Yuk Simak! 5 Cara Meningkatkan Penjualan agar Banjir Cuan - Smartertech

Yuk Simak! 5 Cara Meningkatkan Penjualan agar Banjir Cuan

Cara Meningkatkan Penjualan

Cara meningkatkan penjualan untuk bisnismu tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bukan hanya meningkatkan jumlah produknya, namun kamu pun juga harus memperhatikan berbagai faktor lain yang berpengaruh terhadap penjualan produk. Sehingga strategi yang kamu lakukan pun menjadi tepat sasaran.

Penjualan yang meningkat pun dapat berpengaruh baik terhadap pemasukan bisnismu, sehingga bisnis pun semakin berkembang bahkan memiliki berbagai cabang. Namun, tahukah kamu bagaimana cara meningkatkan penjualan agar semakin menghasilkan banyak cuan? Simaklah penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : Cari Tahu 5 Faktor yang Menentukan Perkembangan UMKM di Indonesia

1. Meningkatkan Kualitas Produk

Hal utama dalam meningkatkan penjualan yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas dan pengembangan produk. Sebelum kamu melakukan berbagai macam hal untuk meningkatkan penjualan, pastikan produk yang kamu jual telah berkualitas. Tentunya kamu tidak akan menawarkan produk gagal pada khalayak umum.

Konsumen pun telah cerdas dalam memilih produk yang berkualitas. Kamu bisa meminta pendapat para ahli mengenai produk yang kamu buat sebelum memproduksinya secara masal dan memasarkannya. Secara tidak langsung, konsumen pun akan kembali membeli dan bahkan merekomendasikan kepada orang lain produk yang berkualitas milikmu.

2. Pelayanan Pelanggan yang Memuaskan

Pelayanan yang profesional, cepat, dan memuaskan menjadikan konsumen semakin nyaman berbelanja di kedaimu. Slogan ‘Pembeli adalah Raja’ sangat tepat untuk meningkatkan pelayanan baik secara online maupun offline. Produk yang berkualitas namun dengan pelayanan yang tidak ramah menjadikan konsumen tidak akan kembali membeli produkmu.

Bukan hanya itu, pelayanan pelanggan pun juga meliputi kemudahan dalam melakukan transaksi, pemesanan, dan kenyamanan konsumen. Salah satu aplikasi yang memberikan kemudahan dalam pelayanan pelanggan adalah ESB. Pelanggan pun dapat memilih dompet digital maupun menu yang dipilih dengan teknologi contactless.

3. Memperluas Jaringan Pemasaran

Pemasaran menjadi peran penting dalam peningkatan penjualan produk. Relasi bisnis yang luas tentunya mempermudahmu dalam mengenalkan produk. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Mulai dari marketplace, media sosial, hingga website.

Berbagai macam sistem penjualan seperti reseller, dropship, dan beberapa macam promosi melalui endorsement maupun paid promote pun juga dapat menarik banyak konsumen. Hal tersebut pun berpengaruh baik terhadap penjualan produkmu. 

4. Menerapkan Promo Paket

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya adalah penerapan promo paket pada beberapa produk. Promo paket biasanya akan diaplikasikan pada dua produk yang berbeda atau lebih. Harga yang dibanderol pada paket pun jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli semua produk secara terpisah.

Sebelum menerapkan promo paket ini, kamu harus mempertimbangkan anggaran dan laba setiap produk. Sehingga meskipun menerapkan paket, kamu tetap mendapatkan laba.

5. Testimoni Pelanggan

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengunggah testimoni pelanggan. Testimoni dari pelanggan merupakan salah satu bukti bahwa produk yang kamu jual memanglah berkualitas. Sebelum memutuskan untuk membeli produkmu, konsumen akan melihat ulasan orang lain yang telah mencobanya. Sehingga mereka yakin produk yang akan dibeli memang sesuai dengan klaimnya.

Testimoni pelanggan pun didapatkan secara mulut ke mulut konsumen maupun kolom komentar pada platform digital milikmu. Namun jangan sampai ulasan dan testimoni produk tersebut kamu buat pals atau dibuat-buat. 

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan penjualan yang dapat kamu terapkan pada bisnismu. Produk berkualitas dengan promosi dan pemasaran yang menarik serta pelayanan yang baik menjadikan konsumen puas. Konsumen pun dengan senang hati akan memberikan testimoni dan merekomendasikan produk kepada orang lain.

Leave a Reply