UMKM Kuliner Makin Naik Kelas dengan Aplikasi Kasir Android - Smartertech

UMKM Kuliner Makin Naik Kelas dengan Aplikasi Kasir Android

Aplikasi Kasir Android

UMKM kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah lekang ditelan zaman. Hal itu bisa kita lihat bahwa beberapa pengusaha kuliner yang terkenal di berbagai daerah sudah ada sejak puluhan tahun. Seiring dengan perkembangan zaman, usaha kuliner saat ini  dapat terbantu dengan adanya aplikasi kasir Android.

Seperti yang diketahui bahwa kunci sukses dalam memajukan UMKM kuliner adalah kualitas makanan dan juga pelayanan yang sangat memuaskan. Oleh sebab itu, penggunaan aplikasi kasir bisa menaikan kelas pengusaha makanan.

BACA JUGA : 8 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan di Tahun 2022

Keunggulan Aplikasi Kasir Android

Beberapa keunggulan aplikasi kasir Android pada kemajuan UMKM kuliner adalah sebagai berikut:

1. Dapat Mempercepat Pelayanan dan Juga Memudahkan Para Staf

Aplikasi Kasir Android Dapat Mempercepat Pelayanan dan Juga Memudahkan Para StafSumber : freepik.com

Dapat memberikan pelayanan cepat dan tepat pada pelanggan adalah sebuah nilai penting dari setiap usaha kuliner. Pada sebuah aplikasi kasir Android terdapat keunggulan seperti mempercepat pencatatan transaksi, perhitungan total transaksi, hingga menerima berbagai metode pembayaran dari konsumen. Dengan begitu, para konsumen tidak perlu mengantri lama hanya untuk memesan dan membayar makanan.

Aplikasi kasir seperti ESB dapat menghubungkan pelayan ke bagian dapur sehingga menu yang dipesan konsumen bisa langsung diproses. Konsep Restoran Pintar yang diberikan ESB menjadikan operasional bisnis kuliner untuk UMKM menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Aplikasi Kasir Berfungsi Sebagai Pengendali Kas

Aplikasi KasirSumber : freepik.com

Keuntungan lainnya dengan memakai aplikasi kasir Android adalah dapat mencatat semua rincian penjualan hanya dalam satu hari. Bahkan, aplikasi ini dapat menunjukan barang mana saja yang sudah terjual dan sisa barang yang masih ada di gudang.

Nantinya, semua angka penjualan secara otomatis akan dijumlahkan dalam satu hari saja. Dengan begitu, pengusaha kuliner bisa mengetahui berapa pendapatannya di hari tersebut. Tidak hanya penjumlahan dalam satu hari, aplikasi kasir juga bisa menghitung penjualan dalam satu minggu, bahkan satu bulan hanya dalam satu kali perhitungan.

3. Sistem Keamanan yang Lebih Tinggi

Aplikasi Kasir Android Sumber : freepik.com

Aplikasi kasir Android juga mempunyai sistem keamanan yang lebih tinggi dibandingkan versi manual. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada salah satu karyawan mencoba berbuat curang. Sebab, sistem keuangan pada aplikasi kasir akan dicatat secara detail.

Bahkan, aplikasi ini juga dapat memberikan catatan yang berhubungan dengan jumlah barang dan uang diterima. Dengan begitu, risiko selisih antara penjualan barang dengan uang yang diterima akan jarang sekali terjadi.

4. Aplikasi Kasir Memiliki Fitur Analisis Bisnis

Aplikasi KasirSumber : freepik.com

Pada berbagai aplikasi kasir Android terbaik, biasanya memiliki fitur analisis bisnis. Keunggulan fitur tersebut adalah memberikan kemudahan pada pengusaha dalam operasional perusahaan. Contohnya, ketika stok barang menipis, maka secara otomatis aplikasi ini akan memberikan peringatan agar segera mengisi kembali barang yang kosong.

Kemudahan tersebut tentunya lebih efisien dan menghemat waktu karena stok barang bisa terlihat dengan mudah tanpa harus mengeceknya secara manual.

5. Dapat Mengurangi Kesalahan Manusia

Aplikasi KasirSumber : freepik.com

Aplikasi kasir Android dapat mengurangi tingkat kesalahan manusia. Aplikasi ini sudah diprogram untuk mencatat semua barang terjual dan uang masuk sehingga minim terjadi salah hitung.

Jika kamu menggunakan sistem transaksi manual, maka bisa jadi ada kesalahan input dan itu bisa berakibat fatal pada kelangsungan usaha. Di sinilah aplikasi kasir dapat membantu mengurangi kesalahan saat transaksi penjualan dan menghindari usaha kuliner dari kerugian yang menyebabkan kebangkrutan.

6. Pilihan Sistem Pembayaran yang Lebih Banyak

Aplikasi Kasir AndroidSumber : freepik.com

Sistem pembayaran saat ini jauh lebih beragam dibandingkan zaman dahulu. Aplikasi kasir Android juga mendukung sistem pembayaran yang lebih banyak, mulai dari uang tunai, kartu kredit/debit, hingga pembayaran digital seperti QRIS. Hal tersebut tentunya semakin memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa penggunaan aplikasi kasir dapat menaikkan kelas UMKM kuliner menjadi lebih modern. Jika kamu membutuhkan aplikasi kasir untuk usaha kuliner, percayakanlah pada ESB POSLite. Aplikasi ini didesain khusus untuk para pelaku bisnis UMKM kuliner, dan dapat memberikan segala kemudahan dalam berbisnis. Keunggulan utama dari ESB POSLite adalah sudah terintegrasi, cerdas, dan bisa membuatmu lebih efisien dalam menjalankan usaha kuliner. 

Itulah penjelasan singkat terkait Aplikasi Kasir Android untuk menaikkan kelas UMKM kuliner. Semoga bermanfaat bagi bisnismu!

Leave a Reply