yang pertama adalah bisa membantu perusahaan dalam rencana bisnisnya. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam sebuah bisnis harus direncanakan biaya-biaya operasional seefektif mungkin. Dengan adanya manajemen rantai pasokan, maka perusahaan bisa mengetahui berbagai rencana dan memilih mana yang bisa menguntungkan.

Adanya manajemen rantai pasokan juga dapat berlaku ketika menerapkan sebuah strategi bisnis. Tentunya semua rencana itu dibuat agar bisa mendapatkan hasil maksimal dan dapat digunakan pada jangka panjang.

2.      Dapat Mencari Bahan Baku Terbaik yang Lebih Mudah

Di dalam bisnis F&B, mendapatkan bahan baku terbaik adalah sebuah keharusan. Di sinilah tujuan manajemen rantai pasokan dibuat. Dengan begitu, kualitas bahan baku yang didapat akan sangat baik dengan harga yang terbaik juga.

Memiliki manajemen rantai pasokan bisa mencari supplier dan dapat dibandingkan satu sama lain. Hal ini tentunya sangat menguntungkan kamu yang mempunyai usaha F&B. Selain itu, manajemen rantai pasokan juga bisa menguntungkan supplier sehingga bisa menjalin kerja sama.

3.      Pengaturan Kegiatan Logistik Jauh Lebih Mudah

Saat melakukan pengaturan kegiatan logistik, hal itu bisa lebih mudah dilakukan saat menggunakan manajemen rantai pasokan. Kegiatan logistik yang sering dilakukan antara lain mulai dari pengiriman bahan baku, kegiatan operasional menyangkut ruang bisnis F&B hingga pengiriman pada pelanggan.

Kamu bisa menggunakan jasa pengiriman dari pihak lain atau bisa juga dari supplier itu sendiri. Secara umum, perusahaan F&B pada tingkat menengah dan atas sudah mempunyai sistem pengiriman sendiri. Meskipun begitu, kamu tetap mempersiapkan kendaraan dengan spesifikasi khusus untuk bisnis F&B untuk menjaga kualitasnya.

4.      Kegiatan Operasional Bisnis Jauh Lebih Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Tujuan manajemen rantai pasokan bisa memudahkan kegiatan operasional bisnis. Apalagi tujuan utama suatu operasional adalah tetap fokus pada produktivitas hingga lebih efisien.

Dengan kegiatan operasional yang lebih efisien, maka pemakaian bahan baku bisa digunakan secara maksimal dan berpengaruh stok menu yang tersedia. Dalam jangka panjang, keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dibandingkan tanpa memakai manajemen rantai pasokan.

5.      Dapat Meningkatkan dan Mempermudah Pelayanan

Terakhir, tujuan manajemen rantai pasokan ini bisa membantu meningkatkan pemilik bisnis F&B. Bahkan, manajemen ini juga mempermudah pengusaha dalam mendapatkan masukan dari pelayanan yang sudah dilakukan. Biar bagaimanapun, kritik dan saran dari para konsumen sangat penting dalam meningkatkan produk dan juga pelayanan perusahaan tersebut.

Kamu bisa meminta para konsumen tersebut sebagai sumber datanya. Nantinya data tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan pengusaha dalam mengambil keputusan. Bisa itu penetapan menu baru, peningkatan kualitas pelayanan, ekspansi usaha dan masih banyak lagi.

Demikian tujuan manajemen rantai pasokan bahan Baku untuk Atur Bisnis F&B. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa adanya manajemen rantai pasokan sangat penting dalam bisnis makanan dan minuman. Agar sistemnya lebih mudah, sekarang sudah ada teknologi restoran yang bisa membantu mengurus stok inventori pada bisnis F&B, lho.

Salah satu teknologi restoran yang terbaik dan bisa kamu gunakan adalah ESB POS yang merupakan bagian dari Esensi Solusi Buana (ESB). ESB POS sebagai sistem kasir hybrid tak hanya bisa mengotomasi pencatatan transaksi di restoran, ataupun memberikan laporan lengkap keuangan bisnis restoran. ditambah ada layanan dari ESB Core dari ESB juga, kamu dapat memantau kondisi pasokan bahan baku secara real time dan akurat. ESB Core juga bisa membantu kamu untuk memesan kembali bahan baku yang kosong ke supplier yang sudah bekerja sama dengan restomu. Dengan menggunakan teknologi dari ESB, maka bisnis F&B yang kamu miliki bisa terlihat modern, mudah, cepat, dan efisien.

Leave a Reply