Usaha Minim Modal Yang Cocok Untuk Generasi Milenial - Smartertech

Usaha Minim Modal Yang Cocok Untuk Generasi Milenial

Usaha Minim Modal

Jika berkaca pada puluhan tahun yang lalu, membuka usaha minim modal menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang memulai usaha dengan modal yang minim. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil sukses dengan bisnisnya.

Pada era globalisasi yang lebih banyak menggunakan teknologi saat ini membuat banyak hal menjadi sangat mudah. Salah satunya ada dalam membuka usaha dengan sedikit modal. Hal itu juga sangat cocok untuk kamu yang merupakan generasi milenial dalam memulai bisnis minim modal.

Untuk kamu yang tengah bingung harus memulai usaha apa dengan minim modal, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Katering

Katering adalah usaha minim modal pertama yang cocok untuk generasi milenial. Untuk bisnis katering ini, kamu bisa mulai hanya dengan modal yang sedikit. Sebab, bahan-bahannya bisa didapatkan dari pasar dengan harga miring. Apalagi kondisi pandemi yang terjadi saat ini membuat jenis katering tidak hanya untuk perayaan tertentu, tetapi bisa menjual katering makanan sehat hingga katering khusus diet.

Agar pengaturan katering yang lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi kasir online seperti POS Lite by ESB. Aplikasi kasir seperti POS Lite by ESB sangat cocok untuk pemilik bisnis restoran, katering, dan UMKM kuliner lainnya agar bisa memantau perkembangan usahanya. Selain itu, dengan menggunakan POS Lite by ESB kamu juga bisa meminimalisir adanya kesalahan dalam pencatatan transaksi dibandingkan kasir tradisional. Dengan begitu, keuntungan saat menjalankan usaha bisa lebih besar.

2.     Thrift Shop

Jenis usaha minim modal lainnya yang bisa kamu coba adalah thrift shop. Bisnis thrift shop sendiri merupakan nama lain dari toko barang bekas dan lebih berfokus pada fashion seperti pakaian atau celana bekas. Tentunya barang bekas di sini memiliki kualitas bagus dan masih layak dipakai. Jika kamu menjual pakaian atau celana bekas yang sudah tidak layak pakai, kecil kemungkinan calon konsumen membelinya.

Untuk membuka usaha ini, kamu tidak usah mengeluarkan banyak modal. Cukup kumpulkan baju dan celana yang jarang terpakai. Sedangkan sistem penjualannya bisa dilakukan melalui media sosial dan platform khusus untuk menjual barang-barang thrift. Terakhir, pastikan harganya lebih murah dari pada barang baru sebab daya tarik bisnis thrift shop adalah menjual barang murah dengan kualitas yang masih bagus.

3.     Social Media Management

Perkembangan media sosial saat ini sangat berkembang jauh dibandingkan saat awal-awal dibentuk. Platform yang awalnya sebagai media untuk ajang eksis, kini juga berfungsi untuk melebarkan bisnis pada calon konsumen. Maka dari itu, bisnis social media management adalah salah satu usaha minim modal yang pas untuk generasi milenial.

Untuk menjalankan social media management, kamu hanya butuh gadget seperti laptop, smartphone, jaringan internet, dan kreatifitas saat menggunakan media sosial. Biasanya para pebisnis kecil memanfaatkan media sosial agar bisa dikenal calon konsumen. Meskipun begitu, tidak jarang juga brand menengah hingga besar juga menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dengan calon konsumennya. Hal itulah yang membuat bisnis social media management begitu dibutuhkan.

4.     Fotografi

Jika kamu sangat suka di bidang fotografi, membuka usaha satu ini bisa menjadi pilihan. Saat ini cukup banyak yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk pekerjaan mereka, bisnis, atau untuk foto bersifat pribadi. Ditambah lagi, usaha ini juga minim modal karena kamu hanya butuh kamera pribadi yang tentunya sudah hampir pasti dimiliki jika kamu menyukai bidang ini.

Kunci menjadi seorang fotografi profesional adalah insting dan timing yang tepat dalam mengambil gambar. Kamu bisa membuat portofolio dengan beberapa objek yang memang menjadi fokus bisnis fotografi nantinya. Saat kamu sudah membuka jasa fotografi, kamu bisa upload ke platform khusus fotografi untuk dijual.  Dari sanalah kamu bisa mendapatkan penghasilan.

5.     Laundry

Usaha berikutnya yang bisa dilakukan dengan minim modal adalah laundry. Saat ini, banyak orang yang ingin serba praktis dalam membutuhkan sesuatu, khususnya pada daerah perkotaan dan area kampus. Jika lokasi rumahmu dekat dengan perkantoran dan kampus, maka usaha laundry ini patut diperhitungkan.

Kamu cukup siapkan modal bulanan seperti listrik, sabun cuci baju, pewangi, dan satu buah mesin cuci yang akan lebih lengkap jika mempunyai pengering. Dengan modal yang cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.  Agar lebih aman, kamu bisa beri keterangan pada pelanggan apabila ada pakaian yang harus dicuci berbeda agar tidak menjadi masalah kedepannya.

6.     Kursus Privat

Usaha minim modal terakhir yang cocok untuk generasi milenial adalah membuka kursus privat. Kondisi pandemi saat ini membuat anak-anak sekolah harus belajar di rumah secara online. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha kursus privat untuk pelajaran tambahan.

Modal dalam membuka kursus privat ini juga tidak banyak, yakni cukup smartphone atau laptop dan jaringan internet. Kamu bisa promosikan jasa kursus privat ini melalui media sosial atau juga situs-situs freelancer di internet.

Demikian usaha minim modal yang cocok untuk generasi milenial. Untuk kamu juga yang mencari tools agar usahanya lebih mudah, cobalah memakai aplikasi kasir online. Selain membantu monitoring perkembangan usaha, POS Lite by ESB juga sangat membantu dalam strategi penjualan usaha, mempercepat pelayanan pada konsumen, hingga mengelola bisnis di mana saja dan kapan saja.

Leave a Reply