Upaya Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Dalam Program G20 2022 - Smartertech

Upaya Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Dalam Program G20 2022

Digitalisasi UMKM

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 3 tahun, dan banyak sekali mempengaruhi kehidupan kita semua. Salah satu sektor yang paling terpengaruh dari pandemi tersebut adalah UMKM. Hal ini disebabkan karena perkembangan UMKM terpengaruh oleh transaksi-transaksi per harinya. Lalu apakah digitalisasi UMKM akan membuat UMKM bisa lebih bertahan?

Dengan adanya pandemi pastinya setiap orang akan berhati-hati ketika ingin membeli sesuatu, kebanyakan dari mereka akan membeli online atau tanpa kontak (contactless). Maka dari itu UMKM mengalami dampak seperti turunnya omzet sehingga banyak bisnis yang memilih untuk melakukan pemotongan karyawan, atau bahkan sampai gulung tikar.

Tapi sebenarnya pemerintah sendiri sudah melakukan beberapa upaya untuk mendorong digitalisasi UMKM pada tahun 2022 dari program G20 seperti berikut ini:

  1. Edukasi mengenai manajemen keuangan terhadap pemilik UMKM.
  2. Memberikan angsuran dengan bunga rendah.
  3. Adanya suntikan dana untuk bantuan pada UMKM yang aktif.
  4. Memberikan kesempatan pada UMKM untuk bisa terjun ke pasar internasional.

Dukungan dari pemerintah dalam menyukseskan digitalisasi UMKM itulah yang sangat diperlukan untuk membangun kembali ekonomi di Indonesia di tahun 2022 dan tahun-tahun mendatang.

Apa sebenarnya digitalisasi UMKM itu?

Digitalisasi UMKMSumber : www.bi.go.id

Ini adalah perubahan sistem UMKM dari konvensional menjadi digital dengan harapan bisnis UMKM menjadi lebih efisien dan juga mudah dikelola. Salah satu yang dapat digunakan untuk digitalisasi UMKM adalah ESB Order.

ESB Order adalah sebuah sistem terkomputerisasi untuk mempermudah proses pemesanan dan juga manajemen operasional UMKM kamu menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan sistem ini kegiatan UMKM kamu akan lebih teratur, efisien dan akurat.

Lalu apa saja manfaat digitalisasi UMKM?

Digitalisasi UMKMSumber : www.esb.id

1. Memenuhi Gaya Hidup yang Telah Berubah

Pelanggan tidak lagi datang ke tempat UMKM untuk melakukan transaksi. Dengan adanya digitalisasi, pelanggan bisa memesan tanpa perlu melakukan kontak dengan orang lain.

Adanya digitalisasi UMKM juga menguntungkan bagi pihak customer, mereka dimudahkan dalam memesan makanan atau produk yang dijual UMKM tanpa adanya risiko terpapar virus karena dapat mengurangi kontak dengan membayar secara non tunai seperti e-wallet (OVO, GoPay, QRIS, ShopeePay, dll).

2. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

UMKM konvensional memiliki jangkauan pelanggan yang cukup kecil, biasanya hanya di sekitar tempat usaha. Dengan adanya digitalisasi sebuah UMKM dapat dipasarkan menggunakan media sosial, atau juga online food service yang bisa menjangkau pasar yang lebih jauh.

3. Meningkatkan Pendapatan

Jika semua usaha digitalisasi UMKM ini dijalankan dengan baik, UMKM akan menjadi lebih optimal, transaksi akan meningkat, dan pada akhirnya meningkatkan omzet dan keuntungan.

Itu adalah beberapa manfaat utama dari digitalisasi. Jika kamu masih menggunakan sistem konvensional, lebih baik langsung ubah sekarang!

Caranya mudah kok, kamu sebagai pemilik UMKM bisa langsung menggunakan sistem ESB Order dengan menghubungi website resmi ESB. Dengan ESB Order kamu bisa mengelola UMKM konvensional menjadi digital. Semua hal dari mengurus operasional, stok produk, karyawan, hingga laporan keuangan.

Leave a Reply