Waktunya UMKM Berinovasi! Gunakan Sistem Pembayaran Digital Untuk Permudah Pelanggan - Smartertech

Waktunya UMKM Berinovasi! Gunakan Sistem Pembayaran Digital Untuk Permudah Pelanggan

Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran digital kini semakin marak digunakan sebagai pengganti uang tunai. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan digital menjadikan masyarakat beralih dari pembayaran konvensional ke pembayaran digital.

Sebuah penelitian dari Kaspersky terhadap 1.618 orang bahkan menemukan bahwa lebih dari separuh pengguna e-finance (67%) di Asia Tenggara percaya jika Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mulai menerapkan sistem digital untuk transaksi keuangan.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa hampir 59 persen responden mengatakan jika mereka akan memilih untuk berbelanja di toko yang menerima pembayaran digital.

BACA JUGA : Kamu Pengusaha Resto? Pahami Dulu SOP Kasir Restoran Beserta Tugasnya

Bisnis UMKM di Indonesia pun harus menyediakan layanan pembayaran digital tersebut untuk konsumen agar mereka bebas memilih metode pembayaran yang akan dilakukan. Nah, agar dapat memahami lebih dalam mengenai sistem pembayaran digital, simaklah penjelasan di bawah ini.

Pengertian Sistem Pembayaran Digital

Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang mencakup lembaga, aturan, dan mekanisme pemindahan dana untuk pemenuhan kewajiban dalam kegiatan ekonomi. Sementara sistem pembayaran digital adalah suatu sistem yang memanfaatkan teknologi digital dan tak lagi menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Jenis Pembayaran Digital

Jenis Pembayaran Digital

1. Internet Banking

Internet banking merupakan sistem pembayaran digital dimana pengguna harus mengakses website bank menggunakan akun yang dimiliki. Keunggulan internet banking adalah pengguna dapat mengakses website dari perangkat manapun.

2. Mobile Banking

Mobile banking atau yang lebih populer dengan m-banking merupakan salah satu pembayaran digital yang banyak digunakan oleh masyarakat. Cukup instal aplikasi m-banking yang dimiliki, maka berbagai pembayaran dan transfer uang pun dapat dilakukan dengan mudah.

3. E-wallet

E-wallet atau dompet digital merupakan salah satu pembayaran digital yang saat ini menjamur. Kemudahan dalam pendaftaran dan pengoperasian menjadikan e-wallet semakin digemari masyarakat. Adapun contoh e-wallet adalah Gopay, ShopeePay, Dana, dsb.

Keuntungan Menggunakan Sistem Pembayaran Digital

Sistem Pembayaran

Adapun keuntungan penggunaan sistem pembayaran digital baik untuk konsumen maupun pemilik bisnis adalah sebagai berikut ini:

  1. Praktis, cukup memindai kode QR maka pembayaran pun berhasil.
  2. Beberapa e-wallet memberikan fasilitas cashback yang menguntungkan konsumen.
  3. Riwayat  pembayaran dan transfer yang dilakukan tercatat jelas pada aplikasi digital.

Apakah kamu tertarik menggunakan sistem pembayaran digital? Tak perlu kesulitan dalam memilih aplikasi yang menyediakan layanan tersebut,  karena ESB POSLite dapat menjawab kesulitanmu. Dengan menggunakan ESB POSLite, UMKM milikmu akan dengan mudah go online dan bisa menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti pembayaran dengan kartu debit maupun kredit, hingga e-wallet (OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana). 

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan penggunaan ESB POSLite, karena produk dari PT Esensi Solusi Buana ini sudah didesain khusus sehingga para pebisnis UMKM hingga bisnis resto besar bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Seperti yang diketahui, PT Esensi Solusi Buana sendiri memiliki berbagai sistem POS yang sudah dipercaya oleh ribuan outlet kuliner di Indonesia. Bahkan jaringan restoran raksasa seperti Boga Group, Ismaya Group, hingga Starbucks pun sudah mempercayai ESB sebagai partner go online mereka. 

Demikianlah penjelasan singkat dan rekomendasi sistem POS yang bisa membuat UMKM milikmu bisa menghadirkan sistem pembayaran digital yang bisa memudahkan pelanggan. Di luar sana sudah banyak sistem POS yang bisa kamu pilih. Namun ada baiknya kamu memilihnya dengan berhati-hati dan memperhatikan kebutuhan bisnis UMKM milikmu agar fitur yang ada tidak menjadi sia-sia. Semoga artikel ini membantu!

Leave a Reply