Turunkan Kolesterol Secara Alami? Konsumsi 7 Makanan Penurun Kolesterol Berikut Ini! - Smartertech

Turunkan Kolesterol Secara Alami? Konsumsi 7 Makanan Penurun Kolesterol Berikut Ini!

Makanan Penurun Kolesterol

Sebagai pemilik tubuh obesitas, makanan penurun kolesterol sangat dibutuhkan agar tubuh menjadi ideal. Gaya hidup yang salah seperti kurang olahraga, konsumsi makanan berlemak, dan kurangnya asupan makanan berserat, menjadikan kadar kolesterol tubuh menjadi tinggi. 

Pada dasarnya, kolesterol terbagi dua macam yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kadar kolesterol baik atau High density lipoprotein (HDL) yang tinggi mengurangi resiko penyakit jantung. Sementara kolesterol jahat berupa Low density lipoprotein (LDL) yang berlebih akan berdampak pada penyumbatan peredaran darah.

BACA JUGA : 7 Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil Potensi Untung Besar

Kolesterol jahat yang berlebih inipun akan menimbulkan penyakit seperti jantung koroner ataupun stroke. Tentu kamu tidak ingin menderita penyakit kronis tersebut di usia yang masih muda bukan? Salah satu cara untuk mencegahnya adalah kamu harus mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Adapun beberapa makanan penurun kolesterol yang dapat kamu konsumsi adalah sebagai berikut ini.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, polifenol dan fitosterol yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tubuhmu. 

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat sangat efektif untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah.Selain befungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, alpukat juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badanmu. 

2. Sayuran 

Sudah menjadi rahasia umum, kandungan antioksidan dan serat pada sayuran hijau sangat tinggi. Antioksidan pada sayuran dapat mengikat asam empedu sehingga dapat mencegah terbentuknya kolesterol dalam darah.

Bayam, kangkung, timun, dan tomat adalah sayuran penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Selain itu, sayuran juga baik untuk kesehatan mata dan pencernaan. Hal tersebut karena sayuran hijau dapat menjaga keadaan bakteri baik pada usus.

3. Ikan Salmon & Tuna

Ikan Salmon dan tuna mengandung asam lemak Omega 3 yang baik. Tingginya asam lemak inipun mengurangi resiko terkena penyakit dan gangguan jantung. Selain itu, kedua ikan inipun juga baik untuk memperlancar aliran darahmu.

Namun jangan salah dalam mengolah ikan salmon dan tuna ini. Sebaiknya memasak kedua ikan ini dengan mengukus atau memanggangnya, hindari menggoreng ikan tersebut karena akan merusak kandungan gizinya.

4.Gandum Utuh

Gandum utuh atau disebut juga dengan oatmeal ternyata juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan beta-glukan dalam gandum utuh dapat mengikat lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat tinja.

Jadikan oatmeal sebagai menu sarapan harianmu agar kolesterol dalam tubuh dapat menurun secara efektif. Rutin mengkonsumsi gandum utuh juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Apel

Apel adalah buah selanjutnya yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Zat pektin yang terkandung pada buah apel sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Seperti halnya gandum, alpukat pun juga mengikat lemak dan kolesterol dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk tinja.

Kandungan antioksidan pada apel juga menghindari terbentuknya plak pada arteri yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

6. Buah Beri

Berbagai macam buah beri seperti stroberi, bluberi, dan raspberi memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Kandungan polifenol sebagai antioksidan yang tinggi inipun mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, buah beri juga dapat menurunkan kadar gula darah daalam tubuh. Sehingga menurunkan resiko penyakit diabetes melitus (DM). Kamu juga harus menghindari penambahan gula yang berlebih apabila mengkonsumsi buah ini.

7. Kacang-kacangan

Rekomendasi makanan penurun kolesterol terakhir adalah kacang-kacangan. Mulai dari kacang kenari, kacang keledai, dan kacang almon. Pada kacang kedelai terkandung isoflavon, protein, dan serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Sementara pada kacang kenari mengandung asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan mencegah peradangan pembuluh darah. Kacang almon juga dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 15% dalam tubuh.

Itulah tujuh makanan penurun kolesterol alami yang juga mengandung bermacam manfaat lainnya untuk tubuh. Makanan di atas bisa mendatangkan manfaat yang optimal jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat serta memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Sehingga kadar kolesterol di tubuhmu dapat terpantau dengan baik, dan kamu bisa terhindar dari penyakit mematikan.

Leave a Reply